PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP PERKEMBANGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG

Authors

  • Moh Salahuddin FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
  • Nurbani Yusuf FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
  • Budiono Budiono FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v3i1.7728

Keywords:

Peers association, Learning motivation, SMP Muhammadiyah 1 Malang

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai pengaruh teman sebaya terhadap
perkembangan motivasi belajar siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Malang. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluru kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Malang dan sampelnya adalah siswa kelas VIII A dengan jumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelian ini menggunakan dokumentasi dan angket koesioner. Uji prasarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas, uji hipotesis menggunakan uji korelasi Product moment. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan positif dan signifikan
antara pergaulan teman sebaya dengan motivasi belajar yang di tunjukan dari hasil rhitung yang dipeolah dengan bantuan SPSS sebeser 0,575, sedangkan rtabel dengan N = 33 pada taraf kesalahan 5% sebesar 0,344, sehingga ρ hitung > ρ tabel (0,575 > 0,344). Selanjutnya ditemukan bahwa mayoritas siswa memiliki skor pergaulan teman sebaya yang berada pada kategori sedang dengan presentase 66,7% dan mayoritas siswa peda motivasi belajar juga
termasuk dalam kategori sedang dengan presentase yaitu sebesar 75,8%.
Kata Kunci : Pergaulan teman sebaya, Motivasi belajar, SMP Muhammadiyah 1 Malang.
ABSTRACT
The purpose of this research is to know how the thepeers’s influence toward
development of students’s learning motivation at VIII A Class SMP Muhammadiyah 1 Malang. The kind of this research used ex-post facto with quantitative research. The population is the whole VIII class at SMP Muhammadiyah 1 Malang and the sample is the students who is in Class VIII A with amount 33 people. The data collection in this research used documentation and questionnaire. Test prerequisite analysis using normality test and linearity test, hypothesis test using product moment correlation test. The result of this
study showed that there was a positive and significant correlation between peer
association with learning motivation which showed from the result of rhitung which if with the help of SPSS shift 0,575, while rtabel with N = 33 at 5% error level 0,344, so r hitung>r tabel (0,575 > 0.344). Furthermore it was found that the majority of students have peer social scores that are in the medium category with a percentage of 66.7% and the majority of students pedamotivasibelajr also included in the category of premises premisesdenga 75.8%.
Keywords: Peers association, Learning motivation, SMP Muhammadiyah 1 Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-05-30

How to Cite

Salahuddin, M., Yusuf, N., & Budiono, B. (2018). PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP PERKEMBANGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG. Jurnal Civic Hukum, 3(1), 52–61. https://doi.org/10.22219/jch.v3i1.7728

Issue

Section

Articles