Pendampingan Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Metode Door-To-Door Di SD Negeri Danasri 04 Nusawungu Cilacap

Authors

  • Eka Nafisha Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Dikdik Baehaqi Arif Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v6i2.17179

Keywords:

Tanggung jawab siswa, perencanaan, pelaksanaan, penilaian , metode door-to-door

Abstract

Metode door-to-door dilakukan oleh guru agar bisa berinteraksi dan membimbing peserta didik belajar dari rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendampingan karakter tanggung jawab siswa melalui metode door-to-door agar dapat membiasakan kegiatan yang dapat membentuk karakter siswa dimana akhir pembelajaran bukanlah semata penguasaan materi pelajaran saja melainkan proses untuk mengubah tingkah laku siswa sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru membagi kegiatan pelaksanaan pendampingan karakter tanggung jawab siswa melalui metode door-to-door di sekolah dasar melalui tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Melaui metode door-to-door dapat memberikan bimbingan berupa pengetahuan kepada peserta didik, dan tidak melupakan tujuan dari akhir pembelajaran bukanlah penguasaan materi pelajaran saja, akan tetapi peserta didik dapat bertanggung jawab dalam membentuk kepribadian peserta didik, pembentukan tatanan perilaku serta penanaman nilai-nilai yang baik kepada peserta didik. Adapun penilaian pendampingan karakter tanggung jawab siswa dengan metode door-to-door yaitu dari segi kognitif, sikap serta guru melakukan penilaian informal dengan melihat siswa mengikuti aktivitas pembelajaran door-to-door

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas, S. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Agama & Budaya Bangsa.

Asfuri, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Door to Door Pada Perkembangan Psikologi Belajar Anak di TKIT Raudlotul Mu’minin. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(1), 84–111. https://doi.org/10.18326/ijip.v2i1.84-111

Darmadi, H. (2009). Kemampuan Dasar Mengajar.

Dea Kiki Y., N. Z. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 41–47.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Hamalik, O. (2017). Proses Belajar Mengajar.

Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi.

Kunandar. (2008). Guru Profesional; Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru.

Laili Nikmah. (2015). Pendampingan dan Pembiasaan: “Membuka Dialektika Antara Guru dan Siswa” (Model Pendidikan Karakter Di Man Tulungagung). Jurnal Review Pendidikan Islam, 2(1), 106–117.

Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik.

Lickona, T. (2016). Educating For Character: Bagaimana Sekolah Dapat Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggung Jawab.

Majid, Abdul & Andayani, D. (2010). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam.

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan.

Priestnall, S. L., Okumbe, N., Orengo, L., Okoth, R., Gupta, S., Gupta, N. N., Gupta, N. N., Hidrobo, M., Kumar, N., Palermo, T., Peterman, A., Roy, S., Konig, M. F., Powell, M., Staedtke, V., Bai, R. Y., Thomas, D. L., Fischer, N., Huq, S., … Chatterjee, R. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Endocrine, 9(May), 6. https://www.slideshare.net/maryamkazemi3/stability-of-colloids%0Ahttps://barnard.edu/sites/default/files/inline/student_user_guide_for_spss.pdf%0Ahttp://www.ibm.com/support%0Ahttp://www.spss.com/sites/dm-book/legacy/ProgDataMgmt_SPSS17.pdf%0Ahttps://www.nep

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal: Elementary School, 7(2), 297–302.

Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online.

Rizka Puji R. (2016). Implementasi Pembelajaran Nilai Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas III SD I Pedes Sedayu Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(5), 152–160.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Sardiman, A. . (2012). Interakasi dan Motivasi Belajar Mengajar.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Suryawan, O. (2020). Guru Diminta Aktif Awasi Pembelajaran Daring Agar Siswa Tetap Fokus. https://www.balipuspanews.com/guru-diminta-aktif-awasi-pembelajaran-daring-agar-siswa-tetap-fokus.html

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.

Wibowo, I. S., & Maqfirotun, S. (2016). Peran Guru dalam Membentuk Tanggung Jawab Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 61–72. https://doi.org/10.22437/gentala.v1i1.7091

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan.

Downloads

Published

2021-11-24

How to Cite

Nafisha, E. ., & Arif, D. B. (2021). Pendampingan Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Metode Door-To-Door Di SD Negeri Danasri 04 Nusawungu Cilacap. Jurnal Civic Hukum, 6(2). https://doi.org/10.22219/jch.v6i2.17179