Konstruksi Profil Pelajar Pancasila Dalam Buku Panduan Guru PPKn Di Sekolah Dasar

Authors

  • Nurul Zuriah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Hari Sunaryo Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v7i1.20582

Keywords:

Konstruksi, Profil Pelajar Pancasila, Buku Guru PPKn, Sekolah Dasar

Abstract

Artikel ini merupakan deskripsi hasil penelitian tentang Konstruksi Konseptual Profil Pelajar Pancasila Dalam Buku Panduan Guru PPKn Di Sekolah Dasar. Obyek penelitiannya adalah Buku Panduan Guru PPKn di Sekolah Dasar yang disusun Puskurbuk dan digunakan di sekolah saat ini. Permasalahan dan tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengonstruksi kerangka konseptual Profil Pelajar Pancasila dalam Buku Teks Panduan Guru  PPKn di Sekolah Dasar. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif. Unit analisis penelitian memuat nilai-nilai karakter Profil Pelajar Pancasila yang terdistribusi di berbagai bagian buku. Pengumpulan data dilaksanakan melalui identifikasi maupun analisis pada kerangka isi maupun muatan nilai karakter Profil Pelajar Pancasila yang terdapat pada buku teks. Analisis data dilaksanakan dengan analisis content/isi pada buku teks dan dipadukan dengan analisis interaktif model Miles dan Haberman. Validitas data diperiksa melalui validitas semantik, reliabilitas interrater, dan expert review. Hasil penelitian menunjukkan konstruksi konseptual Pembentukan Profil Pelajar Pancasila dalam Buku Teks Panduan Guru PPKn di SD bersifat komprehenshif. Mulai dari muatan nilai yang terkandung dalam buku, pola persiapan pembelajaran yang dilakukan dengan mengacu pada capaian pembelajaran bukan kompetensi dasar, dan dirinci lebih lanjut dalam tujuan pembelajaran. Pola pelaksanaan kegiatan pembelajaran meliputi prosedur, syntaks pembelajaran dan kegiatan pembelajarannya dan terakhir pada pola kegiatan assesmennya. Pemetaan dan analisis Profil Pelajar Pancasila juga ditemukan masih belum merata pada setiap bab dan sub bab buku yang terbagi menjadi pendahuluan, inti dan penutup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, Y. K. (2017). Analisis Muatan Pendidikan Karakter Dalam Buku Teks Kurikulum 2013 Kelas III SD Semester 1. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 27–41.

Apit, A., & Murdiono, M. (2019). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Dalam Buku Teks Mata Pelajaran PPKN Kelas VII. E-Civics, 8(7), 702–706.

Arifin, M. (2018). Pendidikan Karakter dalam Perspektif YAM. Deepublish.

Astuti, H. P., & Wuryandani, W. (2017). Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Pegangan Guru dan Siswa Kelas IV Semester 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2).

Ayudi, M. D. (2019). Analisis Muatan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Buku Teks PPKn Kurikulum 2013: Studi Deskriptif Buku Teks PPKn SMA Kelas X Kurikulum 2013. Universitas Pendidikan Indonesia.

Caraswati, S., & Setyadi, Y. B. (2014). Analisis Isi Buku Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kurikulum 2013 Dalam Pembentukan Karakter Bangsa Pada Siswa SMP Kelas VII. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Haryati, T., & Khoiriyah, N. (2017). Analisis Muatan Nilai Karakter dalam Buku Teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1).

Hasudungan, A. N., & Abidin, N. F. (2020). Independent Learning: Forming The Pancasila Learner Through Historical Learning In Senior High School. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Vol. 3, pp. 34–42).

Hidayah, Y., Suyitno, S., & Ali, Y. F. (2021). A Study on Interactive–Based Learning Media to Strengthen the Profile of Pancasila Student in Elementary School. Jurnal Etika Demokrasi, 6(2), 283–291.

Ilmiah, A., Umar, R., & Hum, M. (2013). Pembiasaan Nilai-Nilai Moral Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021a). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84.

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021b). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84.

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021a). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 257–265.

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021b). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRIi Palembang.

Kristiono, N. (2017). Penguatan Ideologi Pancasila Di Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Harmony, 2(2), 193–204. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony/article/view/20171/9563

Kristiyono, A. (2013). Analisis Isi (Content Analysis) pada Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII SMP. Universitas Negeri Semarang.

Lapsley, D., & Yeager, D. S. (2006). Moral-Character Education. In Handbook of Psychology. https://doi.org/10.1002/9781118133880.hop207007

Maftuh, B. (2008). Internalisasi nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Educationist, 2(2), 134–144.

Mardikarini, S., & Suwarjo, S. (2016). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru Dan Pegangan Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2).

Mumpuni, A. (2018). Integrasi nilai karakter dalam buku pelajaran: Analisis konten buku teks kurikulum 2013. Deepublish.

Mumpuni, A., & Masruri, M. S. (2016). Muatan nilai-nilai karakter pada buku teks kurikulum 2013 pegangan guru dan pegangan siswa kelas II. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).

Nurfalah, Y. (2016). Urgensi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Pemikiran Keislaman. https://doi.org/10.33367/tribakti.v27i1.264

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila.

Rahayuningtyas, D. I., & Mustadi, A. (2018). Analisis muatan nilai karakter pada buku ajar kurikulum 2013 pegangan guru dan siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2).

Ravyansah, R., & Abdillah, F. (2021). Tracing’Profil Pelajar Pancasila’Within The Civic Education Textbook: Mapping Values For Adequacy. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(2), 96–105.

Solehudin, I. (2019). Analisis Buku Teks PPKn Kelas VII dalam Perspektif Penguatan Pendidikan Karakter. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumardjoko, B. (2015). Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pembelajaran PKN Berbasis Kearifan Lokal untuk Penguatan Karakter dan Jati Diri Bangsa.Jurnal VARIDIKA,25(2). https://doi.org/10.23917/varidika.v25i2.726

Syabrina, M. (2017). Menumbuhkan karakter tanggung jawab melalui buku ajar tematik integratif berbasis karakter. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 10(1), 9–19.

Downloads

Published

2022-07-04

How to Cite

Zuriah, N., & Sunaryo, H. (2022). Konstruksi Profil Pelajar Pancasila Dalam Buku Panduan Guru PPKn Di Sekolah Dasar. Jurnal Civic Hukum, 7(1). https://doi.org/10.22219/jch.v7i1.20582

Issue

Section

Articles