Pola Pembentukan Karakter Disiplin Belajar PPKn Sebagai Civic Virtues Siswa Di MTs Sirajul Mukminin Azzakiyah
DOI:
https://doi.org/10.22219/jch.v6i2.17726Keywords:
Belajar, Civic, Disiplin, Karakter, VirtuesAbstract
Ketika proses belajar mengajar berlangsung, guru Mata Pelajaran PPKn di MTs Sirajul Mukminin Azzakiyah mengeluh karena karakter disiplin belajar siswa yang masih kurang baik, seperti siswa tidak mencatat materi pelajaran, bahkan ada siswa yang tidur saat guru menjelaskan. Seharusnya dalam kegiatan belajar mengajar, siswa harus memiliki karakter disiplin belajar yang baik karena karakter disiplin merupakan kunci utama sebagai penentu berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana pembentukan karakter disiplin belajar PPKn siswa. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitataif deskriptif yang menjelaskan bagaimana proses pembentukan karakter disiplin belajar PPKn siswa kelas VII di MTs Sirajul Mukminin Azzakiyah Desa Pesaguan Kanan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara karena sistem pembelajaran yang dilakukan secara online, maka peneliti terkendala untuk melakukan teknik observasi. Jumlah informan yang diambil sebanyak sembilan orang yakni Kepala MTs Sirajul Mukminin Azzakiyah, Guru PPKn, Waka Kesiswaan dan siswa kelas VII A dan siswa kelas VII B. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian yakni pembentukan karakter disiplin belajar PPKn siswa kelas VII dilakukan oleh guru PPKn melalui tiga cara yakni dengan mengajarkan siswa agar masuk kelas tepat waktu, mengarahkan siswa agar membaca doa sebelum dan sesudah belajar serta menasehati siswa. Pembentukan karakter disiplin belajar yang dilakukan ternyata bisa membuat siswa lebih disiplin, lebih mudah untuk diarahkan serta lebih mudah untuk diatur. Dalam pembentukan karakter disiplin belajar PPKn siswa ini, peranan guru merupakan hal yang sangat penting karena guru tidak hanya bertugas mentransferkan ilmu pengetahuan, namun guru juga memiliki kewajiban dalam membentuk karakter siswa, membimbing siswa, mengarahkan siswa dan sebagainya.
Downloads
References
Alviar-martin, T., Randall, J. D., Usher, E. L., Engelhard, G., Alviar-martin, T., & Randall, J. D. (n.d.). Teaching Civic Topics in Four Societies : Examining National Context and Teacher Confidence. October 2014, 37–41. https://doi.org/10.3200/JOER.101.3.177-188
Astuti, W. P. (2017). Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam pengembangan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Pendekatan Keteladanan Di SMP Negeri 2 Tempel. Pendidikan Kewarganegaraan Dan Hukum.
Atmaja, T. S., Dewantara, J. A., & Utomo, B. B. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Sekolah Menengah Atas Perbatasan Entikong Kalimantan Barat. Jurnal Basicedu, 4(4), 1257–1266. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.545
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish.
Darwis. (2013). Kemampuan Guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Dalam pembelajaran Di SMKN Parigi Selatan. 1–14.
Dhlamini, J. P. (2017). Management of Learner Discipline in Secondary Schools : A Collaborative Effort Management of Learner Discipline in Secondary Schools : 1122. https://doi.org/10.1080/09751122.2016.11890557
Faiziyah, A. (2017). Transformasi Nilai-Nilai Religius dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No, 12–21.
Gani, Sulha, M. (2017). Peran Guru Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Pada Siswa Kelas XI Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7, 72–79.
Heri, C. (2016). Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai Dalam Membentuk Karakter Religius K. Ri’ayah, 01.
Isnaeni, S. N. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar PKn. Kreatif, 8(2), 129–137.
Kuliyatun. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik Di SMA Muhammadiyah 01 Metro Lampung. At-Tajdid, 03(02), 180–198.
Macallister, J. (2014). Why discipline needs to be reclaimed as an educational concept. November, 37–41. https://doi.org/10.1080/03055698.2014.930341
Mezi, M., & Dewantara, J. A. (2020). Implementation Of Character Education In The Student Council. Jurnal Basicedu, 4(3), 765–774. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.429
Nindiya Norianda, Jagad Aditya Dewantara, & Sulistyarini. (2021). Internalisasi Nilai dan Karakter Melalui Budaya Sekolah (Studi Budaya Sekolah Jumat Berkah). Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 5(1).
Nurul Zuriah, Rahmad Widodo, H. S. (2016). Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Kearifan Lokal dan Civic Virtue Sebuah Rekayasa Sosial. Seminar Nasional Dan Gelar Produk, 164–177.
Padangsidimpuan, I. (2017). Belajar dan Pembelajaran. 03(2), 333–352.
Plessis, P. (2017). Learner Discipline in Crisis : Can South African Schools Overcome the Problem ? Educational Sciences, 1122. https://doi.org/10.1080/09751122.2015.11890328
Rahmi zuliana, Hajidin, M. H. (2017). Penerapan Disiplin Belajar Pada Siswa Di SD Negeri 08 Banda Aceh. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 98–107.
Rodhiyah, C. Q., Ali, A. R., & Hazin, M. (2018). Implementasi Kebijakan Sekolah Tentang Poin Pelanggaran Tata tertib Siswa Dalam Membentuk Perilaku Siswa yang Berkarakter Di SMA Negeri 07 Kediri. Dinamika Manajemen Pendidikan, Volume 3 N, 10–16.
Salam, M., & Anggraini, I. (2018). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Di SDN 55 / I Sridadi. Gentala Pendidikan Dasar, 3(I), 127–144.
Sari, B. P., & Hadijah, H. S. (2017). Meningkatkan disiplin belajar siswa melalui manajemen kelas. Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 233–241.
Saripudin, K. . (2017). Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasi Living Values Education. PT Replika Aditama.
Sugiarto, A. P., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Lerenda Brebes. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 232–238.
Tuken, R. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Di Kelas VI SDN IV Kota Pare Pare. VI(Ktsp 2006).
Widiatmaka, P. (2016). Pembangunan Karakter Nasional Peserta Didik Di Sekolah Berbasis Agama Islam. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1).
Yuliyantika, S. (2017). Analisis faktor-Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI dan XII Di SMA Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Pendidikan Ekonomi Ukdiksha, 9(1), 35–44.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Reni Rupita, Jagad Aditya Dewantara, Rohmad Widodo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)