Konsep Dasar Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menyiapkan Generasi Emas di SMP Muhammdiyah 06 DAU
DOI:
https://doi.org/10.22219/jch.v6i1.16033Keywords:
penguatan pendidikan karakter, generasi emasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) pendekatan yang digunakan dalam penguatan pendidikann karakter dalam menyiapkan generasi emas di SMP Muhammdiyah 06 Dau Kabupaten Malang; (2) faktor-faktor pendukung dan kendala-kendala yang dihadapi dalam penguatan pendidikann karakter; dan (3) solusi untuk mengatasi kendala-kendala dalam penguatan pendidikann karakter. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif yang bertempat di SMP Muhammadiyah 06 Dau Kabupaten Malang. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) ada tiga pendekatan dalam penguatan pendidikan karakter dalam menyiapkan generasi emas di SMP Muhammadiyah 06 Dau Kabupaten Malang, yaitu pendekatan melalui pengembangan kultur sekolah, pengembangan diri dan diintegrasikan melalui pembelajaran; (2) faktor-faktor yang mendukung penguatan pendidikan karakter di sekolah adalah lingkungan sekolah yang cukup kondusif, sarana dan prasarana yang cukup memadai dan guru yang cukup kompeten, dan kendala yang dihadapi adalah siswa-siswa dirumah tidak diajarkan apa yang dilakukan di sekolah, sebagian siswa sulit diajak baik, karena latar belakang siswa yang berbeda-beda; dan (3) solusi untuk mengatasi kendala-kendala adalah guru secara terus-menerus berusaha memberikan bimbingan kepada siswa, guru memberikan reward (penghargaan/pujian) atau punishment (hukuman) bagi siswa, serta wali kelas/guru menggunakan buku hubung dengan wali murid.
Downloads
References
Agus Wibowo. (2012). Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadapan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
A. Kusuma, Doni. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global Jakarta: Grasindo.
Dian, Andayani dan Abdul Majid. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Damiyati Zuchdi. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.
Darmadi, Hamid. (2007). Dasar Konsep Pendidikan Moral: Landasan KonsepDasar dan Implementasi. Bandung: Penerbit Alfabeta
Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan karakter konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta
Hidayatullah, Furqon. (2010). Pendidikan karakter Membangun Peradaban bangsa. Surakarta:Yuma Pressindo.
Kemendiknas. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum Perbukuan.
Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan dan Karakter Bangsa. Jakarta
Kemdiknas. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta
Kesuma, Dharma dkk. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Koesoema, Doni. (2010). Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anakdi Zaman Global. Jakarta : Grafindo
Samani, Mukhlas dan Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Suwarno, Wiji. (2006). Dasar–Dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: AR–RUZZ.
Mariati, P, dkk. (2010). Peranan Pembelajaran Pemecahan Masalah Dalam Pembentukan Karakter Calon Guru. Bandung: Widya Aksara Press.
Mu’in.Fatchul. (2016). Pendidikan Karakter Konstruksi Teori dan Praktik. Jakarta: Ar-Ruzz Media
Moleong, Lexy J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : RemajaRosdakarya
Narwanti, Sri. (2011). Pendidikan Karakter. Yogyakarta : Familia
Ubaedillah, A, dkk. (2008). Demokrasi Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah.
Wibowo, Agus. (2013). Manajemen pendidikan karakter di sekolah. Yogyakarta. Pustaka pelajar
Wiyono, S, dkk. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Berkarakter Bangsa. Malang: Universitas Wisnuwardana Malang Press.
Zubaedi. (2012). Desain pendidikan karakter: konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana
Zuriah, Nurul. (2002). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti. Bandung: PT Rosada Karya
Zuriah, N. (2009). Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rohmad Widodo, M Mansur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)