Penerapan Nilai – Nilai Pancasila Dalam Mengembangkan Sikap Cinta Tanah Air Pada Kurikulum Merdeka Di SMAN 2 Trenggalek

Authors

  • Muhammad Irwawan Siswantoro STKIP PGRI TRENGGALEK

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v8i2.25892

Keywords:

Nilai-nilai Pancasila, Sikap Cinta Tanah Air , Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai Pancasila dalam mengembangkan sikap cinta tanah air pada kurikulum merdeka. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif melalui teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Penelitian dilaksanakn di SMAN 2 Trenggalek dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Dari hasil observasi penelitian, peneliti menemukan terdapat beberapa strategi yang dilakukan oleh guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila pada kurikulum merdeka, yaitu pelaksanaan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang didalamnya terdapat projek dengan mengangkat tema kearifan lokal di Trenggalek dan juga kegiatan pembiasaan baik itu terencana maupun tidak terencana yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, guru sudah melaksanakan strategi ini dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliya, D. C., Amin, L. H., & Rochmawan, A. E. (2023). Efektivitas Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Kemampuan Kognitif Matematika Siswa Mi Ta’mirul Islam Surakarta. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(2), 607-615.

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3).

Barkah, A. I. (2023). Implementasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Budiwati, R., & Fauziati, E. (2022). Merdeka Belajar dalam Perspektif Ki Hajar Dewantara. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1).

Desfriyati, D., Indah, A. P. N., Rustini, T., & Arifin, M. H. (2022). Menanamkan Sikap Mencintai Budaya Lokal Di Era Globalisasi Pada Anak SD. ASANKA: Journal of Social Science and Education, 3(1), 47-54.

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553-559.

Hartanto, D. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Nilai-nilai Kearifan Lokal pada siswa-siswi SMA Al Ma’shum Kisaran. Jurnal Sintaksis, 5(1), 42-51.

Hasanah, U. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Kalangan Generasi Millenial Untuk Membendung Diri Dari Dampak Negatif Revolusi Indutri 4.0. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 52-59.

Indriyani, R., Arnina, A., Nasruddin, I., & Noviani, D. (2023). Hakikat Kurikulum Dalam Dunia Pendidikan. As-Shuffah, 11(1), 01-10.

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1, 10-15.

Jannah, F., Irtifa’Fathuddin, T., & Zahra, P. F. A. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar 2022. Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 4(2), 55-65.

Maharani, S. P. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Sekolah Penggerak. Dahlia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 34-43.

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: jurnal pemikiran dan pendidikan islam, 5(2), 130-138.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis (2nd ed.). Sage Publication.

Mulyasa, H. E. (2021). Implementasi kurikulum 2013 revisi: dalam era industri 4.0. Bumi Aksara.

Munawar, M. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 65–72.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625.

Rukiyati, R. (2019). Tujuan Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Pancasila. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(1), 56-69.

Salma, I. M., & Yuli, R. R. (2023). Membangun Paradigma tentang Makna Guru pada Pembelajaran Culturally Responsive Teaching dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Era Abad 21. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Suratno, J., Sari, D. P., & Bani, A. (2022). Kurikulum dan Model-model Pengembangannya. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(1).

Sutrisno. (2022). Guru Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era. ZAHRA: Research And Tought Elmentary School Of Islam Journal, 3(1), 52–60.

Tim Panitia Kongres Pancasila IX. (2017). Pancasila dasar negara: Kursus Presiden Soekarno tentang Pancasila. Gadjah Mada University Press.

Wiyani, N. A. (2022). Merdeka Belajar Untuk Menumbuhkan Kearifan Lokal Berbasis Nilai Pancasila Pada Lembaga Paud. Antroposen: Journal of Social Studies and Humaniora, 1(2), 63-74.

Yang, A., & Suhendah, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Sebagai Pedoman Pendidikan Anak Usia Dini Sanggar Kreativitas

Downloads

Published

2023-11-09

How to Cite

Muhammad Irwawan Siswantoro. (2023). Penerapan Nilai – Nilai Pancasila Dalam Mengembangkan Sikap Cinta Tanah Air Pada Kurikulum Merdeka Di SMAN 2 Trenggalek. Jurnal Civic Hukum, 8(2). https://doi.org/10.22219/jch.v8i2.25892