Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kontekstual Di Perguruan Tinggi

Authors

  • Puspa Dianti Universitas Sriwijaya
  • Husnul Fatihah Universitas Sriwijaya
  • Camellia Camellia Universitas Sriwijaya
  • Anggun Permata Sari Universitas Sriwijaya
  • Della Apriyanti Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v6i1.14685

Keywords:

Kata Kunci, Buku Ajar PKn, Berbasis Kontekstual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Buku Ajar Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg dan Gall. Penelitian dilakukan melalui tiga tahap, yaitu pengembangan , validasi, dan uji coba buku ajar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, kuesioner, lembar observasi, dan tes. Berdasarkan  penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil  bahwa Buku Ajar PKn yang dikembangkan dengan basis kontekstual  valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.. Buku ajar PKn Berbasis Kontekstual dinyatakan valid dengan penilaian dari ahli bahasa sebesar 80,3% dan dari ahli materi sebesar 89,3%. Selanjutnya Buku ajar ini juga dinyatakan peraktis  yang ditunjukkan oleh persentase angket penilaian yang diberikan oleh mahasiswa pada tahap uji coba yang ketiga, yaitu 94,5%. Selanjutnya, buku ajar juga dinyatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dilihat dari jumlah persentase lembar observasi yang digunakan pada saat uji coba yang terakhir, yaitu 77,5%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid. (2008). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar. Kompetensi Guru. Jakarta: PT. Rosda Karya.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Astrini. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Petunjuk Bagi PembelajaranDengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa SMP. Volume 3 No 2 Hal96, Jurnal Sastra: Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Berns Robert. G &Patricia M. Erickson. (2001). Contextual Teaching and Learning: Preparing Students for The New Economi. The Highlight Research @Work. No. 5. www. Nccte.com

Belawati, T. (2007). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta; Universitas Terbuka.

Borg, W.R & Gall, M.D. (1983). Educational Research; An Introduction . London: Longman.Inc.

Depdiknas. (2004). Pedoman Penulisan Bahan Ajar Berwawasan Gender. Jakarta; Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Ditjen Dikdasmen Depdiknas RI. (2003). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL). Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas

Erwin Hskell Schell. (1997). Tecnique of Executive Control. Japan, Kogakusha co. Ltd.

Idrus, Muhammad. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta : Erlangga

Ihsan. (2017). Kecenderungan Global dalam Pembelajaran PPKn di Sekolah. Jurnal Pancasila dan kewarganegaraan. Vol. 2, No. 2. Juli 2017.

Lillia, Lita & Widodo Antonius Tri. (2018). Implementasi Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi Percobaan Sederhana Berbasis Alam Lingkungan Siswa Kels X. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia.Vol 8, No. 2.

Martini, dkk. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta; Hartono Media Pustaka.

Millah, E. dkk. (2012). Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteknologi di Kelas XII SMA IPIEMS Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan, dan Masyarakat (SETS). E-journal Bio Edu. Volume 1.

Nazir, Mohammad. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: DIVA Press

Rusman, (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi KBK. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Su’udian, dkk. (2016) Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian dan Pengembangan. Volume: 1 Nomor: 9 Halaman: 1744-1748

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung; CV. Alfabeta

Wahab, A. Aziz dan Sapriya. (2012). Teori dan Landasan PKn. Bndung; Alfabeta.

Winarno, Budi. (2008). Sistem Politik Indonesia Era Reformasi. Yogyakarta. Media Pressindo.

Widodo, Wiwik. (2017). Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Berbantuan Video Pembelajaran untuk SMK Teknik Mesin pada Materi Elektrokimia. Prosiding Pend. Pascasarjana UM. Vol. 2.

UU NO. 12 Tahun 2012

Downloads

Published

2021-05-28

How to Cite

Dianti, P., Fatihah, H., Camellia, C., Sari, A. P., & Apriyanti, D. (2021). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kontekstual Di Perguruan Tinggi. Jurnal Civic Hukum, 6(1). https://doi.org/10.22219/jch.v6i1.14685

Issue

Section

Articles