RELEVANSI PENDIDKAN PANCASILA DAN POTRET MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.22219/jch.v4i2.9950Keywords:
pendidikan, mahasiswa, perguruan tinggiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa wujud nyata dari implementasi pendidikan pancasila dan nila-nilai dari setiap sila-sila didalamnya dapat disosialisasikan dengan mengikutsertakan dan melibatkan mahasiswa dalam keikutsertaan tri dharma perguruan tinggi dalam mengembangkan wawasan, pengetahuan bahkan juga keahlian yang sudah didapatkan atau diperoleh selama berada di bangku perkuliahan serta mempraktekkan keahliannya dalam kehidupan ataupun juga terjuan dan ikut serta dala masyarakat, yang sesuai dengan nila-nilai kehidupan dan juga kemanusiaan juga moral dan norma dalam pancasila. Relevansinya dalam mengimplemantasikan khususnya dalam bidan pennelitian dan juga pengabdian masyarakat, Dengan mendapatkan dan juga memperoleh ilmu di universitas maka mahasiswa tersebut dapat juga mengamalkan dan mengabdikan dalam di lingkungan tempat tinggalnya, sesuai dengan bidang keahliannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan mengkaji buku-buku dan literatur-literatur. Hasilnya adalah Pengamalan Pancasila yang didapatkan atau diterima mahasiswa di perguruan tinggi dapat diterapkan bukan hanya sebatas dilingkungan tempat, tinggalnya saja tetapi juga kepada implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi itu sendiri, dan hal ini akan berdampak luas kepada mahasiswa itu sendiri dalam lingkungan kerjanya nanti yang akan terlihat jika mahasiswa tersebut sudah lulus dan mendapatkan pekerjaannya, sesuai dengan bidang skili dan pengalamannya selama terjun dan mengabdikan dirinya dalam rangka mengimplementasikan Tri Dharma dari Perguruan Tinggi tersebut.
Downloads
References
Aco Agus, A (2016), Relevansi Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka Di Era Reformasi, Jurnal Office, 2 (2), 229-238
Aqib, Zainal, 2011, Panduan Dan Aplikasi Pendidikan Karakter, Yrma Media, Bandung
Endang Daruni, Asdi 2003, Manusia Seutuhnya Dalam Moral Pancasila, Pustaka Raja, Yogyakarta
Kaelan, 2013, Negara Kebangsaan Pancasila: Kultural, Historis, Filosofis, Yuridis, Dan Aktualisasinya, Paradigma, Yogyakarta, 2013
Puji Asmaroini, Ambiro, (2017), Menjaga Eksistensi Pancasila Dan Penerapannya Bagi Masyarakat Di Era Globalisasi, JPK : Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1 (2), 50-64
Putra, Zulfikar, (2018), Implemetasi Pendidikan Pancasila Sebagai Character Building Mahasiswa Di Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Jurnal Citizenship : Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1 (1), 9-13.
Mulyadi, Dedi, 2014, Internalisasi Nila-Nilai Ideologi Pancasila Dalam Dinamika Demokrasi Dan Perkembangan Ketatanegaraan Indonesia, Refika Aditama, Cetakan Pertama, Bandung
Setijo, Pandji, 2009, Pendidikan pancasila: Perspektif Sejarah Perjuangan Bangsa, Grasindo: Jakarta
Syarbaini, Syahrial, 2011, Pendidikan Pancasila ( Implementasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa) DI PERGURUAN TINGGI, Ghalia Indonesia, Edisi Revisi, Cetakan ke-empat, Bogor
Yusuf, Muri, 2014, Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan Prenadamedia Group, Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)