Pengembangan materi bahan ajar menulis puisi dengan menggunakan teknik pemodelan di SMPN 1 Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.22219/kembara.v6i2.14025Abstract
Keterampilan menulis puisi siswa SMP masih sangat rendah serta belum ada bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Kondisi tersebut mendorong peneliti untuk mengembangkan materi bahan ajar menulis puisi dengan menggunakan teknik pemodelan yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan isi, bahasa, dan sajian bahan ajar menulis puisi dengan menggunakan teknik pemodelan yang dilakukan di SMPN I Tulungagung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah adaptasi dari model pengembangan Dick and Carey. Prosedur pengembangannya meliputi (1) tahap prapengembangan, (2) tahap pengembangan dan uji coba produk, serta (3) tahap revisi produk. Bahan ajar yang telah dikembangkan memiliki tujuh unit yang terdiri dari materi, contoh, latihan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan rerata (1) uji coba tim ahli sebesar 90%, (2) uji coba praktisi sebesar 91%, serta (3) uji lapangan sebesar 89%, sehingga produk layak untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, proses pembelajaran menulis puisi direkomendasikan menggunakan bahan ajar menulis puisi dengan menggunakan teknik pemodelan yang dapat memudahkan siswa dalam menulis puisi.Downloads
References
Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 69-88. doi: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107
Dick, W., Carey, L., & Carey, J.O. (2009). The systematic design of instruction 7th Ed. United State of America: Pearson Education.
Fitri, R. (2016). Penerapan teknik pemodelan untuk meningkatkan kemampuan menulis surat resmi siswa kelas VIII SMP. Jurnal Gramatika, 2(2), 118-132. doi: 10.22202/jg.2016.v2i2.1200
Habibi, M., Chandra, C., & Azima, N. F. (2019). Pengembangan bahan ajar menulis puisi sebagai upaya mewujudkan literasi sastra di sekolah dasar. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 9(1), 8-16. doi: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v9i1.14297
Irwanti, E. (2017). Pengembangan bahan ajar menulis puisi bebas kelas 8 SMP Xaverius Tugumulyo. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 1(1), 32-49. doi: https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i1.105
Jabrohim, A & Sayuti, S.A. (2001). Cara menulis kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kitao, K & Kitao S.K. (2016). Selecting and developing teaching/learning material. The Internet TESL Journal. Diterima melalui http/:iteslj.org/Articles/ Kitao-material.html, diakses pada tanggal: 27 September 2020
Kristian, N., Suyono, S., & Sunaryo, S. (2016). Pengembangan bahan ajar menulis laporan penelitian berbasis pengayaan skemata bacaan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 203-213. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.6123
Mbulu, J., & Suhartono. (2004). Pengembangan bahan ajar: Konsep-konsep dasar pengembangan bahan ajar. Malang: Universitas Negeri Malang.
Muslich, Masnur. (2010). Text book writing: Dasar-dasar pemahaman, penulisan, dan pemakaian buku teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ngalimun. (2016). Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Noviantari, W. (2013). Penerapan teknik pemodelan untuk meningkatkan kemampuan menyunting karangan argumentasi siswa kelas Xd SMA Negeri 1 Selemadeg. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 1(5), 1-15. doi: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v1i5.581
Nurhadi. (2004). Pembelajaran kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.
Pannen, P., & Purwanto. (2001). Penulisan bahan ajar. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Purwati, P. D. (2019). Pengembangan model eklektik berbasis nilai luhur pancasila dalam pembelajaran menulis puisi rakyat kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 18-28. doi: https://doi.org/10.15294/jpbsi.v8i1.21537
Prastowo, A. (2011). Pengembangan bahan ajar inovatif. Jakarta: Diva Press.
Pratama, F. Y., Pratiwi, Y., & Andajani, K. (2016). Pengembangan bahan ajar menulis teks eksposisi bermuatan cinta lingkungan dengan strategi pemodelan untuk siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 448-462. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6171
Pratiwi, Y. D., Maryaeni, M., & Suwignyo, H. (2016). Kreativitas siswa dalam menulis puisi. Jurnal Pendidikan: Teori, penelitian, dan pengembangan, 1(5), 835-843. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6265
Priansa, D. J. (2017). Pengembangan strategi dan model pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Rahmayantis, M. D. (2017). Pengembangan bahan ajar membaca indah puisi untuk siswa SMP Kelas VII. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-journal), 2(1), 47-56. doi: https://doi.org/10.22219/kembara.v2i1.4043
Roekhan. (1991). Menulis kreatif: Dasar-dasar dan petunjuk penerapannya. Malang: YA3.
Roekhan. (1991). Penulisan kreatif sastra: Buku penunjang perkuliahan. IKIP Malang: Depdikbud.
Rosita, F. Y. (2018). Pengembangan model pembelajaran timnas untuk menulis puisi siswa SMP Kelas VIII. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-journal), 4(1), 35-47. doi: https://doi.org/10.22219/kembara.v4i1.5481
Saputro, A. N. (2017). Pengembangan buku ajar menulis sastra yang berorientasi pada pembentukan karakter siswa. Jurnal Gramatika. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 183-193. doi: https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2024
Siki, F., Sunoto, S., & Roekhan, R. (2017). Upaya meningkatkan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan strategi pemodelan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(12), 1679-1682. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10328
Ulumuddin, A. (2013). Pengembangan bahan ajar menulis puisi berkonteks lingkungan peserta didik bermuatan nilai-nilai religius untuk madrasah aliyah. Sasindo, 1(1), 1-13. doi: https://doi.org/10.26877/sasindo.v1i1%20Januari.423
Wahyudi, F. A., & Doyin, M. (2015). Pengembangan buku pop up tiga dimensi sebagai media pembelajaran menulis puisi. Lingua, 11(2), 1-11. Retrieved from: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view/8764/5745
Wicaksono, H., Roekhan, R., & Hasanah, M. (2018). Pengembangan media permainan imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi bagi siswa kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 223-228. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10526
Wulandari, T., Fuady, A., & Sumarwati, S. (2012). Peningkatan motivasi dan kemampuan menulis puisi melalui penerapan metode menulis berantai pada siswa sekolah menengah atas. BASASTRA, 1(1), 77-92. Retrieved from: https://core.ac.uk/download/pdf/289787236.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Marista Dwi Rahmayantis, Nurlailiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with The KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) agree to the following terms:
Articles are published under the Creative Commons Attribution 3.0 Unported License (CC-BY 3.0).
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya are required to cite the original source, including the author's names, KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) as the initial source of publication, year of publication, volume number and DOI (if available).
Authors may publish the manuscript in any other journal or medium but any such subsequent publication must include a notice that the manuscript was initially published by KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal).
Authors grant KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) the right of first publication. Although authors remain the copyright owner, they grant the journal the irrevocable, nonexclusive rights to publish, reproduce, publicly distribute and display, and transmit their article or portions thereof in any manner.