TUTURAN PERSUASIF DALAM VIDEO BLOG KECANTIKAN: KAJIAN PRAGMASTILISTIKA

Authors

  • Dwi Novitasari Universitas Negeri Surabaya
  • Budinuryanta Yohanes Universitas Negeri Surabaya
  • Suhartono Suhartono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v5i2.10028

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk persuasif dalam kumpulan video blog kecantikan. Data dalam penelitian ini adalah tuturan dari tiga naravlog kecantikan dalam satu konteks pembahasan yang sama. Data dianalisis menggunakan metode analisis pragmatik fungsional. Hasil pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan adanya konsistensi, otoritas, dan pembuktian dari penutur untuk memersuasi penonton. (1) Bentuk tuturan konsistensi terlihat pada saat penutur menunjukkan keadaan sebenarnya tentang sesuatu. Konsistensi adalah sarana utama memperoleh tujuan bertutur. (2) Bentuk kedua adalah otoritas yakni wewenang penutur membuat aturan. Aturan tersebut dibuat untuk mendapatkan kepatuhan terhadap sasaran persuasi. (3) Bentuk ketiga adalah pembuktian, yakni cara menimbulkan kesan yang dilakukan penutur kepada lawan tutur. Cara tersebut menimbulkan kesan bahwa produk yang ditawarkan banyak peminatnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-27

How to Cite

Novitasari, D., Yohanes, B., & Suhartono, S. (2021). TUTURAN PERSUASIF DALAM VIDEO BLOG KECANTIKAN: KAJIAN PRAGMASTILISTIKA. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(2), 168–181. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i2.10028

Issue

Section

Articles