Pengelolaan kelas pada Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Pendidikan Profesi Guru (PPG) prajabatan bidang studi bahasa Indonesia di SMA Negeri 7 Malang

Authors

  • Gigit Mujianto Universitas Muhammadiyah Malang
  • Sudjalil Sudjalil University of Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v6i2.14057

Abstract

Strategi pengelolaan kelas membutuhkan kompetensi komunikatif guru dalam menciptakan dan mempertahankan suasana (kondisi) kelas agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik, strategi, dan teknik pengelolaan kelas pada Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Pendidikan Profesi Guru (PPG). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dan sumber data dalam penelitian ini berupa catatan lapangan deskriptif dan reflektif, sumber data berupa interaksi guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen observasi dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik, strategi, dan teknik pengelolaan kelas terlihat dalam tiga kegiatan pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup pembelajaran. Secara umum dapat disimpulkan bahwa dalam melaksanakan kegiatan pengelolaan kelas guru selalu menggunakan teknik, strategi, dan teknik pengelolaan kelas yang bervariasi di kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, R. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Aliyyah, R. R., & Abdurakhman, O. (2016). Pengelolaan kelas rendah di SD Amaliah Ciawi Bogor. Jurnal Sosial Humaniora, 7(2), 81-95. doi: http://dx.doi.org/10.30997/jsh.v7i2.488

Asbar, A. M. (2018). Strategi guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 39 Bulukumba. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 12(1), 89-112. doi: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v0i0.21

Aulia, R., & Sontani, U. T. (2018). Pengelolaan kelas sebagai determinan terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 9-17.

Chan, F., Kurniawan, A. R., Herawati, N., Efendi, R. N., & Mulyani, J. S. (2019). Strategi guru dalam mengelola kelas di sekolah dasar. International Journal of Elementary Education, 3(4), 439-446. doi: http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21749

Daryanto. (2016). Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Faruqi, D. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan belajar siswa melalui pengelolaan kelas. Jurnal Evaluasi, 2(1), 294-310. doi: http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.80

Gidot, S., Mashudi, H., & Matsum, J. H. (2013). Pengaruh kompetensi profesional guru dan minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(3), 1-14. Retrieved from: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4836

Habiburrahman, S. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik dalam Islam. ATTANWIR, 1(1), 1-5. Retrieved from: https://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/attanwir/article/view/6

Halimah, L. (2017). Keterampilan mengajar, sebagai inspirasi untuk menjadi guru yang excellent di abad ke-21. Bandung: PT Refika Aditama.

Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh keterampilan guru dalam mengelola kelas terhadap hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(2), 46-49. doi: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v3i2.780

Isbadrianingtyas, N., Hasanah, M., & Mudiono, A. (2016). Pengelolaan kelas dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 901-904. doi:

http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6300

Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44-63.

Isnanto, I., Pomalingo, S., & Harun, M. N. (2020). Strategi pengelolaan kelas di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 7-24. doi: https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.392

Maghfiroh, L. (2019). Hakikat pendidik dan peserta didik dalam pendidikan Islam MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 21-36. Retrieved from: http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/1573

Mansyur, U., & Akidah, I. (2018). Peningkatan kompetensi profesional guru Mts DDI Padanglampe Kabupaten Pangkep melalui pelatihan penulisan karya tulis ilmiah. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 273-278. doi: 10.30595/jppm.v2i2.2589

Minsih, M. (2018). Peran guru dalam pengelolaan kelas. Profesi pendidikan dasar, 1(1), 20-27. Retrieved from: http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/6144

Mujianto, G. (2014). Pemakaian tuturan imperatif calon guru dalam interaksi belajar mengajar pada pembelajaran mikro di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang. Jurnal Humanity, 8(1), 155-162.

Mustofa, M. (2019). Strategi penanaman nilai-nilai antikorupsi di sekolah dasar. Education and Human Development Journal, 5(1), 43-60. doi: https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1301

Pamela, I. S. (2019). Keterampilan guru dalam mengelola kelas. Jurnal pendidikan dasar, 3(2), 23-30.

Puspitaningdyah, D. O. (2018). Pengaruh keterampilan mengelola kelas dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar IPS SD. Joyful Learning Journal, 7(1), 39-47. doi: https://doi.org/10.15294/jlj.v7i1.24188

Puspitaningrum, E. (2017). Kemampuan guru dalam pengelolaan kelas di SD Negeri Minomartani 2. Basic Education, 6(1), 28-39. Retrieved from: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/view/6604

Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1), 61-85. doi: http://dx.doi.org/10.18592/jt%20ipai.v5i1.1825

Rohmad, M. A. (2015). Pengelolaan kelas bekal calon guru berkelas. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sa’diyah, M. A. S. H. (2017). Model pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI di SD Riyadlul Arkham Tembong Plintahan Pandaan. Al-Murabbi, 2(2), 291-310. Retrieved from: https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/608/499

Saputra, M. I. (2015). Hakekat pendidik dan peserta didik dalam pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 231-251. doi: https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i2.1516

Sudjalil, S., & Mujianto, G. (2017). Strategi imperatif verbal guru dalam penanaman nilai karakter pada siswa SMA unggulan di Malang. Jurnal Linguistika, 24(46), 13-22. Retrieved from: https://www.neliti.com/publications/229682/strategi-imperatif-verbal-guru-dalam penanaman-nilai-karakter-pada-siswa-sma-ung

Warsono, S. (2016). Pengelolaan kelas dalam meningkatkan belajar siswa. Manajer Pendidikan, 10(5), 469-476. Retrieved from: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/viewFile/1298/1093

Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 46-57. doi: http://dx.doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p46-57

Yumnah, S. (2018). Strategi dan pendekatan pengelolaan kelas dalam pembelajaran. Jurnal Studi Islam: Pancawahana, 13(1), 18-26. Retrieved from: http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/view/3196/2371

Zahroh, L. (2015). Pendekatan dalam pengelolaan kelas. TASYRI': Jurnal Tarbiyah-Syari'ah Islamiyah, 22(2), 175-189. Retrieved from: file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/1550-Article%20Text-4230-1-10-20160404.pdf

Downloads

Published

2021-07-11

How to Cite

Mujianto, G. ., & Sudjalil, S. (2021). Pengelolaan kelas pada Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Pendidikan Profesi Guru (PPG) prajabatan bidang studi bahasa Indonesia di SMA Negeri 7 Malang. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 255–265. https://doi.org/10.22219/kembara.v6i2.14057

Issue

Section

Articles