Project Citizen Mata Kuliah Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya

Authors

  • Chris Apandie Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Silvia Rahmelia Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v7i2.21790

Keywords:

Berpikir Kritis, Kristen, Kewarganegaraan, Mahasiswa, Project Citizen

Abstract

Permasalahan yang dihadapi di perguruan tinggi saat ini adalah kurangnya budaya akademik yang mengarah pada pengembangan keterampilan abad 21. Keterampilan abad 21 salah satunya mensyaratkan kemampuan berpikir kritis. Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi memiliki peran sentral sebagai mata kuliah pengembangan kepribadian yang bertujuan membentuk mahasiswa menjadi warga negara yang baik dan cerdas serta mampu berpikir kritis. Tujuan ini sangat relevan dengan perkembangan pembelajaran abad 21 yang diperlukan dalam rangka membangun sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengembangkan keterampilan abad 21 adalah project citizen. Tujuan dalam penelitian ini adalah memperbaiki kualitas pembelajaran Kewarganegaraan di perguruan tinggi melalui pelaksanaan project citizen mata kuliah Kewarganegaraan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa di IAKN Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan model PTK “dosen pengajar sebagai peneliti” dengan mengacu kepada model siklus (1) perencanaan; (2) tindakan dan observasi; dan (3) refleksi. Project citizen yang telah diterapkan pada mata kuliah Kewarganegaraan di IAKN Palangka Raya dalam 4 (empat) siklus berhasil meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Keterampilan berpikir kritis ini terlihat saat mahasiswa menampilkan aktivitas curah pendapat di dalam kelompok untuk menyepakati isu utama yang akan menjadi tema kelompok, mahasiswa mampu berdialog dan menguraikan informasi yang telah dikumpulkan di hadapan dosen dan mahasiswa lainnya, kemudian mahasiswa mampu menampilkan keterampilan komunikasi yang baik pada saat showcase project citizen. Dari hasil evaluasi, mahasiswa menyatakan bahwa project citizen memberikan dampak positif terhadap pengetahuan dan sikap mereka sebagai warga negara dan menambah kemampuan mereka dalam mengkritisi informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allen, R. K., Peterman, K., & Bevc Christine. (2018). The utility of citizen science projects in K-5 schools: measures of community engagement and student impacts. Cultural Studies of Science Education, 14(1), 627–641.

Amri, S. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas: Metode, Landasan Teori Praktis dan Penerapannya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Astuti, H., & Sahono, B. (2022). 139 APPLICATION OF THE CITIZEN PROJECT LEARNING MODEL TO IMPROVE CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING ACHIEVEMENT. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1), 138–149.

Azmi, S. R. M. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI PADA MATA KULIAH PKN BERBASIS PROJECT CITIZEN DI STMIK ROYAL KISARAN. Journal of Science and Social Resear, III(1), 64–72. Retrieved from https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s4156202008879%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s415620200884z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article

Budimansyah, D. (2009). Inovasi Pembelajaran Project Citizen. Bandung: Program Studi Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Chaeruman, U. (2010). E-Learning dalam Pendidikan Jarak Jauh. Jakarta: Kemendikbud.

Departemen Pendidikan Nasional. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional. , (2006).

Fajri, I., Yusuf, R., Zailani, M., & Yusoff, M. (2021). MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN Pemberdayaan manusia itu dalam menghadapi tantangan global . Melalui pendidikan ini manusia dapat Tentang Sistem Pendidikan Nasional , “ Pendidikan adalah usaha sadar dan t. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(3), 105–118.

Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. Adil Indonesia Jurnal, 2, 1–8.

Iriansyah, H. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen untuk Meningkatkan Critical Thinking Mahasiswa. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 114–124.

Jamaludin, U., Damanhuri, Setiawan, D., & Raharjo. (2017). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK PERGURUAN TINGGI. Palembang: Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Indonesia Bagian Barat.

Kemmis, S., & Taggart, R. . (1990). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.

Mulyasa, H. (2012). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosda Karya Offset.

Muzaki, A. N., Trisiana, A., & Putri, E. S. (2022). PEMAHAMAN MODEL PROJECT CITIZEN BAGI SISWA SMA / MA DALAM MEMPERKOKOH IDENTITAS NASIONAL. 09(01), 13–26.

Nahdi, D. S., & Jatisudan, M. G. (2020). ANALISIS LITERASI DIGITAL CALON GURU SD DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL CLASSROOM DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116–123.

Nikmah, D. N. (2019). Hubungan Sikap Ilmiah , Kebebasan Akademik , dan Etika Akademik dengan Budaya Akademik Mahasiswa. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 4(1), 29–44. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk

Nurhidayah, D., Virgiawan, M., & Afifa, A. N. (2021). PENERAPAN PROJECT CITIZEN PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ABAD 21. Jurnal Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan, 11(1), 25–32.

Nusarastriya, Y. H., H, H. S., Wahab, A. A., & Budimansyah, H. D. (2013). Pengembangan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Project Citizen. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 444–449. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.1631

Oktaviarini, N. (2017). PENERAPAN MODEL CHARACTER PROJECT CITIZEN ( CPC ) BERBASIS OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPS ( STUDI PADA SISWA KELAS IV SDN TALUN 05 KECAMATAN TALUN KABUPATEN BLITAR ). 2, 1–9.

Purwanti, A., Hujjatusnaini, N., Septiana, N., Jasiah, J., & Amin, A. M. (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Model Blended-Project Based Learning Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Berdasarkan Students Skill Level Pendahuluan Metode. JIPI (Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA), 6(3), 235–245.

Rafzan, R., Budimansyah, D., Rahmat, R., Fitriasari, S., Arzam, A., & Sulman, F. (2022). Civic Engagement and Higher Education Develop Student in Civic Education Through based Project Citizen Model Learning. 1st International Conference on Maritime Education, ICOMEAt: Tanjungpinang, Riau Islands, Indonesia, (January). https://doi.org/10.4108/eai.3-11-2021.2314834

Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., Wardani, D. K., & Sangka, K. B. (2019). Developing critical-thinking skills through the collaboration of Jigsaw model with problem-based learning model. International Journal of Instruction, 12(1), 1077–1094. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12169a

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sulistyo, W. D. (2019). ENCOURAGING STUDENT SOCIAL SENSITIVITY THROUGH SOCIAL PRAXIS. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 4(1), 38–46.

Sutrisno, E. (2015). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Kesadaran terhadap Hukum Di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Review Pendidikan Islam, 2(1), 117–136.

Ulfah, N. S., & Hamid, S. I. (2017). MODEL PROJECT CITIZEN DALAM PEMBELAJARAN PKN. Jurnal Antologi UPI, 5(1), 134–145.

Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan PKn. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

Apandie, C., & Rahmelia, S. (2022). Project Citizen Mata Kuliah Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya. Jurnal Civic Hukum, 7(2). https://doi.org/10.22219/jch.v7i2.21790