Implementasi Model Project-Based Learning Dalam Membentuk Karakter Integritas Di Smk Muhammadiyah 2 Nganjuk
DOI:
https://doi.org/10.22219/jch.v7i2.21310Keywords:
Model Project Based Leaning , karakter, integritasAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan penerapan Model Project Based Learning di SMK Muhammadiyah 2 Nganjuk; (2) Mendeskripsikan proses membentuk karakter integritas peserta didik melalui Model Project Based Learning di SMK Muhammadiyah 2 Nganjuk; (3) Menganalisis kendala dan solusi dalam membentuk karakter integritas siswa SMK Muhammadiyah 2 Nganjuk melalui Model belajar Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Nganjuk dengan waktu penelitian selama 3 bulan. Sumber data primer yaitu dari Kepala Sekolah, Guru PPkn, dan 5 Peserta didik di SMK Muhammadiyah 2 Nganjuk. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan data diuji keabsahan datanya dengan kreadibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil yang diperoleh (1) Penerapan model project based learning di SMK Muhammadiyah 2 Nganjuk mendapat hasil yang terlihat pembelajaran di kelas; (2) Penerapan model project based learning di SMK Muhammadiyah 2 Nganjuk membentuk karakter integritas dilihat dari tanggung jawab dan kejujuran siswa dalam mengerjakan projek dari guru; (3) Kendala yang di hadapi pembelajaran daring pada saat pengerjaan proyek, peserta didik yang mengalami kesusahan sinyal dengan solusi guru mengganti pada hari lain.
Downloads
References
Akhmad Yazidi. 2013. “Memahami Model-Model Pembelajaran Dalam Kurikuum 2013.” Universitas Pakuan. Bogor.
Anonim. 2018. “Model-Model Pembelajaran.” In Direktorat Pembinaan SMA Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Asyafah, Abas. 2019. “Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam).” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 6(1): 19–32.
Daryanto, Suryatri dan Darmiatun. 2013. Implementasi Penididikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Gava media.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pres.
Ekawati, Felisia Nor. 2019. “Analisi Penguatan Pendidikan Karakter Integritas Sub Nilai Kejujuran Melalui Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas IV SDN Sidokaton Jombang. Skripsi. ” Universitas Muhammadiyah Malang.
Endro, Gunardi. 2017. “Menyelisik Makna Integritas Dan Pertentangannya.” Integritas 3(1): 131–52.
Gede. 2015. “Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI TAV 1 Di SMK Negeri 3 Singaraja.” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 4.
Heidaar, N. &. 2014. “The Important Role of Lesson Plan on Educational Achievment of Iranian EFL Teachers’ Attitudes.” International Journal of Foreign Language Teaching & Research 3: 31.
Helmawati. 2017. Pendidikan Karakter Sehari-Hari. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Herdiansyah, H. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
I wayan eka mahendra. 2017. “Project Based Learning Bermuatan.” 3.
Ira Widyastuti. 2016. “Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas IV SD.” Jurnal Ikatan Alumni Fisika 2(2): 25–29.
Iru, La dan Arihi, La Ode Safirun. 2012. Pendekatan, Metode, Strategi, Dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Jamal Ma’mur Asmani. 2011. Buku Panduan Pendidikan Di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Lestari, Tutik. 2015. “Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Menyajikan Contoh-Contoh Ilustrasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Metode Pembelajaran Demonstrasi Bagi Siswa Kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah Wonosari.” Universitas Negeri Yogyakarta.
Maiti, and Bidinger. 1981. “Konsep & Pengembangan Pembelajaran Inovatif.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.
Maksudin. 2013. Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Masnur Muslich. 2011. Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Maulana, Dani. 2014. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Lampung: Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Lampung.
Mihic, Matej, and Ivica Zavrski. 2017. “Professors’ and Students’ Perception of the Advantages and Disadvantages of Project Based Learning.” International Journal of Engineering Education 33(6): 1737–50.
Moleong. 2013. “Metodologi Penelitian Kualitatif.” In Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar, Bandung: Rosda.Permendiknas.
Muchlas Samami & Hariyanto. 2011. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurfitriyanti, Maya. 2016. “Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6(2): 149–60.
Pratama, Rhesa Akabar. 2020. “Analisis Peran Guru Kelas Dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Siswa Kelas 2 Dan 3 Di Sdn Tegalgondo Kabupaten Malang.” Universitas Muhammadiyah Malang.
Thaufan Abiyuna. 2017. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Siswa.” Universitas Pendidikan Indonesia.
Ayukanti. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Poject Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 9 Bandar Lampung.” 3(2).
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Sukandarrumidi. 2012. Gadjah Mada University Press Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KPS). Jakarta: Bumi Aksara.
Widyaningrum, Heny. 2016. “Pentingnya Strategi Pembelajaran Inovatif Dalam Menghadapi Kreativitas Siswa Di Masa Depan.” Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education) 1: 268–77.
Zuriah. (2006). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Izzah, Anifatul dkk. 2020. "Implementasi Pendidikan Karakter Integritas di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Kota Malang". Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Volume 2 Nomor 2.
Setiono, Panut dkk. 2020. "Meningkatkan Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning". Jurnal Pendidika Guru Seklah Dasar, 13 (1) : 86-92.
Bdkdenpasar.kemenag.go.id. "Model Project Based Learning". Juni 2020. https://bdkdenpasar.kemenag.go.id/berita/model-project-based-learning. [diakses pada 20 Mei 2022]
Kemdikbud.go.id. "Kesiapan Pembelajaran Metode Berbasis Proyek dalam Jaringan (Daring) Antisipasi Covid-19". April 2020. https://lpmp-sumut.kemdikbud.go.id/kesiapan-pembelajaran-metode-berbasis-proyek-dalam-jaringan-daring-antisipasi-covid-19-2/. [diakses pada 20 Mei 2022]
Kemenkopmk.go.id. "Pendidikan Karakter, Bekal Revolusi Mental". Februari 2022. https://www.kemenkopmk.go.id/pendidikan-karakter-bekal-revolusi-mental. [diakses pada 20 Mei 2022]
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Alan Wahyu Ardhi Ansyah, Trisakti Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)