Transformasi Peran Domestik dan Peran Peran Berbasis GenderPublik Dalam Persepsi Masyarakat di Yogyakarta

Authors

  • Dwi Astuti Universitas Widyamataram Yogyakarta

Keywords:

Tranformasi, Domestic, Gender

Abstract

Persepsi masyarakat tentang peran domestik dan peran publik berbasis gender, teus mengalami perubahan seiring dengan perubahan sosial dan perubahan persepsi dalam masyarakat. Dalam peneltiian terdahulu ditemukan bahwa sudah terjdai kesetaraan gender terkait dengan aspek pendidikan, ekonomi, kesehatan dan politik. Namun kesetaraan dalam aspek-aspek tadi belum terlihat ketika berbicara tentanh beban ganda. Masih muncul ketidakadilan berupa beban ganda pada perempuan. Penelitian ini mencoba untuk menggali lebih jauh seperti apa persepsi masyarakat terkait dengan pembagian peran domestik dan peran publik bebasis gender yang membentuk atau melatarbelakangi munculnya beban ganda ini. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Dilakukan di beberapa wilayah di Yogyakarta, dengan memperhatikan karakteristik  wilayah perdesaan dan wilayah perkotaan. Memang terjadi pergeseran yang cukup besar dalam pembagian pekerjaan domestik dan pekerjaan publik. Saat ini pekerjaan domestik tidak lagi didominasi oleh perempuan dan juga sebaliknya pekerjaan publik tidak lagi didominasi oleh laki-laki. Namun memang jika secara khusus dilihat pada sisi pekerjaan domestik masih lebih banyak dilakukan oleh perempuan. Fenomena yang peneliti amati adalah muculnya pekerjaan kegiatan sosial dalam masyarakat dalam angka yang cukup tinggi. Dan sesuai dengan data untuk pekerjaan ini lebih bnayak dilakukan oleh perempuan jika dibandingkan dengan laki-laki. Persepsi masyarakat sudah tidak lagi bias terkait dengan pembagian pekerjaan publik dan pekerjaan domestik ini. Artinya masyarakat memahami peran tersebut bisa dilakukan oleh kedua-dua jenis kelamin bahkan bisa di pertukarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, Dwi, Melihat Konstruksi Gender dalam Proses Modernisasi di Yogyakarta, POPULIKA, Volume 8, Nomor 1 Tahun 2020.

Fakih, Mansour, 2009, Gender dan Transformasi Sosial, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Gelgel, Ni Made Ras Amanda, Perepmuan Gianyar dan Belenggu Ranah Publik dan Privat, JURNAL KAJIAN BALI, Volime 06, Nomor 02, April 2016.

Habermas, J dalam Ni made Ras Amanda Gelgel, Perepmuan Gianyar dan Belenggu Ranah Publik dan Privat, JURNAL KAJIAN BALI, Volime 06, Nomor 02, April 2016. Hal.180.

Hardiman dalam Ni Made Ras Amanda Gelgel, Perepmuan Gianyar dan Belenggu Ranah Publik dan Privat, JURNAL KAJIAN BALI, Volime 06, Nomor 02, April 2016.

Hakiki, Gaib dan Sugeng Supriyanto, Profil Perepuan Indonesia Tahun 2018, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak, 2018.

Mosse, Julia Cleves, Gender dan Pembangunan, Rifka Nissa Women’S Crisis Center dan Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2007.

Nugroho, Riant, Gender dan Strategi Pengarusutamaannya di Indonesia, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2011.

Nofiyanti, Leny, Perempuan di Sektor Publik, Marwah, Vol. XV, No. 1 Tahun 2016.

Sugiyono, Metoe Penelitian Kuantitatif, Kualitaif dan R & D, Alfabeta, Bandung. Hal. 7-8.

Sukesi, Keppi, Bias Gender Dalam Pekerjaan Rumah Tangga Domestik dan Buruh Migran, JURNAL ANALISIS SOSIAL, Vol. 14. No. 1 Mei 2009.

Usman, Sunyoto, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, Hal. 115 – 119.

Downloads

Published

01-04-2022

How to Cite

Astuti, D. (2022). Transformasi Peran Domestik dan Peran Peran Berbasis GenderPublik Dalam Persepsi Masyarakat di Yogyakarta. Jurnal Partisipatoris, 4(1). Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalpartisipatoris/article/view/18657

Issue

Section

Articles