Analisis Ketercapaian Penerapan Kebijakan RPP Satu Lembar Dalam Proses Pembelajaran Di SMP Negeri 10 Malang

Authors

  • Cahyo Aulia Andi Putra Student
  • Trisakti Handayani Universitas Muhammadiyah Malang
  • Budiono Budiono Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v7i1.18212

Keywords:

RPP satu lembar, Ketercapaian, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa ketercapaian penerapan RPP satu lembar dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 10 Malang. Pada penelitian ini tujuan utama dari penerapan kebijakan RPP satu lembar adalah untuk meningkatkan kualitas pada proses dan hasil pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang mana memanfaatkan data-data yang dihimpun dan dijabarkan secara terperinci. Adapun data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi di SMP Negeri 10 Malang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian terdapat empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, dan kemudian penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu (1) penerapan RPP satu lembar di SMP Negeri 10 Malang sudah berjalan cukup efektif dan diterapkan oleh keseluruhan guru, (2) kesesuaian substansi dalam penyusunan RPP satu lembar sudah sesuai terhadap standar proses dan surat edaran menteri pendidikan, (3) tidak terdapat kendala yang berarti dalam penerapan RPP 1 lembar dalam mencapai proses pembelajaran di dalam kelas, dan (4) dalam meningkatkan kompetensi guru sekolah mengadakan berbagai kegiatan pelatihan maupun workshop. Kesimpulan hasil penelitian ini yakni penerapan RPP satu lembar di SMP Negeri 10 Malang berjalan cukup efektif dan dapat membantu guru untuk mencapai target pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Butcher, Christopher, Clara Davies, and Melissa Highton. 2019. Designing Learning: From Module Outline to Effective Teaching. Routledge.

Hasan, Hasan. 2021. “Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun Rpp 1 Lembar Terintegrasi Dengan In House Training (IHT) Di SMP Negeri 4 Muara Bungo.” Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM) 2(1): 25–32.

Jamali Nasari, Ali, and Mina Heidari. 2014. “The Important Role of Lesson Plan on Educational Achievement of Iranian EFL Teachers’ Attitudes.” International Journal of Foreign Language Teaching and Research 2(5): 27–34.

Kunandar, Dr. 2013. “Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis (Edisi Revisi).” Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Moleong, Lexy J. 2007. “Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi.”

Nahak, Roswita Lioba, and Asti Yunita Benu. 2021. “Analisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Satu Lembar Tematik Berbasis Active Learning Dengan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(3): 1539–46.

Nurdin, Usman. 2002. “Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, Jakarta: PT.” Raja Grafindo Persada.

Nurul, Zuriah. 2009. “Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan.” Malang: PT. Bumi Aksara.

Pendidikan, Menteri. 2013. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.” Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Permendiknas. 2019. “Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP.”

Rooijakkers, Ad. 1993. “Mengajar Dengan Sukses: Petunjuk Untuk Merencanakan Dan Menyampaikan Pengajaran.”

Rumidi, Sukandar. 2004. “Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula.” Yogyakarta: Gajah Mada Universiti.

Sari, Widya, Andi Muhammad Rifki, and Mila Karmila. 2020. “Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19.” Jurnal Mappesona 2(2).

Sugiono, Prof Dr. 2015. “Memahami Penelitian Kualitatif.” Bandung: Alfabeta.

Sunhaji, Sunhaji. 2014. “Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Kependidikan 2(2): 30–46.

Susetya, Beny. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Silabus Dan RPP Melalui Supervisi Akademik Di SD N Gambiran Yogyakarta Tahun 2016.” Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 1(2): 134–41.

Suwija, I Ketut, and I Made Dharma Atmaja. 2021. “Analisis Penerapan RPP 1 Halaman Dalam Konteks Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika, Vol. 1, No. 1 (Maret 2021) Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar 1(1): 1–12.

Velde, Christine. 1999. “An Alternative Conception of Competence: Implications for Vocational Education.” Journal of vocational education and training 51(3): 437–47.

Wahidmurni, Wahidmurni. 2020. “Rencana Pelaksanaan Pembelajaran: RPP 1 Lembar.”

Winkel, W S. 1996. “Psikologi Pengajaran Edisi Revisi.” Jakarta: pT. Gramedia.

Downloads

Published

2022-07-04

How to Cite

Putra, C. A. A., Handayani, T. ., & Budiono, B. (2022). Analisis Ketercapaian Penerapan Kebijakan RPP Satu Lembar Dalam Proses Pembelajaran Di SMP Negeri 10 Malang. Jurnal Civic Hukum, 7(1). https://doi.org/10.22219/jch.v7i1.18212

Issue

Section

Articles