Analisis Dekadensi Moral Dalam Proses Pembelajaran PPKn di SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Kota Malang

Authors

  • Dea Kantri Nurcahya Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v4i2.9182

Keywords:

Dekadensi Moral, Proses Pembelajaran PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk dekadensi moral dalam proses pembelajaran PPKn; (2) faktor penyebab terjadinya dekadensi moral; dan (3) cara mengatasi dekadensi moral. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Kota Malang dari Agustus 2018 sampai April 2019. Subjek penelitian antara lain Guru BK, Guru PPKn dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tahap akhir adalah menguji keabsahan data dengan prosedur Triangulasi Teknik. Hasil penelitian (1) Berupa telat, ramai, tertidur, tidak mendengarkan guru, mencontek, kurang disiplin, kurang sopan, terlambat mengumpulkan tugas. (2) Faktor penyebab yakni faktor global dan faktor spesifik, faktor global meliputi faktor cari perhatian, broken home, latar belakang keluarga menengah kebawah, pergaulan, globalisasi, sedangkan faktor spesifik yakni faktor saling menggoda siswa, tidak membawa buku pelajaran, malas dan kurang semangat, dan jam pelajaran yang salah. (3) Solusi mengatasi dekadensi moral yaitu guru menasehati siswa, siswa diberikan hukuman yang bersifat mendidik, dan apabila sudah terlampau fatal siswa diajak berembuk dengan guru disertai campur tangan BK dan Wali Kelas setelah itu diselesaikan dengan Kepala Sekolah dan siswa disuruh shalat taubat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-11-25

How to Cite

Nurcahya, D. K. (2019). Analisis Dekadensi Moral Dalam Proses Pembelajaran PPKn di SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Kota Malang. Jurnal Civic Hukum, 4(2), 114–121. https://doi.org/10.22219/jch.v4i2.9182