Pengembangan materi bahan ajar menulis puisi dengan menggunakan teknik pemodelan di SMPN 1 Tulungagung

Authors

  • Marista Dwi Rahmayantis Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nurlailiyah Nurlailiyah Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v6i2.14025

Abstract

Keterampilan menulis puisi siswa SMP masih sangat rendah serta belum ada bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Kondisi tersebut mendorong peneliti untuk mengembangkan materi bahan ajar menulis puisi dengan menggunakan teknik pemodelan yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan isi, bahasa, dan sajian bahan ajar menulis puisi dengan menggunakan teknik pemodelan yang dilakukan di SMPN I Tulungagung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah adaptasi dari model pengembangan Dick and Carey. Prosedur pengembangannya meliputi (1) tahap prapengembangan, (2) tahap pengembangan dan uji coba produk, serta (3) tahap revisi produk. Bahan ajar yang telah dikembangkan memiliki tujuh unit yang terdiri dari materi, contoh, latihan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan rerata (1) uji coba tim ahli sebesar 90%, (2) uji coba praktisi sebesar 91%, serta (3) uji lapangan sebesar 89%, sehingga produk layak untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, proses pembelajaran menulis puisi direkomendasikan menggunakan bahan ajar menulis puisi dengan menggunakan teknik pemodelan yang dapat memudahkan siswa dalam menulis puisi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 69-88. doi: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Dick, W., Carey, L., & Carey, J.O. (2009). The systematic design of instruction 7th Ed. United State of America: Pearson Education.

Fitri, R. (2016). Penerapan teknik pemodelan untuk meningkatkan kemampuan menulis surat resmi siswa kelas VIII SMP. Jurnal Gramatika, 2(2), 118-132. doi: 10.22202/jg.2016.v2i2.1200

Habibi, M., Chandra, C., & Azima, N. F. (2019). Pengembangan bahan ajar menulis puisi sebagai upaya mewujudkan literasi sastra di sekolah dasar. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 9(1), 8-16. doi: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v9i1.14297

Irwanti, E. (2017). Pengembangan bahan ajar menulis puisi bebas kelas 8 SMP Xaverius Tugumulyo. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 1(1), 32-49. doi: https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i1.105

Jabrohim, A & Sayuti, S.A. (2001). Cara menulis kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kitao, K & Kitao S.K. (2016). Selecting and developing teaching/learning material. The Internet TESL Journal. Diterima melalui http/:iteslj.org/Articles/ Kitao-material.html, diakses pada tanggal: 27 September 2020

Kristian, N., Suyono, S., & Sunaryo, S. (2016). Pengembangan bahan ajar menulis laporan penelitian berbasis pengayaan skemata bacaan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 203-213. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.6123

Mbulu, J., & Suhartono. (2004). Pengembangan bahan ajar: Konsep-konsep dasar pengembangan bahan ajar. Malang: Universitas Negeri Malang.

Muslich, Masnur. (2010). Text book writing: Dasar-dasar pemahaman, penulisan, dan pemakaian buku teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ngalimun. (2016). Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Noviantari, W. (2013). Penerapan teknik pemodelan untuk meningkatkan kemampuan menyunting karangan argumentasi siswa kelas Xd SMA Negeri 1 Selemadeg. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 1(5), 1-15. doi: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v1i5.581

Nurhadi. (2004). Pembelajaran kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Pannen, P., & Purwanto. (2001). Penulisan bahan ajar. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Purwati, P. D. (2019). Pengembangan model eklektik berbasis nilai luhur pancasila dalam pembelajaran menulis puisi rakyat kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 18-28. doi: https://doi.org/10.15294/jpbsi.v8i1.21537

Prastowo, A. (2011). Pengembangan bahan ajar inovatif. Jakarta: Diva Press.

Pratama, F. Y., Pratiwi, Y., & Andajani, K. (2016). Pengembangan bahan ajar menulis teks eksposisi bermuatan cinta lingkungan dengan strategi pemodelan untuk siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 448-462. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6171

Pratiwi, Y. D., Maryaeni, M., & Suwignyo, H. (2016). Kreativitas siswa dalam menulis puisi. Jurnal Pendidikan: Teori, penelitian, dan pengembangan, 1(5), 835-843. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6265

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan strategi dan model pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Rahmayantis, M. D. (2017). Pengembangan bahan ajar membaca indah puisi untuk siswa SMP Kelas VII. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-journal), 2(1), 47-56. doi: https://doi.org/10.22219/kembara.v2i1.4043

Roekhan. (1991). Menulis kreatif: Dasar-dasar dan petunjuk penerapannya. Malang: YA3.

Roekhan. (1991). Penulisan kreatif sastra: Buku penunjang perkuliahan. IKIP Malang: Depdikbud.

Rosita, F. Y. (2018). Pengembangan model pembelajaran timnas untuk menulis puisi siswa SMP Kelas VIII. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-journal), 4(1), 35-47. doi: https://doi.org/10.22219/kembara.v4i1.5481

Saputro, A. N. (2017). Pengembangan buku ajar menulis sastra yang berorientasi pada pembentukan karakter siswa. Jurnal Gramatika. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 183-193. doi: https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2024

Siki, F., Sunoto, S., & Roekhan, R. (2017). Upaya meningkatkan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan strategi pemodelan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(12), 1679-1682. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10328

Ulumuddin, A. (2013). Pengembangan bahan ajar menulis puisi berkonteks lingkungan peserta didik bermuatan nilai-nilai religius untuk madrasah aliyah. Sasindo, 1(1), 1-13. doi: https://doi.org/10.26877/sasindo.v1i1%20Januari.423

Wahyudi, F. A., & Doyin, M. (2015). Pengembangan buku pop up tiga dimensi sebagai media pembelajaran menulis puisi. Lingua, 11(2), 1-11. Retrieved from: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view/8764/5745

Wicaksono, H., Roekhan, R., & Hasanah, M. (2018). Pengembangan media permainan imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi bagi siswa kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 223-228. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10526

Wulandari, T., Fuady, A., & Sumarwati, S. (2012). Peningkatan motivasi dan kemampuan menulis puisi melalui penerapan metode menulis berantai pada siswa sekolah menengah atas. BASASTRA, 1(1), 77-92. Retrieved from: https://core.ac.uk/download/pdf/289787236.pdf

Downloads

Published

2021-07-11

How to Cite

Rahmayantis, M. D., & Nurlailiyah, N. (2021). Pengembangan materi bahan ajar menulis puisi dengan menggunakan teknik pemodelan di SMPN 1 Tulungagung. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 243–254. https://doi.org/10.22219/kembara.v6i2.14025

Issue

Section

Articles