Martabat Bangsa Dan Negara Di Atas Segala-Galanya: Tinjauan Aksiologis Filsafat Ilmu Pertahanan Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Bela Negara

Authors

  • Yanto. S Manurung Indonesia Defense University
  • Herlina Saragih RI Defense University
  • Aris Sarjito RI Defense University

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v7i1.20511

Keywords:

Aksiolog, Filsafat, Ilmu pertahanan , Bela Negara

Abstract

Untuk memahami evolusi ilmu pengetahuan, filsafat ilmu banyak digunakan baik dalam kajian dan pendalaman ilmu pengetahuan (ilmu pengetahuan atau science). Artikel ini adalah sebuah deskripsi analisis teoritis mengenai Aksiologi Filsafat Ilmu Pertahanan dalam upaya meningkatkan kemampuan bela negara, dimana dilakukan dengan pemahaman yang mendalam secara kritis, sistematis, metodologid, dan fundamental hanya dapat dilakukan melalui studi mengenai filsafat ilmu pertahanan dengan menggunakan pendekatan secara ringkas mendeskripsikan filsafat ilmu pertahanan dalam berbagai konstelasi kehidupan berbangsa dan bernegara.  Perkembangan era globalisasi serta ilmu pengetahuan dan teknologi tidak hanya berdampak positif bagi suatu negara, namun juga memberikan potensi ancaman bagi pertahanan dan keamanan negara khususnya terhadap eksistensi negara dalam mewujudkan tujuan nasionalnya, dimana pertahanan menjadi satu-satunya kekuatan untuk memperoleh rasa aman. Dengan kata lain, pertahanan merupakan kebutuhan mendasar bagi sebuah kehidupan yang tidak memiliki kemampuan untuk menguasai pihak lain. Hakikat pengakuan bahwa setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban untuk ikut serta melindungi negara, dimana bahwa melindungi negara mencakup upaya membangun karakter negara Indonesia yang berjiwa nasionalisme, patriotisme, dan semangat juang yang kuat. Pembangunan nasional untuk mencapai tujuan dan kedaulatan nasional, menjamin tegaknya negara kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945, dengan tetap menjunjung tinggi negara dan martabat negara

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah I, & J. (2007). Filsafat Pendidikan: Manusia,Filsafat dan. AR-RUZZ MEDIA.

Budi Susilo Soepandji. (2012). Bangga Indonesia: Menjadi Komponen Cadangan Tanah Air. Grasindo.

Dwiridotjahjono, J., & Mulyanto & Iryanti, E. (2018). Upaya Meningkatkan Kesadaran Bela Negara dan Civic Competence melalui Model Pengembangan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal. Global & Policy, 6 (Januari.

Edi, J. (2019). Pengembangan Modul Pendidikan Karakter Bela Negara dalam Pembelajaran. Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Grayling, A. C. (1998). Philosophy 1: A Guide through the Subject. University Press.

J, M. L. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif,. PT Remaja Rosda Karya.

Lubis, A. Y. (2014). ). Filsafat Ilmu; Klasik Hingga Kontemporer. Rajawali Pers.

Maulidya, A. (2018). “Berfikir dan Problem Solving. Jurnal UIN SU, 1.

Mortimer, A. . (2000). How to Think about the Great Ideas: From Great Books of Western . In . Chicago, Ill.: Open Court. Rajawali Pers.

Munir, R. M. & M. (2006). Filsafat Ilm. Pustaka Pelajar.

Rozi, I. F. (2021). Mengenal Sistem Pertahanan Indonesia dan Nasionalisme dalam Negara Modern. Https://Binus.Ac.Id/Character-Building/2021/09/Mengenal-Sistem-Pertahanan-Indonesia-Dan-Nasionalisme-Dalam-Negara-Modern/Pada 15 Desember 2021.

Setiyawan, W. B. M. , & Mantiri, B. H. & J. A. (2020). Optimalisasi Sishankamrata melalui Penerapan Lima PilarTotal Defence sebagai Upaya Mewujudkan Negara Indonesia yang Berdaulat. Borneo Law Review, 4 (No 2).

Setiyono, K. Y. (2017). Bela Negara dalam Perspektif Strategi dan Kebijakan Pertahanan Negara. Majalah Wira Edisi Khusus.

Sjamsoeddin, S. (2016). Komitmen dan Perubahan, Suatu Persepsi dan Perspektif. Kemhan RI.

Soepandji, K. W. dan M. F. (2018). Konsep Bela Negara dalam Perspektif Ketahanan Nasional. Hukum & Pembangunan, 436-456.

Soyomukti, N. (2016). Pengantar Sosial:Dasar Analisis,Teori dan Pendekatan Menuju Analisis Masalah-masalah Sosial,Perubahan Sosial dan Kajian-Kajian Strategis. Ar-Ruzz Media.

Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Sumanto, E. (2014). “Filsafat Jilid I.” Vanda “Menebarkan Ilmu DanKebaikan.

Supriyatno, M. (2014). Tentang Ilmu Pertahanan. Pustaka Obor Indonesia.

Suriasumantri, J. S. (2005). Filsafat ilmu : Sebuah pengantar popule. Pustaka Sinar Harapan.

Tippe, S. (2015). Ilmu Pertahanan:Sejarah,Konsep,Teori dan Implementasi. Salemba Humanika.

Titus, H. H. et. al. (1984). “The Living Issues of Philosophy”, diterjemahkan oleh H.M.Rasyidi dengan judul: Persoalan-PersoalanFilsafat. Bulan Bintang.

Widodo, S. (2011). Implementasi Bela Negara untuk Mewujudkan Nasionalisme. Jurnal Ilmiah CIVIS, Volume I,.

Undang-Undang Republik Indonesia. (1945).

Undang-Undang Republik Indonesia. (2002). UU-RI Nomor 3 tahun 2002ten tang Pertahanan Negara.

Downloads

Published

2022-06-06

How to Cite

Manurung, Y. S., Saragih, H. ., & Sarjito, A. . (2022). Martabat Bangsa Dan Negara Di Atas Segala-Galanya: Tinjauan Aksiologis Filsafat Ilmu Pertahanan Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Bela Negara. Jurnal Civic Hukum, 7(1). https://doi.org/10.22219/jch.v7i1.20511

Issue

Section

Articles