Penerapan Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Di Desa Tempursari Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang
DOI:
https://doi.org/10.22219/jch.v7i1.21371Keywords:
good governance, pelayanan publik, penerapan prinsipAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pelayanan publik, penerapan prinsip- prinsip good governance, hambatan dalam menerapkan prinsip good governance dan upaya yang diterapkan untuk meningkatkan penerapan prinsip good governance di Desa Tempursari Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini yaitu Kepala Desa, perangkat Desa dan masyarakat. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pemerintah desa Tempursari memberikan kualitas pelayanan publik yang baik kepada masyarakat agar melancarkan dan memudahkan pekerjaan masyarakat desa Tempursari (2) Prinsip good governance Transparansi, Keadilan, Partisipasi, Responsivitas, Efisiensi dan Efektivitas diterapkan dengan baik walaupun masih kekurangan pada prinsip Transparansi, dan Efektivitas di desa Tempursari. Masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan (3) Hambatan yang dijumpai dalam penerapan prinsip good governance di desa Tempursari disebabkan kurangnya penguasaan teknologi oleh perangkat desa sebagai penyelenggara pelayanan publik. (4) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penerapan prinsip- prinsip good governance di desa Tempursari yaitu menerapkan jam operasional pegawai, memberdayakan perangkat desa untuk selalu meningkatkan prestasi kerjanya guna meningkatkan sumber daya manusia profesional, meningkatkan pengetahuan perangkat desa terhadap perkembangan teknologi, serta melakukan kegiatan evaluasi kerja setiap bulan.
Downloads
References
Aini, N. (2019). Evaluasi Kinerja Pegawai Untuk Mewujudkan Pelayanan Publik Dalam Perspektif Good Governance. 1(1), 43–57. https://doi.org/10.33474/jisop
Alawi, M. I., Habibi, M. M., Rochmadi, N. W., & Wiwoho, B. S. (2021). The problems of developing a tourist village. In Sukowiyono, S. Awaliyah, P. B. R. Carey, M. Lane, & C. Fei (Eds.), Empowering Civil Society in the Industrial Revolution 4.0 (pp. 90–94). Routledge.
Cahyadi, A. (2016). Penerapan Good Governance Dalam Pelayanan Publik (Studi Tentang Kualitas Pelayanan Elektronik Kartu Tanda Penduduk Berbasis Good) Governance Di Kecamatan Sukolilo Surabaya. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(2).
Daraba, D. (2015). Penerapan Prinsip Pelayanan Administrasi Pada Kantor Desa Panciro Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa, Indonesia. Jurnal Office, 1(2), 185–191.
Dwiyanto, A. (2017). Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Gadjah Mada University Press.
Habibi, M. M. (2016). Analisis Pelaksanaan Desentralisasi Dalam Otonomi Daerah Kota/Kabupaten. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 28(2).
Habibi, M. M., Sukriono, D., Rapita, D. D., & Sudirman. (2019). Pendampingan Pembentukan Standar Pelayanan Publik Pemerintahan Desa Sebagai Upaya Mewujudkan Good Village Governance. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial (JPDS), 19–27.
Hartati, Husnurrofiq, & Kadir, A. (2021). Analisis Motivasi Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai Kantor Desa Sungai Rasau Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Analisis.
Irawan, A. (2018). Transparansi Pelayanan Publik Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). . Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 10(3), 86–101.
Irawan, B., & Laksono, S. S. M. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Publik, Profesionalisme, Kinerja Pegawai Sebagai Upaya Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Kelurahan Turi Kecamatan Sukorejo Kota Blitar). Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 28–37.
Kartiwa, H. A. (2006). Implementasi Peran dan Fungsi DPRD dalam Rangka Mewujudkan “Good Governance”. . Pustaka Unpad.
Maryam, S. N. (2016). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. In Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi: Vol. VI (Issue 1).
Moento, P. A., Firman, & Yusuf, A. P. (2019). Good Governance Dalam Pemerintahan. Musamus Journal of Public Administration, 1(2), 10–16. https://ejournal.unmus.ac.id/index.php/fisip
Mohi, W. K., & Mahmud, I. (2018). Kualitas Pelayanan Publik di Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Publik Jurnal Ilmu Administrasi, 6(2), 102–110.
Moleong, L. J. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.
Nasution, F. R., & Sinaga, R. S. (2014). Evaluasi Kinerja Pegawai Kantor SAMSAT dalam Pelayanan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. In Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik (Vol. 2, Issue 1). http://ojs.uma.ac.id/index.php/jppuma
Panjaitan, E., Dewi, R., & Angelia, N. (2019). Peranan Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi kepada Masyarakat. Perpektif, 8(1), 32–38. http://ojs.uma.ac.id/index.php/perspektif
Podungge, A. W., & Aneta, A. (2020). Profesionalisme Pegawai Ditinjau Dari Aspek Pengorganisasian Dalam Pelayanan Publik. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 9(1), 55. https://doi.org/10.31314/pjia.9.1.55-65.2020
Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. PT. Grasindo.
Risnawan, W. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Di Dinas Cipta Karya, Kebersihan Dan Tata Ruang Kabupaten Ciamis. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 5(1), 83–92.
Rohman, Abd., & Hanafi, Y. (2019). Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. REFORMASI, 9(2), 153. https://doi.org/10.33366/rfr.v9i2.1469
Sulaeman, Z., Mustanir, A., & Muchtar, A. I. (2019). Partisipasi Masyarakat Terhadap Perwujudan Good Governance Di Desa Damai Kecamatan Watang Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang (Vol. 7).
Tompo, M., Madani, M., & Fatmawati. (2021). Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Di Rsud Lanto Daeng Pasewang Kabupaten Jeneponto. Journal of Public Policy and Management, 3(1), 43–52.
Tomuka, S. (2013). Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Di Kecamatan Girian Kota Bitung (Studi Tentang Pelayanan Akte Jual Beli). Jurnal Eksekutif, 2(1), 1–15.
Warah, M. (2020). Penerapan Prinsip-Pinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Camat Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya.
Widarma, A., & Simargolang, M. Y. (2021). Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Manajemen Data Di Desa Bagan Asahan. Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Anadara, 1(1), 43–46.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Mujtaba Habibi, Ika Nurul Iza, Didik Sukriono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)