Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kontekstual Di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.22219/jch.v6i1.14685Keywords:
Kata Kunci, Buku Ajar PKn, Berbasis KontekstualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Buku Ajar Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg dan Gall. Penelitian dilakukan melalui tiga tahap, yaitu pengembangan , validasi, dan uji coba buku ajar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, kuesioner, lembar observasi, dan tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa Buku Ajar PKn yang dikembangkan dengan basis kontekstual valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.. Buku ajar PKn Berbasis Kontekstual dinyatakan valid dengan penilaian dari ahli bahasa sebesar 80,3% dan dari ahli materi sebesar 89,3%. Selanjutnya Buku ajar ini juga dinyatakan peraktis yang ditunjukkan oleh persentase angket penilaian yang diberikan oleh mahasiswa pada tahap uji coba yang ketiga, yaitu 94,5%. Selanjutnya, buku ajar juga dinyatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dilihat dari jumlah persentase lembar observasi yang digunakan pada saat uji coba yang terakhir, yaitu 77,5%
Downloads
References
Abdul Majid. (2008). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar. Kompetensi Guru. Jakarta: PT. Rosda Karya.
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Astrini. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Petunjuk Bagi PembelajaranDengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa SMP. Volume 3 No 2 Hal96, Jurnal Sastra: Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Berns Robert. G &Patricia M. Erickson. (2001). Contextual Teaching and Learning: Preparing Students for The New Economi. The Highlight Research @Work. No. 5. www. Nccte.com
Belawati, T. (2007). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta; Universitas Terbuka.
Borg, W.R & Gall, M.D. (1983). Educational Research; An Introduction . London: Longman.Inc.
Depdiknas. (2004). Pedoman Penulisan Bahan Ajar Berwawasan Gender. Jakarta; Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Ditjen Dikdasmen Depdiknas RI. (2003). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL). Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas
Erwin Hskell Schell. (1997). Tecnique of Executive Control. Japan, Kogakusha co. Ltd.
Idrus, Muhammad. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta : Erlangga
Ihsan. (2017). Kecenderungan Global dalam Pembelajaran PPKn di Sekolah. Jurnal Pancasila dan kewarganegaraan. Vol. 2, No. 2. Juli 2017.
Lillia, Lita & Widodo Antonius Tri. (2018). Implementasi Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi Percobaan Sederhana Berbasis Alam Lingkungan Siswa Kels X. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia.Vol 8, No. 2.
Martini, dkk. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta; Hartono Media Pustaka.
Millah, E. dkk. (2012). Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteknologi di Kelas XII SMA IPIEMS Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan, dan Masyarakat (SETS). E-journal Bio Edu. Volume 1.
Nazir, Mohammad. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: DIVA Press
Rusman, (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi KBK. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Su’udian, dkk. (2016) Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian dan Pengembangan. Volume: 1 Nomor: 9 Halaman: 1744-1748
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung; CV. Alfabeta
Wahab, A. Aziz dan Sapriya. (2012). Teori dan Landasan PKn. Bndung; Alfabeta.
Winarno, Budi. (2008). Sistem Politik Indonesia Era Reformasi. Yogyakarta. Media Pressindo.
Widodo, Wiwik. (2017). Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Berbantuan Video Pembelajaran untuk SMK Teknik Mesin pada Materi Elektrokimia. Prosiding Pend. Pascasarjana UM. Vol. 2.
UU NO. 12 Tahun 2012
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Puspa Dianti, Husnul Fatihah, Camellia Camellia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)