Pendidikan karakter dalam film animasi Riko The Series produksi garis sepuluh
DOI:
https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.15139Keywords:
Covid-19, Film Animasi, Pendidikan karakter, Riko The SeriesAbstract
Penguatan karakter sangat penting bagi anak-anak karena ini merupakan peletakan pondasi karakter yang mampu membawa anak tumbuh dengan baik di masa depan. Penelitian ini bertujuan menganalisis, dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Riko The Series produksi Garis Sepuluh. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan teknik analisis konten atau isi (content analysis). Sumber data dalam penelitian ini berupa film animasi Riko The Series Produksi Garis Sepuluh yang ditayangkan di platform Youtube. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, kalimat, dan adegan tokoh. Data dikumpulkan dengan teknik simak catat. Analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman dengan tiga tahap. Pertama, reduksi data yang meliputi langkah menyeleksi, meringkas, dan mengklasifikasi data. Kedua, penyajian data sesuai dengan klasifikasi fokus penelitian. Ketiga, pembuatan simpulan berdasarkan data yang telah dikumpulkan sesuai dengan fokus penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa Riko memiliki karakter unggul atau baik (good character). Karakter tersebut meliputi (1) religius, (2) rasa ingin tahu tinggi, (3) kerja keras, (4) kreatif, (5) mandiri, (6) menghargai prestasi, dan (7) tanggung jawab. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa karakter-karakter unggul tersebut bisa digunakan untuk penguatan pendidikan karakter bagi anak di masa pandemi Covid-19. Diperlukan proses panjang, pengetahuan, contoh, praktik, dan pembiasaan dalam proses penguatan karakter.
Downloads
References
Sayekti, Octavian Muning. (2019) Film Animasi “Nussa dan Rara Episode Baik Itu Mudah”sebagai Sarana Penanaman Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Volume 8 (2), 164-171.
Nuraina, Damayanti E, Ikawati, A. (2018) Digital Media Dongeng Berbasis Animasi untuk Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Seminar Nasional Hasil Riset. Vol 20 (2), 177-183.
Harnadi, Azuna Vion. (2017) Analisis Konten Serial Film Animasi Upin dan Ipin Musim 8 Ditinjau dari Prinsip Desain Pesan Pembelajaran. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan. Vol. VI Nomor 4, 383.
Melasarianti, L. Novita, Pri A. (2020) Media Film Animasi Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Bercerita Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Mandiraja Kabupaten Banjaernegar Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Penddidkan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 9 (1) 42-48.
Nesya, dkk. (2019) Nilai Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dalam Novel Maria Zaitun Karya Joko Santoso. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Vol 3 (1). 25-36.
Fathurrohman, I, dkk. (2015) Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Terpadu untuk Memacu Keaksaraan Multibahasa pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 1-7.
Penguatan Pendidikan karakter jadi pintu masuk pembenahan pendidikan nasional. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional
Tanya jawab penguatan pendidikan karakter.
https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?page_id=733
Shidiq, A. Raharjo, S. (2018) Peran Pendidikan Karakter di Masa Remaja segai Pencegahan Kenakalan Remaja. Jurnal Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Vol 5 (2) 176.
Setiawan, A & Hidayah Budi, Q. (2017). Nilai Karakter Cinta Lingkungan melalui Karakterisasi Tokoh pada Novel dari Rahim Ombak Karya Tison Sahabuddin Bungin. Kembara, Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Vol 3 (2). 123-134.
Napitipulu, dkk (2019). Nilai Perilaku Yang Benar Dalam Buku Teks Bahasa Inggris (Kajian Nilai Humanistik). Kembara, Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Vol. 5 (1). 63-73.
Anggraini, P (2016). Citra Tokoh Perempuan dalam Cerita Anak Indonesia (Sebuah Pendekaran Kritik Feminisme). Vol. 2 (1). 67-76.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 RIZQY DWI RAHMAYANTI, Yarno - -, R. Panji Hermoyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with The KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) agree to the following terms:
Articles are published under the Creative Commons Attribution 3.0 Unported License (CC-BY 3.0).
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya are required to cite the original source, including the author's names, KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) as the initial source of publication, year of publication, volume number and DOI (if available).
Authors may publish the manuscript in any other journal or medium but any such subsequent publication must include a notice that the manuscript was initially published by KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal).
Authors grant KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) the right of first publication. Although authors remain the copyright owner, they grant the journal the irrevocable, nonexclusive rights to publish, reproduce, publicly distribute and display, and transmit their article or portions thereof in any manner.