POTENSI PRODUKSI RUANG SPEKULAN DI KAWASAN PHERY – PHERY IBU KOTA NEGARA BARU

Authors

  • Endri Bagus

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp.v4i2.23104

Keywords:

ibu kota negara, komersialisasi lahan, relasi, spekulan

Abstract

Seiring dengan adanya mega proyek pemindahan ibukota negara baru di Kalimantan
Timur. Kehadiran para spekulan tanah yang akan menuai keuntungan tentu tidak dapat
dipisahkan dari kekuatan antarjaringan spekulan, tindakan yang dilakukan oleh para
spekulan, dan relasi kuasa yang dibentuk oleh para spekulan tanah di kawasan Pheryphery Ibu Kota Negara baru. Dari hal tersebut, artikel ini menggunakan pisau analisis
teori Pertukaran Jaringan menurut Ronald Burt, teori Desire Belief Opportunity (DBO)
menurut Peter Headstrom, dan teori Relasi Patron-Klien menurut James Scott. Adapun
metode penelitian dalam artikel ini ialah melalui studi pustaka melalui telaah terhadap
dokumen dan pemberitaan terkait fenomena kemunculan spekulan tanah seiring dengan
dibukanya IKN. Dari artikel ini diharapkan dapat mendeskripsikan dan menganalisis
pola kekuasaan yang dibangun para spekulan dalam komersialisasi tanah melalui
jaringan dan relasi yang dibentuk sehingga menjadi bahan refleksi dan evaluasi setiap
aktor dalam memutuskan perilaku ekonomi yang adaptif di ruang-ruang IKN. Selain itu
agar memupuk dan memantapkan kapasitas, kapabilitas, dan perencanaan setiap aktor
dalam menghadapi meningkatnya iklim sosial ekonomi yang kompetitif dan dinamis
khususnya dalam ruang-ruang urban IKN

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ritzer, George dan Douglas J. Goodman.

Teori Sosiologi dari Klasik Sampai

Perkembangan Mutakhir Teori Sosial

Postmoderen. Yogyakarta : Kreasi Wacana.

Wirawan. 2015. Teori-Teori Sosial dalam

Tiga Paradigma. Jakarta : Prenadamedia

Group.

Hesdstrom, Peter. 2005. Dissecting Social On

the Principles of Analytical Sociology. New

York : Cambridge University Press.

Artikel Jurnal

Nunes, M. & Abreu, A. (2020). Applying

Social Network Analysis to Identify

Project Critical Success Factors.

Journal of Sustainibility, 12 (1503), 32.

Hefni, M. (2009). Patron-Client

Relationship pada Masyarakat

Madura. Jurnal Karsa, 15 (1), 16-17.

Downloads

Published

01-11-2022

How to Cite

Bagus, E. (2022). POTENSI PRODUKSI RUANG SPEKULAN DI KAWASAN PHERY – PHERY IBU KOTA NEGARA BARU. Jurnal Partisipatoris, 4(2). https://doi.org/10.22219/jp.v4i2.23104

Issue

Section

Articles