Analisis Ketercapaian Penerapan Kebijakan RPP Satu Lembar Dalam Proses Pembelajaran Di SMP Negeri 10 Malang
DOI:
https://doi.org/10.22219/jch.v7i1.18212Keywords:
RPP satu lembar, Ketercapaian, PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa ketercapaian penerapan RPP satu lembar dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 10 Malang. Pada penelitian ini tujuan utama dari penerapan kebijakan RPP satu lembar adalah untuk meningkatkan kualitas pada proses dan hasil pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang mana memanfaatkan data-data yang dihimpun dan dijabarkan secara terperinci. Adapun data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi di SMP Negeri 10 Malang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian terdapat empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, dan kemudian penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu (1) penerapan RPP satu lembar di SMP Negeri 10 Malang sudah berjalan cukup efektif dan diterapkan oleh keseluruhan guru, (2) kesesuaian substansi dalam penyusunan RPP satu lembar sudah sesuai terhadap standar proses dan surat edaran menteri pendidikan, (3) tidak terdapat kendala yang berarti dalam penerapan RPP 1 lembar dalam mencapai proses pembelajaran di dalam kelas, dan (4) dalam meningkatkan kompetensi guru sekolah mengadakan berbagai kegiatan pelatihan maupun workshop. Kesimpulan hasil penelitian ini yakni penerapan RPP satu lembar di SMP Negeri 10 Malang berjalan cukup efektif dan dapat membantu guru untuk mencapai target pembelajaran
Downloads
References
Butcher, Christopher, Clara Davies, and Melissa Highton. 2019. Designing Learning: From Module Outline to Effective Teaching. Routledge.
Hasan, Hasan. 2021. “Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun Rpp 1 Lembar Terintegrasi Dengan In House Training (IHT) Di SMP Negeri 4 Muara Bungo.” Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM) 2(1): 25–32.
Jamali Nasari, Ali, and Mina Heidari. 2014. “The Important Role of Lesson Plan on Educational Achievement of Iranian EFL Teachers’ Attitudes.” International Journal of Foreign Language Teaching and Research 2(5): 27–34.
Kunandar, Dr. 2013. “Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis (Edisi Revisi).” Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Moleong, Lexy J. 2007. “Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi.”
Nahak, Roswita Lioba, and Asti Yunita Benu. 2021. “Analisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Satu Lembar Tematik Berbasis Active Learning Dengan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(3): 1539–46.
Nurdin, Usman. 2002. “Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, Jakarta: PT.” Raja Grafindo Persada.
Nurul, Zuriah. 2009. “Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan.” Malang: PT. Bumi Aksara.
Pendidikan, Menteri. 2013. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.” Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Permendiknas. 2019. “Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP.”
Rooijakkers, Ad. 1993. “Mengajar Dengan Sukses: Petunjuk Untuk Merencanakan Dan Menyampaikan Pengajaran.”
Rumidi, Sukandar. 2004. “Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula.” Yogyakarta: Gajah Mada Universiti.
Sari, Widya, Andi Muhammad Rifki, and Mila Karmila. 2020. “Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19.” Jurnal Mappesona 2(2).
Sugiono, Prof Dr. 2015. “Memahami Penelitian Kualitatif.” Bandung: Alfabeta.
Sunhaji, Sunhaji. 2014. “Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Kependidikan 2(2): 30–46.
Susetya, Beny. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Silabus Dan RPP Melalui Supervisi Akademik Di SD N Gambiran Yogyakarta Tahun 2016.” Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 1(2): 134–41.
Suwija, I Ketut, and I Made Dharma Atmaja. 2021. “Analisis Penerapan RPP 1 Halaman Dalam Konteks Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika, Vol. 1, No. 1 (Maret 2021) Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar 1(1): 1–12.
Velde, Christine. 1999. “An Alternative Conception of Competence: Implications for Vocational Education.” Journal of vocational education and training 51(3): 437–47.
Wahidmurni, Wahidmurni. 2020. “Rencana Pelaksanaan Pembelajaran: RPP 1 Lembar.”
Winkel, W S. 1996. “Psikologi Pengajaran Edisi Revisi.” Jakarta: pT. Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Cahyo Aulia Andi Putra, Trisakti Handayani, Budiono Budiono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)