Konsep Dasar Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menyiapkan Generasi Emas di SMP Muhammdiyah 06 DAU

Authors

  • Rohmad Widodo Universitas Muhammadiyah Malang
  • M Mansur Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v6i1.16033

Keywords:

penguatan pendidikan karakter, generasi emas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) pendekatan yang digunakan dalam  penguatan pendidikann karakter dalam menyiapkan generasi emas di SMP Muhammdiyah 06 Dau Kabupaten Malang; (2) faktor-faktor pendukung dan kendala-kendala yang dihadapi dalam penguatan pendidikann karakter; dan (3) solusi untuk mengatasi kendala-kendala dalam penguatan pendidikann karakter. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif yang bertempat di SMP Muhammadiyah 06 Dau Kabupaten Malang. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) ada tiga pendekatan  dalam penguatan pendidikan karakter dalam menyiapkan generasi emas di SMP Muhammadiyah 06 Dau Kabupaten Malang, yaitu pendekatan melalui pengembangan kultur sekolah, pengembangan diri dan diintegrasikan melalui pembelajaran; (2) faktor-faktor yang mendukung penguatan pendidikan karakter di sekolah adalah lingkungan sekolah yang cukup kondusif, sarana dan prasarana yang cukup memadai dan guru yang cukup kompeten, dan kendala yang dihadapi adalah siswa-siswa  dirumah tidak diajarkan apa yang dilakukan di sekolah, sebagian siswa sulit diajak baik, karena latar belakang siswa yang berbeda-beda; dan (3) solusi untuk mengatasi kendala-kendala adalah guru secara terus-menerus berusaha memberikan bimbingan kepada siswa, guru memberikan reward (penghargaan/pujian) atau punishment (hukuman) bagi siswa, serta wali kelas/guru menggunakan buku hubung dengan wali murid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Wibowo. (2012). Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadapan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

A. Kusuma, Doni. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global Jakarta: Grasindo.

Dian, Andayani dan Abdul Majid. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Damiyati Zuchdi. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Darmadi, Hamid. (2007). Dasar Konsep Pendidikan Moral: Landasan KonsepDasar dan Implementasi. Bandung: Penerbit Alfabeta

Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan karakter konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta

Hidayatullah, Furqon. (2010). Pendidikan karakter Membangun Peradaban bangsa. Surakarta:Yuma Pressindo.

Kemendiknas. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum Perbukuan.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan dan Karakter Bangsa. Jakarta

Kemdiknas. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta

Kesuma, Dharma dkk. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Koesoema, Doni. (2010). Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anakdi Zaman Global. Jakarta : Grafindo

Samani, Mukhlas dan Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Suwarno, Wiji. (2006). Dasar–Dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: AR–RUZZ.

Mariati, P, dkk. (2010). Peranan Pembelajaran Pemecahan Masalah Dalam Pembentukan Karakter Calon Guru. Bandung: Widya Aksara Press.

Mu’in.Fatchul. (2016). Pendidikan Karakter Konstruksi Teori dan Praktik. Jakarta: Ar-Ruzz Media

Moleong, Lexy J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : RemajaRosdakarya

Narwanti, Sri. (2011). Pendidikan Karakter. Yogyakarta : Familia

Ubaedillah, A, dkk. (2008). Demokrasi Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah.

Wibowo, Agus. (2013). Manajemen pendidikan karakter di sekolah. Yogyakarta. Pustaka pelajar

Wiyono, S, dkk. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Berkarakter Bangsa. Malang: Universitas Wisnuwardana Malang Press.

Zubaedi. (2012). Desain pendidikan karakter: konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana

Zuriah, Nurul. (2002). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti. Bandung: PT Rosada Karya

Zuriah, N. (2009). Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2021-05-31

How to Cite

Widodo, R., & Mansur, M. (2021). Konsep Dasar Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menyiapkan Generasi Emas di SMP Muhammdiyah 06 DAU. Jurnal Civic Hukum, 6(1). https://doi.org/10.22219/jch.v6i1.16033

Issue

Section

Articles