Model Value Clarification Technique Dalam Membentuk Kecerdasan Kewarganegaraan Pada Pembelajaran Hukum Tata Negara

Authors

  • Hotma Siregar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Jamaludin Jamaludin Universitas Negeri Medan
  • Moad Moad IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v8i2.26728

Keywords:

Model Value Clarification Technique, Kecerdasan Kewarganegaraan , Hukum Tata Negara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terbentuknya kecerdasan kewarganegaraan melalui mata kuliah Hukum Tata Negara yang dilaksanakan dengan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam enam kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyajian lembar observasi dan lembar asesmen. Lembar asesmen terdiri dari 10 soal dengan model menjodohkan yang diberikan pada saat pretest yang mencakup tujuh indikator ketercapaian kecerdasan kewarganegaraan. Diakhir pembelajaran diberikan lembar asesmen dalam bentuk postest dengan memberikan pertanyaan. Setelah melalui tahapan-tahapan penelitian, maka data-data yang terkumpul akan dianalisis. Pada penelitian tindakan dengan pendekatan kualitatif menggunakan analisis yang bersifat naratif kualitatif atau dengan kata lain menguraikan/menjelaskan secara jelas dilihat dari proses sampai hasil temuan yang diperoleh dalam pelaksanaan tindakan. Berdasarkan kajian analisis dari 16 orang mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Hukum Tata Negara, maka terlihat kecenderungan kecerdasan mahasiswa dengan memberikan tanggapan bahwa mata kuliah tersebut berkontribusi terhadap kecerdasan warga negara dalam aspek pengetahuan dan keterampilan civic knowledge & civic skill. Sedangkan pada sikap dan tindakan mahasiswa dapat di tekankan pada aspek civic disposition, civic confidence, civic commitment, civic competence dan civic culture.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggono, B. D. (2019). Telaah Peran Partai Politik untuk Mewujudkan Peraturan Perundang-Undangan yang Berdasarkan Pancasila Analysis of the Role of Political Parties to Achieve Pancasila Based Regulation. Jurnal Konstitusi, 1(6), 696-720

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Asshiddiqie, J. (2006). Pengantar ilmu hukum tata negara jilid II. Jakarta: Sekretariat Jendral dan Kepaniteraan MK RI

Basit, A., Prastiwi, R., Ika, R., & Lutvia, L. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di Kelas VII SMP Islam Abd Wahid Pajarakan Kulon Kabupaten Probolinggo. Publicio: Jurnal Ilmiah Politik, Kebijakan Dan Sosial, 1(2), 36.

Chotimah, U. (2012). Alternatif pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sebagai upaya mencapai civic intelegence, civic participa tion dalam civic responsibility disampaikan dalam prisiding seminar nasional pendidikan 2012. Palembang.

Haris, F. (2013). Penerapan model pembelajaran VCT (value clarification technique) untuk meningkatkan kesadaran nilai menghargai jasa pahlawan pada siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–11.

Jamaludin, J. (2020). Membangun Nalar Pengetahuan Warga Negara Melalui Buku Digital Dikalangan Mahasiswa. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 769–776. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i2.296

Jamaludin, J., Brata, D. P. N., Fitrayadi, D. S., Manullang, S. O., Salamun, S., Fadilah, N., Pinem, W., Syafrizal, S., & Moad, M. (2021). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Yayasan Kita Menulis.

Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mtsn dengan menggunakan metode open ended di Bandung Barat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178–186.

Masrukhi, M. (2018). Pengembangan Civic Intellegence Berbasis Kegiatan Ekstra Kurikuler Di Sekolah Dasar. Integralistik, 29(1), 15.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Moleong, L. J. (2014). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad, M., Reinita, R., & Fitria, Y. (2020). Pendekatan Value Clarification Technique dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1480–1493.

Murdiono, M., & Wuryandani, W. (2021). Civic and nationalism education for young Indonesian generation in the globalization era. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), 158–171.

Nana Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural DalamNajmina, N.(2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10 (1), 52. Https://Doi. Org/10.24114/Jupiis. V10i1. 8389 Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 52.

Nuruddin, & Muhasim, A. (2022). Hukum Tata Negara Indonesia. Lombok: CV. Alfa Press.

Pito, T. A., IP, S., Efriza, S., Fasyah, K., & IP, S. (2022). Mengenal teori-teori politik: dari sistem politik sampai korupsi. Nuansa Cendekia.

Pramana, A. P. (2022). Pola Rekrutmen Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Pada Pemilu Serentak Tahun 2019 Di Kabupaten Blitar. Universitas Muhammadiyah Malang.

Rinenggo, A., & Kusdarini, E. (2021). Moral values and methods of moral education at Samin community. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), 26–37.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta. Kencana Prenada Media.

Sartika, L. D., Joebagio, H., & Susanto, S. (2020). Model Pembelajaran IPS Terintegrasi Nilai-Nilai Catur Guru sebagai Civic Intelligence di Bali. Yupa: Historical Studies Journal, 4(1), 1–8.

Septiani, Y., Aribbe, E., & Diansyah, R. (2020). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(1), 131–143.

Sukitman, T. (2016). Internalisasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran (Upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkarakter). Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(2), 85–96.

Sutiyono, S. (2018). Reformulasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk Menguatkan Nasionalisme Warga Negara Muda Di Wilayah Perbatasan. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 1–16.

Taufikkurrahman, T. (2019). Fungsi partai politik pada kekuasaan eksekutif dan legislatif berdasar pada sistem pemerintahan di Indonesia. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(2), 145–153.

Windu, I. P., & Sujana, M. (2022). Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Sebagai Upaya Mewujudkan Smart And Good Citizenship. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 10(3), 118–124.

Yunita, S., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Pemenuhan Hak Dan Kewajiban Warga Negara Dalam Pelaksanaannya Berdasarkan Undang-Undang. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(12), 429-436

Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Downloads

Published

2023-11-09

How to Cite

Siregar, H., Jamaludin, J., & Moad, M. (2023). Model Value Clarification Technique Dalam Membentuk Kecerdasan Kewarganegaraan Pada Pembelajaran Hukum Tata Negara. Jurnal Civic Hukum, 8(2). https://doi.org/10.22219/jch.v8i2.26728