Revitalisasi Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Peneguhan Kesadaran Nasional Pada Siswa SMAN 01 Batu

Authors

  • Fiky Inmandari Universitas Muhammadiyah Malang
  • Nurbani Yusuf
  • Trisakti Handayani Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v5i1.9367

Keywords:

Pendidikan karakter, kesadaran nasional, revitalisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan penerapan pendidikan karakter di SMA Negeri 01 Kota Batu, (2) menjelaskan kendala yang dihadapi dalam proses penerapannya, (3) menganalisis revitalisasi yang dilakukan sebagai upaya peneguhan kesadaran nasional pada siswa. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian yaitu, guru PPKn, Waka Kesiswaan, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan wawancara secara langsung terhadap informan. Data dianalisis melalui tahap pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilaksanakan dengan teknik triangulasi metode hasil yang diperoleh dalam penelitian yakni, (1) penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran dikelas, sosialisasi, dan skegiatan ekstrakulikuler maupun intrakulikuler (2) kendala adanya ketidaksinergian antara nilai-nilai yang diterapkan disekolah dengan nilai-nilai yang dierapkan diluar sekolah (3) revitalisasi berjalan konstan dan konsisten, tidak hanya melalui pembelajaran, dan sosialisasi tetapi juga melalui prakter secara langsung

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Fiky Inmandari, Universitas Muhammadiyah Malang

Nama: Fiky inmandari

Jurusan: Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila

Fakultas: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Arsyad, Azhar. (2011). Strategi dan Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa di Perguruan Tinggi. Makalah Ilmu Pendidikan disajikan pada ACIS ke-11. Dalam Yeni Asmara, (Online), https://yeni-asmara.blogspot.com , diakses 2 Januari 2019

Daryanto, & Suyatri Darmiyatun. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Firmansyah, M Julnis & Anwar, Ali. (2018). KPAI: Tawuran Pelajar 2018 Lebih Tinggi Dibanding Tahun Lalu. TEMPO,(online), diakses melalui (https://www.google.com/amp/s/metro.tempo.co/amp1125876/kpai-tawuran-pelajar-2018-lebih-tinggi-dibanding -tahun-lalu), diakses 2 Januari 2019.

Hadi, Yulianto. (2014). Dinamika Penanaman Nilai-Nilai Bela Negara Kadet Maguwo Dalam Perspektif Historis. Jurnal Pembangunan Pendidikan, Vol 02 No 02 hal 210-221.

Hamid, Edi Suandi. (2012). Peran Pendidikan Untuk Mengukuhkan Nasionalisme Dan Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan, Vol 36 No 76 hal 41-46.

Ilahi, Mohammad Takdir. (2014). Gagalnya Pendidikan Karakter (Analisi dan Solusi Pengendalian Karakter Emas Anak Didik). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Iriany, Ieke Sartika. (2014). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Revitalisasi Jati Diri Bangsa. Jurnal Pendidikan, Vol 08 No 01 hal 54-85.

Lestari, Eta Yuni. (2019). Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda Di Era Globalisasi Melalui Penerapan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 1 No 1 hal 20-27.

Lestari, Sri Uji. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Perjuangan Rakyat Sukorejo Kelas IX Di SMA Negeri 1 Sukorejo. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, Vol 6 No 2 hal 205-215.

Maftuh, Bunyamin. (2008). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 2 No 2 hal 134-144.

Maunah, Binti. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 05 No 01 hal 90-101.

Muqoyyidin, Andik Wahyun. (2017). Revitalisasi Pendidikan Karakter dalam Membangun Generasi Andal dan Berbudi Pekerti. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 1 No 1 hal 1-20.

Natasha, Harum. (2012). Revitalisasi Lembaga Pendidikan Dalam Upaya Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Pemikiran Islam, Vol 37 No 1 hal 89-93.

Putri, A Sintya Hapsari. (2018). Penanaman Nilai Nasionalisme Melalui Kegiatan Upacara Hari Senin Pada Siswa SMP Negeri 3 Sawit Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Diterbitkan, (Online), diakses melalui (https://eprints.ums.ac.id), diakses 14 Agustus 2019.

Ramdhani, Muhammad Ali. (2014). Lingkungan Pendidikan Dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8 (1) Hal 28-37.

Saat, Sulaiman. (2015). Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan). Jurnal Al-Ta’dib, Vol 08 No 02 hal 1-17.

Setiawati, Nanda Ayu. (2017). Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal pembangunan Pendidikan, Vol 01 No 01 hal 348-352.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Sutrisno. (2016). Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol 5 hal 29-37.

Yaumi, Muhammad. (2015). Pendidikan Karakter: Landasan Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zulhijra. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah (Studi Multi Kasus di SMA Negeri 01 Batu dan MA Negeri Kota Batu. Malang: Pascasarjana Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Tesis Diterbitka, (Online), ( http://lib.unnes.ac.id/29550/1/1102413021.pdf&ved=), diakses 6 Desember 2018.

Downloads

Published

2020-05-30

How to Cite

Inmandari, F., Yusuf, N., & Handayani, T. (2020). Revitalisasi Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Peneguhan Kesadaran Nasional Pada Siswa SMAN 01 Batu. Jurnal Civic Hukum, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.22219/jch.v5i1.9367

Issue

Section

Articles