Pengaruh Budaya Semi Militer Terhadap Wawasan Kebangsaan Siswa Di SMK Negeri 2 Turen

Authors

  • Budiono Budiono Universitas Muhammadiyah Malang
  • Moh. Wahyu Kurniawan Univesrsitas Muhammadiyah Malang
  • Sokhifah Nikmah Maulidah Univesrsitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v7i2.22738

Keywords:

Kebudayaan Semi Militer , Pengetahuan Kebangsaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui praktik budaya semi militer di SMKN 2 Turen (2) untuk mengetahui pengetahuan kebangsaan siswa di SMKN 2 Turen (3) untuk mengetahui bagaimana pengaruh budaya semi militer terhadap pengetahuan Wawasan kebangsaan siswa SMKN 2 Turen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa SMKN 2 Turen dengan jumlah sampel 60 orang dengan menggunakan metode purposive random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penyebaran angket yang telah diujicobakan kepada seluruh siswa kelas XII, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, regresi linier sederhana, dan uji korelasi dengan product moment. Hasil penelitian ini adalah (1) budaya semi militer yang diterapkan di SMKN 2 Turen berpengaruh signifikan dengan nilai efisiensi sebesar 2.739 (2) pengetahuan kebangsaan di SMKN 2 Turen berpengaruh signifikan dengan efisiensi sebesar 0,898 (3) ada pengaruh antara budaya semi militer terhadap pengetahuan  wawasan kebangsaan siswa SMKN 2 Turen dengan koefisien dan korelasi sebesar 0,930 dan kontribusi yang diberikan sebesar 86,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara budaya semi militer terhadap pengetahuan kebangsaan di SMKN 2 Turen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Naufal Dzulfaroh. (2020). Diduga di Malaysia, Apakah Indonesia Bisa Menghukum Pembuat Parodi Lagu Indonesia Raya. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/12/29/063100865/diduga-di-malaysia-apakah-indonesia-bisa-menghukum-pembuat-parodi-lagu?page=all di akses pada 29 Januari 2021

Apriani, D. (2020). Tinjauan Fiqh Iyasah terhadap Konsep Wawasan Kebangsaan Indonesia (Studi Analisis Terhadap Pendapat Pengurus Majelis Ulama Indonesia Provinsi Lampung). UIN Raden Intan Lampung.

Arikunto. (2019). Metodelogi Penelitian, Suatu Pengantar Pendidikan. In Rineka Cipta, Jakarta.

Bria, M. E. (2017). Penguatan Wawasan Kebangsaan Peserta Didik di Daerah Perbatasan Indonesia-Timor Leste Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal UIN Banten

Danniarti, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Pendukung Tumbuh Kembang Wawasan Kebangsaan pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 7 Palembang. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 187–202.

Fauzi, A. (2017). Wawasan Kebangsaan Siswa MTs dan SMP. Jurnal UAD Yogyakarta

Mawadah, D. A. (2019). Kedisiplinan Siswa dalam Mentaati Tata Tertib pada Sekolah Berpendidikan Semi Militer di SMKN 1 Jetis Kabupaten Mojokerto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2).

Najib, I. N. A. (2013). Penanaman sikap nasionalistik melalui mata pelajaran muatan lokal wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII di SMP N 1 Nglegok Kabupaten Blitar. Universitas Negeri Malang.

Noor, J. (2016). Metodologi Penelitian. Prenada Media Group.

Normina, N. (2018). Pendidikan Dalam Kebudayaan. ITTIHAD, 15(28), 17–28.

Nugraha, N. (2017). Peran Guru dalam Upaya Pembentukan Wawasan Kebangsaan pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Barat Kabupaten Magetan Tahun Ajaran 2015/2016. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 13–23.

Rahmawati, Y. (2012). Pengenalan Budaya Melalui Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).

riya Mahartika, R. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Semi Militer di Akademi Maritim Sapta Samudra Padang. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 5(1), 14–30.

Samani, M. (2013). Pendidikan karakter konsep dan model. PT Remaja Rosdakarya.

Setyorini, A., & Kuncoro, J. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Tingkat Stress terhadap Program Wajib Asrama dan Pendidikan Semi Militer pada Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Proyeksi. https://doi.org/10.30659/jp.14.1.63-73

Setyosari, H. P. (2016). Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Prenada Media.

Sidqi, T., & Zubair, K. (2018). Aktualisasi Kegiatan Bela Negara di Sekolah. Jurnal Progress, 6(1), 259873.

Solong, N. P., & Busa, I. (2020). Pembinaan Disiplin Pola Semi Militer dan Keagamaan dalam Sistem Boarding School di SMA Terpadu Wirabhakti Gorontalo. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 5(2), 210–225.

Sugiono, P. D. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian pendidikan pendekatan kuantitatifa, kualitatif dan R&D. Universitas Pendidikan Indonesia.

Suhady, I., & Sinaga, A. . (2006). Wawasan Kebangsaan dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (Tahun 2006). Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

Suhady, I., & Sinaga, A. . (2014). Wawasan Kebangsaan Dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. In Jakarta, LAN.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.

Sutarmi, S., Raharjo, T. J., & Pramono, S. E. (2016). Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter sebagai Landasan Wawasan Kebangsaan di SMK Negeri 1 Kendal Kabupaten Kendal. Journal of Educational Social Studies, 5(2), 136–144.

Syahira, S., & Cahyaningtyas, I. (2019). Pembinaan Semi Militer sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral terhadap Anak Didik Pemasyarakatan. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 1(1), 93–105.

Tachyudin, M., Cahyono, H., & Utami, P. S. (2020). Penguatan Civic Literasi Dalam Membentuk Wawasan Kebangsaan. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 4(2 Extra), 31–39.

Widayanti, W. P., Armawi, A., & Andayani, B. (2018). Wawasan kebangsaan siswa sekolah menengah atas dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa (Studi pada siswa sekolah menengah atas (SMA) umum berasrama berwawasan nusantara, SMA umum di lingkungan militer dan SMA umum di luar lingkungan militer di k. Jurnal Ketahanan Nasional, 24(1), 1–26.

Winarno. (2019). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan: Panduan Kuliah di Perguruan Tinggi. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=Gq_xDwAAQBAJ di akses pada 29 Januari 2021

Yuristia, A. (2018). Pendidikan Sebagai Transformasi Kebudayaan. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1).

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Budiono, B., Kurniawan, M. W., & Maulidah, S. N. (2022). Pengaruh Budaya Semi Militer Terhadap Wawasan Kebangsaan Siswa Di SMK Negeri 2 Turen. Jurnal Civic Hukum, 7(2). https://doi.org/10.22219/jch.v7i2.22738