Pengaruh Budaya Semi Militer Terhadap Wawasan Kebangsaan Siswa Di SMK Negeri 2 Turen
DOI:
https://doi.org/10.22219/jch.v7i2.22738Keywords:
Kebudayaan Semi Militer , Pengetahuan KebangsaanAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui praktik budaya semi militer di SMKN 2 Turen (2) untuk mengetahui pengetahuan kebangsaan siswa di SMKN 2 Turen (3) untuk mengetahui bagaimana pengaruh budaya semi militer terhadap pengetahuan Wawasan kebangsaan siswa SMKN 2 Turen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa SMKN 2 Turen dengan jumlah sampel 60 orang dengan menggunakan metode purposive random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penyebaran angket yang telah diujicobakan kepada seluruh siswa kelas XII, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, regresi linier sederhana, dan uji korelasi dengan product moment. Hasil penelitian ini adalah (1) budaya semi militer yang diterapkan di SMKN 2 Turen berpengaruh signifikan dengan nilai efisiensi sebesar 2.739 (2) pengetahuan kebangsaan di SMKN 2 Turen berpengaruh signifikan dengan efisiensi sebesar 0,898 (3) ada pengaruh antara budaya semi militer terhadap pengetahuan wawasan kebangsaan siswa SMKN 2 Turen dengan koefisien dan korelasi sebesar 0,930 dan kontribusi yang diberikan sebesar 86,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara budaya semi militer terhadap pengetahuan kebangsaan di SMKN 2 Turen.
Downloads
References
Ahmad Naufal Dzulfaroh. (2020). Diduga di Malaysia, Apakah Indonesia Bisa Menghukum Pembuat Parodi Lagu Indonesia Raya. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/12/29/063100865/diduga-di-malaysia-apakah-indonesia-bisa-menghukum-pembuat-parodi-lagu?page=all di akses pada 29 Januari 2021
Apriani, D. (2020). Tinjauan Fiqh Iyasah terhadap Konsep Wawasan Kebangsaan Indonesia (Studi Analisis Terhadap Pendapat Pengurus Majelis Ulama Indonesia Provinsi Lampung). UIN Raden Intan Lampung.
Arikunto. (2019). Metodelogi Penelitian, Suatu Pengantar Pendidikan. In Rineka Cipta, Jakarta.
Bria, M. E. (2017). Penguatan Wawasan Kebangsaan Peserta Didik di Daerah Perbatasan Indonesia-Timor Leste Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal UIN Banten
Danniarti, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Pendukung Tumbuh Kembang Wawasan Kebangsaan pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 7 Palembang. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 187–202.
Fauzi, A. (2017). Wawasan Kebangsaan Siswa MTs dan SMP. Jurnal UAD Yogyakarta
Mawadah, D. A. (2019). Kedisiplinan Siswa dalam Mentaati Tata Tertib pada Sekolah Berpendidikan Semi Militer di SMKN 1 Jetis Kabupaten Mojokerto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2).
Najib, I. N. A. (2013). Penanaman sikap nasionalistik melalui mata pelajaran muatan lokal wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII di SMP N 1 Nglegok Kabupaten Blitar. Universitas Negeri Malang.
Noor, J. (2016). Metodologi Penelitian. Prenada Media Group.
Normina, N. (2018). Pendidikan Dalam Kebudayaan. ITTIHAD, 15(28), 17–28.
Nugraha, N. (2017). Peran Guru dalam Upaya Pembentukan Wawasan Kebangsaan pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Barat Kabupaten Magetan Tahun Ajaran 2015/2016. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 13–23.
Rahmawati, Y. (2012). Pengenalan Budaya Melalui Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).
riya Mahartika, R. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Semi Militer di Akademi Maritim Sapta Samudra Padang. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 5(1), 14–30.
Samani, M. (2013). Pendidikan karakter konsep dan model. PT Remaja Rosdakarya.
Setyorini, A., & Kuncoro, J. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Tingkat Stress terhadap Program Wajib Asrama dan Pendidikan Semi Militer pada Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Proyeksi. https://doi.org/10.30659/jp.14.1.63-73
Setyosari, H. P. (2016). Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Prenada Media.
Sidqi, T., & Zubair, K. (2018). Aktualisasi Kegiatan Bela Negara di Sekolah. Jurnal Progress, 6(1), 259873.
Solong, N. P., & Busa, I. (2020). Pembinaan Disiplin Pola Semi Militer dan Keagamaan dalam Sistem Boarding School di SMA Terpadu Wirabhakti Gorontalo. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 5(2), 210–225.
Sugiono, P. D. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian pendidikan pendekatan kuantitatifa, kualitatif dan R&D. Universitas Pendidikan Indonesia.
Suhady, I., & Sinaga, A. . (2006). Wawasan Kebangsaan dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (Tahun 2006). Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.
Suhady, I., & Sinaga, A. . (2014). Wawasan Kebangsaan Dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. In Jakarta, LAN.
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.
Sutarmi, S., Raharjo, T. J., & Pramono, S. E. (2016). Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter sebagai Landasan Wawasan Kebangsaan di SMK Negeri 1 Kendal Kabupaten Kendal. Journal of Educational Social Studies, 5(2), 136–144.
Syahira, S., & Cahyaningtyas, I. (2019). Pembinaan Semi Militer sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral terhadap Anak Didik Pemasyarakatan. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 1(1), 93–105.
Tachyudin, M., Cahyono, H., & Utami, P. S. (2020). Penguatan Civic Literasi Dalam Membentuk Wawasan Kebangsaan. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 4(2 Extra), 31–39.
Widayanti, W. P., Armawi, A., & Andayani, B. (2018). Wawasan kebangsaan siswa sekolah menengah atas dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa (Studi pada siswa sekolah menengah atas (SMA) umum berasrama berwawasan nusantara, SMA umum di lingkungan militer dan SMA umum di luar lingkungan militer di k. Jurnal Ketahanan Nasional, 24(1), 1–26.
Winarno. (2019). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan: Panduan Kuliah di Perguruan Tinggi. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=Gq_xDwAAQBAJ di akses pada 29 Januari 2021
Yuristia, A. (2018). Pendidikan Sebagai Transformasi Kebudayaan. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Budiono Budiono, Moh. Wahyu Kurniawan, Sokhifah Nikmah Maulidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)