Penilaian Afektif Dalam Pembelajaran PPKn Tingkat SMA: Persepsi Dan Implementasi Guru

Authors

  • Dwi Riyanti Universitas Terbuka
  • Ary Purwantiningsih Universitas Terbuka
  • Toba Sastrawan Manik Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v8i2.26325

Keywords:

Penilaian afektif, Pembelajaran PPKn

Abstract

Penilaian Afektif adalah salah satu aspek yang ditekankan dalam setiap kurikulum. Dalam pembelajaran PPKn, Penilaian Afektif tidak terpisahkan seiring dengan tujuan pembelajaran PPKn yang bertujuan untuk menciptakan warganegara yang berkarakter dan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Tujuan penelitian ialah untuk mendeskripsikan penilaian afektif dalam pembelajaran PPKn sesuai dengan persepsi dan implementasi guru. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan guru sebagai subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini 3guru  SMK Swasta Budi Agung Medan, SMA Negeri 1 Tanah Masa (Nias), dan MAN Batubara. Data dikumpulkan dengan melakukan angket Googleform, dokumentasi, dan wawancara semi terstruktur. Hasil dari penelitian ini ialah guru memahami pentingnya penilaian afektif terhadap siswa; guru telah mengimplementasikan penilaian afektif dengan dua metode yakni observasi dan penilaian diri. Penilaian dilakukan setiap pembelajaran berlangsung, akhir materi pembelajaran, dan tergantung pada Buku Guru. Guru belum mengembangkan instrumen sendiri dan menggunakan apa yang disediakan dalam Buku Guru. penelitian ini perlu untuk diteliti lebih mendalam agar kesulitan guru-guru dalam penilaian afektif bisa digali lebih mendalam.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Toba Sastrawan Manik, Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan

 

 

References

Ainley, M. (2006). Connecting with learning: Motivation, affect and cognition in interest processes. Educational Psychology Review, 18(4), 391–405. https://doi.org/10.1007/s10648-006-9033-0

Alifah, F. N. (2019). Pengembangan Strategi Pembelajaran Afektif. Tadrib, 5(1), 68–86. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.2587

Allen, K. N., & Friedman, B. D. (2010). Affective learning : A taxonomy for teaching social work values Affective learning : A taxonomy for teaching social work values. Journal of Social Work Values and Ethics, 7(2), 1–12.

Anderson, L. W. (2003). Classroom assessment: Enhancing the quality of teacher decision making. In Classroom Assessment. Lawrence Erlbaum Associates, Publishers. https://doi.org/10.4324/9781410607140

Anderson, L. W., & Bourke, S. F. (2000). Assessing affective characteristics in the schools, second edition. In Assessing Affective Characteristics in the Schools, Second Edition. Lawrence Erlbaum Associates, Publishers. https://doi.org/10.4324/9781410605443

Bahmuller, C. F., & Patrick, J. J. (Eds.). (1999). Principles and Practices of Education for Democratic Citizenship: International Perspectives and Projects. Idiana University.

Black, P., & William, D. (2006). Assessment for Learning in the Classroom. In J. Gardner (Ed.), Assessment and Learning. SAGE Publications.

Boyd, B. L., Dooley, K. E., & Felton, S. (2006). Measuring Learning In The Affective Domain Using Reflective Writing About A Virtual International Agriculture Experience. Journal of Agricultural Education, 47(3), 24–32. https://doi.org/10.5032/jae.2006.03024

Branson, M. S. (1999). Belajar “Civic Education” dari Amerika. LKis Yogyakarta.

Effendi, I., Prawitasari, M., & Susanto, H. (2021). Implementasi penilaian pembelajaran pada Kurikulum 2013 mata pelajaran sejarha. Prabayaksa : Journal of History Education, 1(1), 21–25.

Faris, F. Al. (2015). Kurikulum 2013 Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Progressivisme. Jurnal Filsafat, 25(1), 316–338.

Forman, S. G. (1987). Affective and social interventions in the schools. Special Services in the Schools, 3(3–4), 1–4. https://doi.org/10.1300/J008v03n03_01

Gable, R. K. (1986). Instrumen Development in Affective Domain. Springer Science+Business Media.

