JARINGAN KERJA FUNGSIONAL USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) KRUPUK DI DESA MULYOARJO LAWANG MALANG

Authors

  • Luluk Dwi Kumalasari Sosiologi FISIP UMM

Keywords:

Fungsional, Jaringan kerja, UKM.

Abstract

Keberhasilan pelaksanaan industri dalan ranah Usaha Kecil dan Menengah tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk jaringan kerja industri itu. Mungkin kita tahu bahwa jaringan memang berpengaruh positif. Tetapi berdasarkan pengamatan awal peneliti, faktor eksternal industrialisasi yang berawal dari kondisi perekonomian negara yang tidak jelas di mata dunia, mau tidak mau juga berimbas pada hubungan jaringan kerja yang ada.  Maka untuk mendapatkan jawaban jelas akan konsep jaringan kerja UKM dalam proses industrinya, peneliti tertarik untuk mengkaji lebih jauh tentang fenomena ini secara spesifik dengan judul Jaringan Kerja fungsional Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Krupuk di Desa Mulyoarjo Lawang Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, dan pengambilan subyek penelitian total sampling (3 pabrik). Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mendiskripsikan tentang bentuk-bentuk jaringan kerja yang selama ini terbentuk dan merupakan jaringan dari industri krupuk di Lawang dalam pelaksanaan usahanya. Dan penelitian yang berjudul jaringan kerja fungsional Usaha Kecil dan Menengah UKM) Krupuk ini, diharapkan mampu menghasilkan konsep baru tentang jaringan kerja. Mengingat selama ini banyak sekali jenis-jenis industri yang ada di Indonesia dan di berbagai Negara yang sangat berperan dalam menunjang perekonomian suatu Negara.

Hasil penelitian ini adalah jaringan kerja yang ada, baik jaringan produksi ataupun jaringan pemasaran yang terbentuk antar pelaku yang terkait dalam industri krupuk di Desa Mulyoarjo Lawang Malang hampir semuanya terjalin dengan baik dan berjalan dua arah. Masing-masing pihak dapat melaksanakan fungsinya masing-masing sesuai dengan kebutuhan yang dikerjasamakan pada proses produksi sampai pemasaran, meski disisi lain masih ada sedikit persoalan yaitu dalam ketidaktepatan waktu dalam penyelesaian perjanjian yang terbentuk, atau yang telah disepakati, dan naik turun harga pasar dari bahan dan penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusyanto, Ruddy. 2007. Jaringan Sosial dalam Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Denzin, Norman K. 2009. Hand Book of Qualitatif Research. Jakarta: Pustaka Pelajar.

John W.Creswell, 1998. Qualitative Inquiry and Research Design. SAGE Publication.

Komariah Aan, Djam’an Satori, 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexi. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Subanar, Harimurti. 2001. Manajemen Usaha Kecil. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UGM.

Sunartiningsih, Agnes. 2004. Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Institusi Lokal. Jogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Susilo Sri Y., Maryatno, 1996. Tulisan dari masalah usaha kecil sampai masalah ekonomi makro. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.

Tambunan, Tulus. 2003. Perekonomian Indonesia, beberapa masalah penting. Jakarta: Ghalia Indonesia

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Luluk Dwi Kumalasari. (2022). JARINGAN KERJA FUNGSIONAL USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) KRUPUK DI DESA MULYOARJO LAWANG MALANG. Jurnal Partisipatoris, 3(2). Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalpartisipatoris/article/view/22393

Issue

Section

Articles