Peran Modal Sosial Dalam Pembelajaran PPKn

Authors

  • Margi Wahono Universitas Negeri Semarang
  • Sapriya Sapriya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Cecep Darmawan Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v7i1.19545

Keywords:

Modal sosial, peserta didik , Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Abstract

Modal sosial yang di dalamnya mengandung unsur jejaring sosial, keprcayaan, dan norma-norma memiliki peranan yang strategis khususnya dalam pembelajaran PPKn di sekolah, karena akan mendukug terwujudnya smart and good citizen apabila ketiga unsur dari modal sosial dimasukkan kedalam proses pembejerana PPKn di sekolah. Dalam penulisan artikel ini, penulis menggunakan metode kajian literatur, penulis mengkaji dari berbagai sumber bacaan, artikel, dan penelitian-penelitian terdahulu yang sesuai. kajian yang dilakukan dar berbagai sumber tertulis menunjukan peran modal sosial dalam pelaksanaan pembelajaran PPKn di sekolah sangat strategis untuk mengembangkan karakter-karakter baik dari peserta didik. Masukan yang dapat disampaikan dalam artikel ini ialah melalui proses mengembangkan modal sosial, peserta didik memperoleh informasi budaya dan perilaku serta kepekaan yang mereka butuhkan untuk mengambangkan soft skill yang mereka miliki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aguilera, M. B. (2002). The Impact of Social Capital on Labor Force Participation: Evidence from the 2000 Social Capital Benchmark Survey. Social Science Quarterly, 83(3), 853–874.

Algan, Yann, Pierre Cahuc, and A. S. (2013). Teaching Practices and Social Capital. American Economic Journal: Applied Economics, 5(3), 189–210.

Civis, M., Diaz-Gibson, J., Lopez, S., & Moolenaar, N. (2019). Collaborative and innovative climates in pre-service teacher programs: The role of social capital. International Journal of Educational Research, 98, 224-236.

Coleman, J. S. (1990). Foundations of social theory. Mass: Belknap Press of Harvard University Press.

Dakir, D., & Umiarso, U. (2017). Pesantren Dan Perubahan Sosial: Optimalisasi Modal Sosial Bagi Kemajuan Masyarakat. Al-A’raf: Jurnal Pemikiran Islam Dan Filsafat, 14(1), 1–22.

Fathurrohman, F. (2019). Pemanfaatan Modal Sosial dalam Peningkatan Kualitas Sekolah di SDIT Bina Insan Kamil Turi. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 8(3), 238–244.

Field, J. (2017). Social Capital (3rd ed.). Routledge.

Gainous, J., & Martens, A. M. (2012). The Effectiveness of Civic Education: Are “Good” Teachers Actually Good for “All” Students? American Politics Research, 40(2), 232–266.

Gay, G. (2013). Teaching To and Through Cultural Diversity. Curriculum Inquiry, 43, 1, 48–70.

Häuberer, J. (2011). Social capital theory: Towards a methodological foundation. In Social Capital Theory: Towards a Methodological Foundation. https://doi.org/10.1007/978-3-531-92646-9

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2015). odels of Teaching (9th Ed.). Person Education.

Khatibah, K. (2011). Penelitian kepustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 5(01), 36–39.

Kushandayani, K. (2006). Strategi Penguatan Modal Sosial Melalui Pendidikan (Belajar dari Masyarakat Desa). PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS SEKOLAH PASCASARJANA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA BANDUN.

Lesser, E. L. (2011). Knowledge and social capital: Foundations and applications. Routledge.

Lu, J., Yang, J., & Yu, C.-S. (2013). Is social capital effective for online learning? Information & Management, 50(7), 507–522.

Major, J., Wilkinson, J., Langat, K., & Santoro, N. (2013). Sudanese young people of refugee background in rural and regional Australia: Social capital and education success. Australian and International Journal of Rural Education, 23(3), 95–105.

Putnam, R. (1997). The Prosperous Community: Social Capital and Public Life. Frontier Issues in Economic Thought, 3, 211–212.

Shahroom, A. A., & Hussin, N. (2018). Industrial revolution 4.0 and education. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(9), 314–319.

PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN MODAL SOSIAL SISWA (Studi Kasus di SMAN Conggeang Kabupaten Sumedang), Universitas Pendidikan Indonesia (2021).

Simanjuntak, B. A., & Sosrodiharjo. (2014). Metode Penelitian Sosial (Edisi Revisi). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Praktiknya. PT Bumi Aksara.

Wahono, M., & Hidayah, Y. (2021). Citizenship literacy for primary schools: An effort for Indonesia’s future challenge. In Empowering Civil Society in the Industrial Revolution 4.0. Routledge.

Zadidah, L. W. (2021). PERAN LINGKUNGAN SOSIAL PADA PEMBELAJARAN PKN DALAM MENUMBUHKAN MODAL SOSIAL (STUDI KASUS DI SMAN 1 SINGAPARNA). Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2022-06-19

How to Cite

Wahono, M., Sapriya, S., & Cecep Darmawan. (2022). Peran Modal Sosial Dalam Pembelajaran PPKn. Jurnal Civic Hukum, 7(1). https://doi.org/10.22219/jch.v7i1.19545

Issue

Section

Articles