Pengembangan Ensiklopedia Identitas Nasional Berbasis Kearifan Lokal
DOI:
https://doi.org/10.22219/jch.v6i2.14612Keywords:
Ensiklopedia, Identitas Nasional, Kearifan LokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ensiklopedia identitas nasional berbasis kearifan lokal pada perkuliahan PKn di Universitas Sriwijaya. Penelitian pengembangan yang digunakan ialah model ADDIE, model tersebut digunakan karena paling sesuai ketika menghasilkan produk dan menguji keefektifannya Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Pada tahap implementasi ensiklopedia mendapatkan tanggapan sebesar 90,3% dari angket ujicoba kepada dosen, dan memperoleh tanggapan sebesar 88% dari angket ujicoba kepada mahasiswa. Hal ini menunjukan bahwa ensiklopedia yang dihasilkan valid. Pada tes dapat terlihat rata-rata skor tes awal mahasiswa sebesar 7,4 sedangkan nilai rata-rata tes akhir sebesar 8,5. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan sebesar 1,1 dan didapatkan N-Gain sebesar 0,4 dengan kategori sedang. Dengan demikian ensiklopedia yang dikembangkan memiliki dampak potensial dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa pada perkuliahan PKn.
Downloads
References
Ade, V., & Affandi, I. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Mengembangkan Keterampilan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Ilmu SosiaL, 25(1), 77-91.
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Belawati, T. (2007). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Cahyawulan, W., & Rachmawati, D. (2018). Pengembangan Ensiklopedia Pekerjaan Bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) untuk Peserta Didik Kelas X di SMA Suluh Jakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 140-146.
Depdiknas. (2004). Pedoman Penulisan Bahan Ajar Berwawasan Gender. Jakarta.: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Hidayat, A., Saputro, S., & Sukardjo, J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia Hukum-Hukum Dasar Kimia Untuk Pembelajaran Kimia Kelas X SMAN 1 Boyolali dan SMAN 1 Teras. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 47-56.
Ihsan. (2017). Kecenderungan Global dalam Pembelajaran PPKn di Sekolah. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2).
Lilis, S., Ningsih, K., & Marlina, R. (2019). Pengembangan Ensiklopedia Peralatan dan Bahan Laboratorium Biologi sebagai Sumber Belajar SMA N 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(6), 1-12.
Martini. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Hartono Media Pustaka.
Nahak, H. (2019 ). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65-76.
Nasution, S. (2011). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
Nurdiansyah, E., Faisal, E., & Sulkipani. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Powtoon pada Perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraa. Jurnal Civics:Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 1-8.
Nurhatmi, J., Rusdi, M., & Kamis. (2015). Pengembangan Ensiklopedia Digital Teknologi Listrik berbasis CTL. Jurnal Edusains, 4(1), 37-42.
Nurmalisa, Y., Mentari, A., & Rohman. (2020). Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Civic Conscience. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pembelajaran PKn, 7(1 ), 34-46.
Oktaviani, D., Prianto, E., & Puspasari, R. (2016). Penguatan Kearifan Lokal sebagai Landasan Pengelolaan Perikanan Perairan Umum Daratan di Sumatera. Jurnal Kebijakan Perikanan Indonesia, 8(1), 1-12.
Pratiwi, R. D. (2014). Pengembangan Ensiklopedia Bangun datar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Irsyadut Tholobin Tugu Tulungagung. Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Prihartanta, W. (2015). Ensiklopedia Umum (Nasional). Jurnal Adabiyah, 5(85), 1-14.
Setyaningrum, N. (2017). Tantangan Budaya Nusantara dalam Kehidupan Masyarakat di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Seni Budaya, 2(2), 105-113.
Suharyanto, A. (2015). Pendidikan dan Proses Pembudayaan dalam Keluarga. Jurnal Pendidikan Ilmu Ilmu Sosial, 7(2), 162-165.
Sukmadinata, N. (2012). Metode Penelitan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sulistyowati, P., Wahidiyah, D. M., & Setiawan, D. A. (2019). Membangun Karakter Nasionalisme Melalui Pengembangan Bahan Ajar Ensiklopedia pada Materi Tokoh-tokoh Proklamasi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(1), 32-37.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Untari, F. S. (2016). Pengembangan Ensiklopedia Keanekaragaman capung sungai Oyo sebagai sumber belajar biologi untuk siswa kelas X SMA/MA. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Wahab, A., & Sapriya. (2012). Teori dan Landasan PKn. Bandung : Alfabeta.
Winarno, B. (2008). Sistem Politik Indonesia Era Reformasi. Yogyakarta: Media Pressindo.
Winda, M., Muharini, R., & Rasmawan, R. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Peralatan Laboratorium Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(4), 1-8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Edwin Nurdiansyah, Emil El Faisal, Sulkipani Sulkipani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)