Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Media Persegi Ajaib Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn
DOI:
https://doi.org/10.22219/jch.v7i1.20962Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran Talking StickAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick dengan Media Persegi Ajaib Terhadap Hasil Siswa Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VII di SMP Negeri Baitussalam Aceh Besar”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen, menggunakan desain penelitian quasi eksperimental design, dalam bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan sampling purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik tes dalam bentuk soal pilihan ganda. Teknik analisis data dalam pengujian hipotesis adalah teknik analisis uji independent t-test (Uji-t). Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa model pembelajaran talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII di SMPN 1 Baitussalam Aceh Besar, dengan nilai rata-rata nilai hasil belajar pada kelas kontrol adalah 76,67 sedangkan rata-rata nilai hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 87,33. Hasil statistik inferensial dengan menggunakan SPSS versi 20 diperoleh nilai > yaitu 7, 356 > 1, 697, maka ditolak dan diterima. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran talking stick dengan media persegi ajaib sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII di SMPN 1 Baitussalam Aceh Besar.
Downloads
References
Agatha, N. P., Okianna, O., & Atmaja, T. S. (2020). Pengaruh Talking Stick Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10 (5).
Andre, P. A. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Aningrum, A. A., dan Suratman, B. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Komunikasi Kelas X Apk 1 di SMK Negeri 2 Nganjuk. Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP), 2(2).
Arifprabowo, T. Musfiqon, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Bina Aksara.
Asrul. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Cita Pustaka Media.
Damayanti, N. K. I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B8 SMP Negeri 6 Singaraja dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undikhsa, 5(3), 52-61.
Darojat, Z. (2019). Pengaru Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar PPKn . In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STIKIP Kusuma Negara.
Dwiastuti, R. (2017). Metode Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Malang: UB Press.
Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1): 1-11.
Erina, R., dan Kuswanto, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Instad Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Fisika di SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 202-211.
Gunadi, R. (2020). Teknik Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Harinaldi. (2005). Prinsip-Prinsip Statistika Untuk Teknik dan Sains. Jakarta: Erlangga.
Hasanuddin, M. I. dan Hasanuddin, M, I. (2020). Model Pendekatan Bermain Pada Peningkatan Kesegaran Jasmani Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Hayati, P. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X-IIS SMA Negeri 17 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3).
Kristanto, V. H. (2018). Metodelogi Penenlitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yogyakarta: CV Budi Utama.
Lidia, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2): 81-87.
Makki, I. dan Aflahah. (2017). Konsep dasar Belajar dan Pembelajaran. Jawa Timur. Duta Media Publising.
Manurung, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Kelas VII-2 SMP Negeri 3 Kota Tebing Tinggi. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 8(1), 98-106.
Musyabirah. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Palangga. Jurnal IPA Terpadu, 2(1): 36-45.
Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran SD. Suka Bumi: CV Jejak.
Nurhadi, N. (2020). Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya dalam Pembelajaran. EDISI, 2(1), 77-95.
Nurmawati. (2014). Evaluasi Pendidikan Islam. Bandung: Cita Pustaka Media.
Octavia, S. A. (2020). Model- Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Rosmala, I. A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sajuliana. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Bidang Studi PKn Kelas V SDS Muhamadiyah Hutabangun. Jurnal Sekolah, 1(4), 46-53.
Sugiyono. (2010) . Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mayasari Mayasari, Erna Hayati, Irwan Putra, Sanusi Sanusi, Maimun Maimun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)