Pola Pembentukan Karakter Disiplin Belajar PPKn Sebagai Civic Virtues Siswa Di MTs Sirajul Mukminin Azzakiyah

Authors

  • Reni Rupita Program Studi PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Jagad Aditya Dewantara Prodi PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Rohmad Widodo Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v6i2.17726

Keywords:

Belajar, Civic, Disiplin, Karakter, Virtues

Abstract

Ketika proses belajar mengajar berlangsung, guru Mata Pelajaran PPKn di MTs Sirajul Mukminin Azzakiyah mengeluh karena karakter disiplin belajar siswa yang masih kurang baik, seperti siswa tidak mencatat materi pelajaran, bahkan ada siswa yang tidur saat guru menjelaskan. Seharusnya dalam kegiatan belajar mengajar, siswa harus memiliki karakter disiplin belajar yang baik karena karakter disiplin merupakan kunci utama sebagai penentu berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana pembentukan karakter disiplin belajar PPKn siswa. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitataif deskriptif yang menjelaskan bagaimana proses pembentukan karakter disiplin belajar PPKn siswa kelas VII di MTs Sirajul Mukminin Azzakiyah Desa Pesaguan Kanan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara karena sistem pembelajaran yang dilakukan secara online, maka peneliti terkendala untuk melakukan teknik observasi. Jumlah informan yang diambil sebanyak sembilan orang yakni Kepala MTs Sirajul Mukminin Azzakiyah, Guru PPKn, Waka Kesiswaan dan siswa kelas VII A dan siswa kelas VII B. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian yakni pembentukan karakter disiplin belajar PPKn siswa kelas VII dilakukan oleh guru PPKn melalui tiga cara yakni dengan mengajarkan siswa agar masuk kelas tepat waktu, mengarahkan siswa agar membaca doa sebelum dan sesudah belajar serta menasehati siswa. Pembentukan karakter disiplin belajar yang dilakukan ternyata bisa membuat siswa lebih disiplin, lebih mudah untuk diarahkan serta lebih mudah untuk diatur.  Dalam pembentukan karakter disiplin belajar PPKn siswa ini, peranan guru merupakan hal yang sangat penting karena guru tidak hanya bertugas mentransferkan ilmu pengetahuan, namun guru juga memiliki kewajiban dalam membentuk karakter siswa, membimbing siswa, mengarahkan siswa dan sebagainya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Jagad Aditya Dewantara, Prodi PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura Pontianak

Dosen FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak

References

Alviar-martin, T., Randall, J. D., Usher, E. L., Engelhard, G., Alviar-martin, T., & Randall, J. D. (n.d.). Teaching Civic Topics in Four Societies : Examining National Context and Teacher Confidence. October 2014, 37–41. https://doi.org/10.3200/JOER.101.3.177-188

Astuti, W. P. (2017). Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam pengembangan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Pendekatan Keteladanan Di SMP Negeri 2 Tempel. Pendidikan Kewarganegaraan Dan Hukum.

Atmaja, T. S., Dewantara, J. A., & Utomo, B. B. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Sekolah Menengah Atas Perbatasan Entikong Kalimantan Barat. Jurnal Basicedu, 4(4), 1257–1266. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.545

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish.

Darwis. (2013). Kemampuan Guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Dalam pembelajaran Di SMKN Parigi Selatan. 1–14.

Dhlamini, J. P. (2017). Management of Learner Discipline in Secondary Schools : A Collaborative Effort Management of Learner Discipline in Secondary Schools : 1122. https://doi.org/10.1080/09751122.2016.11890557

Faiziyah, A. (2017). Transformasi Nilai-Nilai Religius dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No, 12–21.

Gani, Sulha, M. (2017). Peran Guru Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Pada Siswa Kelas XI Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7, 72–79.

Heri, C. (2016). Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai Dalam Membentuk Karakter Religius K. Ri’ayah, 01.

Isnaeni, S. N. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar PKn. Kreatif, 8(2), 129–137.

Kuliyatun. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik Di SMA Muhammadiyah 01 Metro Lampung. At-Tajdid, 03(02), 180–198.

Macallister, J. (2014). Why discipline needs to be reclaimed as an educational concept. November, 37–41. https://doi.org/10.1080/03055698.2014.930341

Mezi, M., & Dewantara, J. A. (2020). Implementation Of Character Education In The Student Council. Jurnal Basicedu, 4(3), 765–774. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.429

Nindiya Norianda, Jagad Aditya Dewantara, & Sulistyarini. (2021). Internalisasi Nilai dan Karakter Melalui Budaya Sekolah (Studi Budaya Sekolah Jumat Berkah). Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 5(1).

Nurul Zuriah, Rahmad Widodo, H. S. (2016). Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Kearifan Lokal dan Civic Virtue Sebuah Rekayasa Sosial. Seminar Nasional Dan Gelar Produk, 164–177.

Padangsidimpuan, I. (2017). Belajar dan Pembelajaran. 03(2), 333–352.

Plessis, P. (2017). Learner Discipline in Crisis : Can South African Schools Overcome the Problem ? Educational Sciences, 1122. https://doi.org/10.1080/09751122.2015.11890328

Rahmi zuliana, Hajidin, M. H. (2017). Penerapan Disiplin Belajar Pada Siswa Di SD Negeri 08 Banda Aceh. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 98–107.

Rodhiyah, C. Q., Ali, A. R., & Hazin, M. (2018). Implementasi Kebijakan Sekolah Tentang Poin Pelanggaran Tata tertib Siswa Dalam Membentuk Perilaku Siswa yang Berkarakter Di SMA Negeri 07 Kediri. Dinamika Manajemen Pendidikan, Volume 3 N, 10–16.

Salam, M., & Anggraini, I. (2018). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Di SDN 55 / I Sridadi. Gentala Pendidikan Dasar, 3(I), 127–144.

Sari, B. P., & Hadijah, H. S. (2017). Meningkatkan disiplin belajar siswa melalui manajemen kelas. Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 233–241.

Saripudin, K. . (2017). Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasi Living Values Education. PT Replika Aditama.

Sugiarto, A. P., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Lerenda Brebes. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 232–238.

Tuken, R. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Di Kelas VI SDN IV Kota Pare Pare. VI(Ktsp 2006).

Widiatmaka, P. (2016). Pembangunan Karakter Nasional Peserta Didik Di Sekolah Berbasis Agama Islam. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1).

Yuliyantika, S. (2017). Analisis faktor-Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI dan XII Di SMA Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Pendidikan Ekonomi Ukdiksha, 9(1), 35–44.

Downloads

Published

2021-11-24

How to Cite

Rupita, R., Dewantara, J. A., & Widodo, R. (2021). Pola Pembentukan Karakter Disiplin Belajar PPKn Sebagai Civic Virtues Siswa Di MTs Sirajul Mukminin Azzakiyah. Jurnal Civic Hukum, 6(2). https://doi.org/10.22219/jch.v6i2.17726