Strategi Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter Nasionalisme Mahasiswa Di Era Society 5.0

Authors

  • Pipit Widiatmaka IAIN Pontianak
  • Abd. Muid Aris Shofa Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v7i2.21595

Keywords:

Karakter Nasionalisme, Mahasiswa, Pendidikan Pancasila, Society 5.0

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna karkater nasionalisme di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tanggung jawab seorang dosen yang mengampu mata kuliah Pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter nasionalisme mahasiswa di era society 5.0, dan strategi mata kuliah Pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter nasionalisme mahasiswa di era society 5.0. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan. Teknik pengambilan data menggunaka studi kepustakaan dan Teknik analisis yang digunakan ialah analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter nasionalisme sangat penting untuk diimplementasikan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, mengingat Indonesia adalah negara multikultural yang rawan terhadap konflik, selain itu demi terwujudnya tujuan nasional. Krisis karakter nasionalisme yang terjadi pada mahasiswa menjadi tanggung jawab dosen yang mengampu mata kuliah Pendidikan Pancasila, karena mata kuliah tersebut merupakan ujung tombak perguruan tinggi di dalam membentuk karkater mahasiswa yang ebrdasarkan Pancasila. Strategi harus diimplementasikan oleh seorang dosen yang mengampu Pendidikan Pancasila ialah memanfaatkan model dan metode pembelajaran yang berbasis digitas. Seorang dosen harus mampu membentuk karakter nasionalisme mahasiswa, mengingat hal tersebut menjadi tanggung jawabnya, selain itu seorang dosen harus menjadi suri tauladan dan juga inspirator mahasiswa untuk mengimplementasikan nilai-nilai nasionalisme di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara demi terwujudnya tujuan nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, J. (2016). Peran Guru dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Pada Siswa Smp Negeri 1 Babang Kecamatan Bacan Timur. Edukasi, 14(2), 462–466. https://doi.org/10.33387/j.edu.v14i2.190

Adiansyah, & Widiatmaka, P. (2022). Problematika Guru dalam Memberikan Bimbingan Konseling Siswa untuk Menumbuhkan Karakter Sosial Melalui Pembelajaran PPKn di Era Society 5.0. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 7(1), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/jpk.v7.n1.2022.pp01-08

Ardhyantama, V. (2020). Creativity Development Based on the Ideas of Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 73–86. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i1.1502

Ayuningtyas, I. (2021). Ketimpangan Akses Pendidikan Di Kalimantan Timur. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 117–129. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2128

Azima, N. S., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh Masuknya Budaya Asing Terhadap Nasionalisme Bangsa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7491–7496.

Dianti, P., Fatihah, H., Camellia, C., Sari, A. P., & ... (2021). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kontekstual Di Perguruan Tinggi. Jurnal Civic Hukum, 6(1), 50–60. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jch.v6i1.14685

Fauziah, Nadifah Nur & Dewi, A. (2021). Membangun Semangat Nasisonalisme Melalui Pendididkan Kewarganegaraan. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(02), 93–103.

Galih, B. (2015). Kemajuan Teknologi Dianggap Berdampak Kurangi Rasa Kebangsaan Generasi Muda. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2015/03/03/03400951/Kemajuan.Teknologi.Dianggap.Berdampak.Kurangi.Rasa.Kebangsaan.Generasi.Muda

Harmanto. (2017). Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi dalam Pembelajaran PKn Sebagai Penguatan Karakter Bangsa. In UPI. Universitas Pendidikan Indonesia.

Intania, N. I., Fadilah, S. N., Sadewa, A., Khafifah, T. N., Melati, E., Yulianti, E., Sahara, A., & Azizah, P. I. (2021). Implementasi budaya Tepo Seliro sebagai wujud pembinaan karakter peserta didik Generasi Alpha dalam pembelajaran IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 183–201. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo/article/view/41967

Kinanti, M. R. S., Kencana, & Langgeng, A. (2021). Penguatan pendidikan karakter dalam menghadapi standarisasi pendidikan menuju era human society 5.0. Prosiding Dan Web Seminar (Webinar), 3(1), 447–452. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/pro/article/view/2274

Manurung, Y., Saragih, H., & Sarjito, A. (2022). Martabat Bangsa dan Negara di Atas segala-galanya: Tinjauan Aksiologis Filsafat Ilmu Pertahanan dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Bela Negara. Jurnal Civic Hukum, 7(1), 21–30. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jch.v7i1.20962

Masnur, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. In Jakarta: Bumi Aksara.

