Penerapan Aplikasi 1001 Majas guna mempermudah pemahaman majas siswa SMA di Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.22219/kembara.v6i1.11164Keywords:
Pembelajaran majas, Penerapan aplikasi 1001 Majas, SMA di Kota MalangAbstract
Majas dalam pembelajaran bahasa Indonesia merupakan sebuah objek kajian yang menarik untuk diteliti. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan siswa mengenai majas, sehingga memerlukan sebuah aplikasi yang dapat membantu dan memudahkan siswa dalam belajar majas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan Aplikasi 1001 Majas guna membantu dan mempermudah pemahaman mengenai majas pada siswa SMA di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode persentase deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 7 Malang dan MA Al-Irtiqo’ sebagai populasi penelitian. Total terdapat 5 kelas di SMAN 7 Malang dan 2 kelas di MA Al-Irtiqo’, berdasarkan kondisi tersebut maka digunakan teknik simple random sampling untuk menentukan sampel penelitian, sehingga didapatkan siswa kelas X1 dan X3 di SMAN 7 Malang serta Kelas X1 dan X2 di MA Al-Irtiqo’ sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan Aplikasi 1001 Majas mampu memudahkan pemahaman mengenai majas dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan (2) keberadaan Aplikasi 1001 Majas juga dapat berperan sebagai media pembelajaran yang dapat memberikan manfaat yang berguna pada siswa.Downloads
References
Anggraini, W. R., Sumantri, D. A., Purnomo, S. I., & Anggraini, P. (2019). Pengembangan media pembelajaran majas berbasis teknologi. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 1-8. doi: http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v6i1.1322
Dermawan, R. N., & Santoso, J. (2017). Pemakaian majas dalam novel Anak Semua Bangsa karya Pramoedya Ananta Toer: Studi stiliska. CARAKA, 3(2), 16-35. doi: http://dx.doi.org/10.30738/caraka.v3i2.1828
Dhieni, N., & Fridani, L. (2007). Metode pengembangan bahasa: Hakikat perkembangan bahasa anak. Semarang: IKIP Veteran.
Ekoyanantiasih, R. E. (2015). Majas metafora dalam pemberitaan olahraga di media massa cetak. Pujangga, 1(1), 15-23. Retrieved from http://journal.unas.ac.id/pujangga/article/view/146/68
Fitriyani, F., Bagiya, B., & Santoso, S. D. (2018). Penggunaan majas dalam Novel Cinta di Ujung Sajadah karya Asma Nadia dan skenario pembelajarannya di kelas XII SMA. SURYA BAHTERA, 6(52), 344-352. Retrieved from http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/5452
Hakiky, L. B. D. (2020). Implementasi penggunaan media pembelajaran digital game based learning terhadap motivasi belajar dan keterampilan gerak dasar shooting bola basket. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 72-82. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/24555/11839
Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2). doi: 10.22219/jkpp.v2i2.1917
Indonesia, T. P. P. B. (2016). Pendoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Indriyani, D., Sukirno, S., & Bagiya, B. (2014). Analisis majas novel Cinta di dalam Gelas karya Andrea Hirata dan skenario pembelajarannya di kelas X SMA. SURYA BAHTERA, 2(15), 1-5. Retrieved from http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/4978/4562
JPNN. (2016). Pengguna Bahasa Indonesia 360 Juta Orang.
Kartikasari, G. (2016). Pengaruh media pembelajaran berbasis multimedia terhadap motivasi dan hasil belajar materi sistem pencernaan manusia: studi eksperimen pada Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Pandantoyo. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 16(1), 59-77. doi: 10.21274/dinamika.2016.16.1.59-77
Kastolani, W. (2015). Pengembangan model pembelajaran sts (science-technology society) untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan hidup pada matakuliah ekologi manusia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(1), 1-9. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/1279/893
Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi kognitif peserta didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191-201. doi: https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7504
Maharani, Y. (2015). Efektivitas multimedia pembelajaran interaktif berbasis kurikulum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 3(1), 31-40. Retrieved from https://www.learntechlib.org/author/Yuli+Maharani/
Muhali, M. (2019). Pembelajaran inovatif abad ke-21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 3(2), 25-50. doi: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126
Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). doi: https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Munawar, & Sufa'atin. (2016). Pembangunan aplikasi media pembelajaran dan simulasi troubleshooting televisi. KOMPUTA-Jurnal Komputer & Informatika, 4(1), 1-10. doi: 10.34010/KOMPUTA.V4I1.2401
Munir, S. (2013). Diksi dan majas dalam kumpulan puisi Nyanyian dalam Kelam Karya Sutikno WS: Kajian stilistika. Jurnal Sastra Indonesia, 2(1), 1-10.
Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1), 19-35. doi: https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Oktaviani, I., & Marginingsih, M. (2018). Prototype Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Jurnal Informa, 4(3), 14-19. doi: https://doi.org/10.46808/informa.v4i3.55
Permana, I. (2017). Majas kiasan dalam naskah berita sepak bola di harian berita olahraga Topskor. Semantik, 3(1). doi: https://doi.org/10.22460/semantik.v3i1.p%25p
Pradopo, R. D. (2017). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Pujiastuti, D., Idrus, A., & Emosda, E. (2014). Pengembangan media pembelajaran PKn berbasis multimedia interaktif untuk SMP kelas VIII. Jurnal Tekno-pedagogi, 4(1), 30-41. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pedagogi/article/view/2245
Santoso, S. (2016). Majas dalam Novel Semesta Mendukung Karya Ayuwidya. Jurnal Bastra, 2(1). Retrieved from http://ojs.uho.ac.id/index.php/BASTRA/article/view/1528/1081
Shalikhah, N. D. (2017). Media pembelajaran interaktif lectora inspire sebagai inovasi pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9-16. doi: 10.23917/warta.v19i3.2842
Sugiarti, D. (2015). Pembuatan buku cerita bergambar dengan tokoh Gatotkaca sebagai media pembelajaran kelas B TK Khalifah Surabaya. Jurnal Seni Rupa, 3(1), 64-69. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/10380/10128
Susanti, N., Abdurahman, A., & Ismail, M. (2013). Majas dalam novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye. Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(2), 356-362. doi: https://doi.org/10.24036/1338-019883
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. doi: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Wahyuni, H. F., Semi, M. A., & Hamidin, H. (2012). Majas dalam lirik lagu album top hits Elly Kasim volume 2. Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 364-371. doi: https://doi.org/10.24036/423-019883
Wulandari, R. A., Suyanto, E., & Fuad, M. (2015). Majas dalam kumpulan puisi dan pembelajarannya di SMA. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 3(3), 1-10. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/10401/7112
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa akademik siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88-99. doi: https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289
Yono, R. R., & Mulyani, M. (2017). Majas dan citraan dalam Novel Kerling Si Janda Karya Taufiqurrahman Al-Azizy. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 200-207. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/17286
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with The KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) agree to the following terms:
Articles are published under the Creative Commons Attribution 3.0 Unported License (CC-BY 3.0).
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya are required to cite the original source, including the author's names, KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) as the initial source of publication, year of publication, volume number and DOI (if available).
Authors may publish the manuscript in any other journal or medium but any such subsequent publication must include a notice that the manuscript was initially published by KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal).
Authors grant KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) the right of first publication. Although authors remain the copyright owner, they grant the journal the irrevocable, nonexclusive rights to publish, reproduce, publicly distribute and display, and transmit their article or portions thereof in any manner.