RELEVANSI PENDIDKAN PANCASILA DAN POTRET MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Fransiska Novita Eleanora Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Andang Sari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v4i2.9950

Keywords:

pendidikan, mahasiswa, perguruan tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa wujud nyata dari implementasi pendidikan pancasila dan nila-nilai dari setiap sila-sila didalamnya dapat disosialisasikan dengan mengikutsertakan dan melibatkan mahasiswa dalam keikutsertaan tri dharma perguruan tinggi dalam mengembangkan wawasan, pengetahuan bahkan juga keahlian yang sudah didapatkan atau diperoleh selama berada di bangku perkuliahan serta mempraktekkan keahliannya dalam kehidupan ataupun juga terjuan dan ikut serta dala masyarakat, yang sesuai dengan nila-nilai kehidupan dan juga kemanusiaan juga moral dan norma dalam pancasila. Relevansinya dalam mengimplemantasikan  khususnya dalam bidan pennelitian dan juga pengabdian masyarakat, Dengan mendapatkan dan juga memperoleh  ilmu di universitas maka mahasiswa tersebut dapat juga mengamalkan dan mengabdikan dalam di lingkungan tempat tinggalnya, sesuai dengan bidang keahliannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan mengkaji buku-buku dan literatur-literatur. Hasilnya adalah Pengamalan Pancasila yang didapatkan atau diterima mahasiswa di perguruan tinggi dapat diterapkan bukan hanya sebatas dilingkungan tempat, tinggalnya saja tetapi juga kepada implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi itu sendiri, dan hal ini akan berdampak luas kepada mahasiswa itu sendiri dalam lingkungan kerjanya nanti yang akan terlihat jika mahasiswa tersebut sudah lulus dan mendapatkan pekerjaannya, sesuai dengan bidang skili dan pengalamannya selama terjun dan mengabdikan dirinya dalam rangka mengimplementasikan Tri Dharma dari Perguruan Tinggi tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fransiska Novita Eleanora, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Fakultas Hukum

Andang Sari, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Fakultas Hukum

References

Aco Agus, A (2016), Relevansi Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka Di Era Reformasi, Jurnal Office, 2 (2), 229-238

Aqib, Zainal, 2011, Panduan Dan Aplikasi Pendidikan Karakter, Yrma Media, Bandung

Endang Daruni, Asdi 2003, Manusia Seutuhnya Dalam Moral Pancasila, Pustaka Raja, Yogyakarta

Kaelan, 2013, Negara Kebangsaan Pancasila: Kultural, Historis, Filosofis, Yuridis, Dan Aktualisasinya, Paradigma, Yogyakarta, 2013

Puji Asmaroini, Ambiro, (2017), Menjaga Eksistensi Pancasila Dan Penerapannya Bagi Masyarakat Di Era Globalisasi, JPK : Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1 (2), 50-64

Putra, Zulfikar, (2018), Implemetasi Pendidikan Pancasila Sebagai Character Building Mahasiswa Di Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Jurnal Citizenship : Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1 (1), 9-13.

Mulyadi, Dedi, 2014, Internalisasi Nila-Nilai Ideologi Pancasila Dalam Dinamika Demokrasi Dan Perkembangan Ketatanegaraan Indonesia, Refika Aditama, Cetakan Pertama, Bandung

Setijo, Pandji, 2009, Pendidikan pancasila: Perspektif Sejarah Perjuangan Bangsa, Grasindo: Jakarta

Syarbaini, Syahrial, 2011, Pendidikan Pancasila ( Implementasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa) DI PERGURUAN TINGGI, Ghalia Indonesia, Edisi Revisi, Cetakan ke-empat, Bogor

Yusuf, Muri, 2014, Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan Prenadamedia Group, Jakarta

Downloads

Published

2019-11-25

How to Cite

Eleanora, F. N., & Sari, A. (2019). RELEVANSI PENDIDKAN PANCASILA DAN POTRET MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Civic Hukum, 4(2), 122–129. https://doi.org/10.22219/jch.v4i2.9950