Mayasari, Hayati, E., Putra, I., Sanusi, & Maimun. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Media Persegi Ajaib Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada. Jurnal Civics Hukum, 7(13–20). https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jch.v7i1.20962

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nuragnia, B., Nadiroh, & Usman, H. (2021). Pembelajaran Steam Di Sekolah Dasar : Implementasi Dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 187–197. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2388

Nuryadi, M. H., & Widiatmaka, P. (2022). Keunggulan Youtube sebagai Media Pembelajaran untuk Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Mahasiswa. Journal of Civic Education, 5(3), 356–367. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jce.v5i3.757

Nuryadi, M. H., Zamroni, & Suharno. (2020). The Pattern of The Teaching of Multiculturalism-Based Civics Education: A Case Study at Higher Education Institutions. European Journal of Educational Research, 9(2), 799–807. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.799

Pinjai, P., & Damrongpanit, S. (2020). Effects of democratic parenting and teaching activities on high school students’ global citizenship: A multilevel structural equation model with student factors as mediators. European Journal of Educational Research, 9(4), 1569–1580. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.4.1569

Rosidin, U., Herpratiwi, Suana, W., & Firdaos, R. (2019). Evaluation of national examination (UN) and national-based school examination (USBN) in Indonesia. European Journal of Educational Research, 8(3), 827–837. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.3.827

Rupita, R., Dewantara, J. A., & Widodo, R. (2021). Pola Pembentukan Karakter Disiplin Belajar Ppkn Sebagai Civic Virtues Siswa di MTs Sirajul Mukminin Azzakiyah. Jurnal Civic Hukum, 6(November), 137–146. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jch.v6i2.17726

Siagian, N., & Alia, N. (2020). Strategi Penguatan Karakter Nasionalis Di Kalangan Siswa. Kopen: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 190–197.

Sri Irawati, & Irdam Idrus. (2019). Peran Dosen Dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2), 800–810. https://doi.org/10.32734/st.v2i2.550

Sukarno, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Era Masyarakat 5.0. Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Untuk Menyongsong Era Society 5.0 : Pengembangan Kompetisi Dan Transformasi Pengukuran, 32–37. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/ProsidingPsikologi/article/view/1353/771

Surono, K. A. (2017). Penanaman Karakter dan Rasa Nasionalisme pada Kegiatan Ektrakurikuler Pramuka di SMP N 4 Singorojo Kabupaten Kendal. Indonesian Journal of Conservation, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijc.v6i1.12527

Suryana, F. I. F., & Dewi, D. A. (2021). Lunturnya Rasa Nasionalisme pada Anak Milenial Akibat Arus Modernisasi. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 598–602. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.400

Tim detikcom. (2021). Kesantunan Pelajar dan Mahasiswa di Era Disrupsi Digital Menjadi Sorotan. https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5518456/kesantunan-pelajar-dan-mahasiswa-di-era-disrupsi-digital-menjadi-sorotan

Widiatmaka, P. (2016). Pembangunan Karakter Nasionalisme Peserta Didik di Sekolah Berbasis Agama Islam. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(1), 25–33. https://doi.org/10.24269/v1.n2.2016.25-33

Widiatmaka, P. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Ujung Tombak Pembangunan Karakter Pancasila di Perguruan Tinggi. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 1(2), 176–185. https://doi.org/https://doi.org/10.52738/pjk.v1i2.41

Widiatmaka, P. (2022). Strategi dalam Menjaga Eksistensi Kearifan Lokal sebagai Identitas Nasional Bangsa Indonesia di Era Disrupsi. Pancasila Jurnal Keindonesiaan, 2(2), 136–148. https://doi.org/https://doi.org/10.52738/pjk.v2i2.84

Yanti, F., & Jayanti, T. (2019). Pemahaman Rasa Nasionalisme Mahasiswa Pendidkan Sejarah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Kepulauan. Cahaya Pendidikan, 4(2), 2–10. https://doi.org/10.33373/chypend.v4i2.1664

Zed, M. (2004). Metode Peneletian Kepustakaan. Yogyakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Widiatmaka, P., & Shofa, A. M. A. (2022). Strategi Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter Nasionalisme Mahasiswa Di Era Society 5.0. Jurnal Civic Hukum, 7(2). https://doi.org/10.22219/jch.v7i2.21595