Gagné, R. M. (1984). Learning outcomes and their effects: Useful categories of human performance. American Psychologist, 39(4), 377–385. https://doi.org/10.1037/0003-066X.39.4.377

H, S. (2019). The implementation of affective domain assessment in elementary school. Dalam E. Retnowati, A. Ghufron, Marzuki, Kasiyan, A. C. Pierawan, & Ashadi (Eds.), Character Education for 21st Century Global Citizens (pp. 607–614). Taylor & Francis Group. https://doi.org/10.1201/9781315104188-65

Harlen, W. (2005). Teachers’ summative practices and assessment for learning – tensions and synergies. The Curriculum Journal, 16(2), 207–223. https://doi.org/10.1080/09585170500136093

Helmke, A. (1989). Affective student characteristics and cognitive development: Problems, pitfalls, perspectives. International Journal of Educational Research, 13(8), 915–932. https://doi.org/10.1016/0883-0355(89)90073-6

Krathwohl, D. R., Bloom, B. S., & Masia, B. B. (1964a). Taxonomy of educational objectives: Tha classification of educational goals. Longman.

Krathwohl, D. R., Bloom, B. S., & Masia, B. B. (1964b). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. Longman.

Kurniati, K., Widodo, R., & Budiono, B. (2018). Peranan Guru Pkn Dalam Pembentukan Kedisiplinan Siswa Di Man Malang 1. Jurnal Civic Hukum, 3(2), 163. https://doi.org/10.22219/jch.v3i2.8657

Lestari, S. A. (2021). Pengaruh mata kuliah pendidikan pancasila dan kewarganegaraan terhadap sikap ideologi pancasila mahasiswa. Jurnal: Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 445–454. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk/article/view/7820/3749

Lexy J.Moleong. (2014). Metodologi Penelitian (33rd ed.). PT. Remaja RosdaKarya.

Mardiana, & Suyata, P. (2017). Evaluating The Philosophical Foundation of 2013 Curriculum. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 175–188. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/pep.v21i2.13336.

Marniati, N. (2018). Implementasi Penilaian Afektif dalam Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pariaman (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Marzano, R. J. (2006). Classroom assesment % grading that work. Association for Supervision and Curriculum Development.

McCoach, D. B., Gable, R. K., Madura, J. P., McCoach, D. B., Gable, R. K., & Madura, J. P. (2013). Defining, Measuring, and Scaling Affective Constructs. In Instrument Development in the Affective Domain (3rd Editio). Springer. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-7135-6

Nanggala, A., & Suryadi, K. (2022). Realisasi citizenship education melalui program kampus merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(1), 68–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um019v7i1p68-76

Noviansyah, A. (2020). Objek Assesment, Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam Volume, 1(2), 136–149. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3832/2780

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Rizqiani, A., & Wijayanti, T. (2022). Implementasi Penilaian Ppkn Di Sma Negeri 1 Bumiayu Kabupaten Brebes. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(2), 132–139. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.58873

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173

Singer, A. J., Maureen Murphy, S., & Hines, M. (2003). Teaching to learn, Learning to teach: A Handbook for Secondary School Teacher. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Subandi. (2014). Pengembangan kurikulum 2013 (Studi analitis dan substantif kebijakan kurikulum nasional). Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(1), 18–36. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v1i1.1302

Tyler, R. W. (1972). Assessing Educational Achievement in the Affective Domain. NCME Measurement in Education. Vol. 4, No. 3, Spring, 1973. http://eric.ed.gov/?q=Ralph+W.+Tyler&ft=on&ff1=autTyler%2C+Ralph+W.&id=ED099394

Ulumudin, I., & Fujianita, S. (2019). The implementation of attitude assessment in Curriculum 2013 at elementary schools. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 23(1), 46–56. https://doi.org/10.21831/pep.v23i1.23391

Widiyanto, D., & Istiqomah, A. (2020). Evaluasi Penialian Proses dan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 51–61. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/5385

Wragg, E. C. (2001). Assessment and Learning in the Secondary School. In Assessment and Learning in the Secondary School. RoutledgeFalmer. https://doi.org/10.4324/9780203277980

Pembelajaran dan Penilaian Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/SMK/MA/MAK) Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2023-11-09

How to Cite

Riyanti, D., Purwantiningsih, A., & Manik, T. S. (2023). Penilaian Afektif Dalam Pembelajaran PPKn Tingkat SMA: Persepsi Dan Implementasi Guru. Jurnal Civic Hukum, 8(2). https://doi.org/10.22219/jch.v8i2.26325