Pengembangan model buku ajar digital keterampilan menyimak berdasarkan pendekatan autentik

Authors

  • Handrianus Dwianot Momang Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.16202

Keywords:

Buku Ajar Digital, Keterampilan Menyimak, Pendekatan Autentik, Buku ajar digital, Keterampilan menyimak, Pendekatan autentik

Abstract

Kebutuhan pembelajaran keterampilan menyimak di kelas umumnya mengarah pada kebutuhan akan buku ajar yang mengakomodasi materi, tugas dan penilaian. Situasi ini memungkinkan peneliti untuk mengembangkan buku ajar menyimak dengan pendekatan autentik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model buku ajar keterampilan menyimak berdasarkan pendekatan autentik. Penelitian ini termasuk dalam desain penelitian pengembangan. Adapun langkah-langkah pengembangan terdiri dari (1) analisis kebutuhan pembelajaran, (2) desain produk, (3) penilaian ahli, (4) revisi berdasarkan hasil penilaian ahli, (5) uji coba lapangan, (6) revisi produk final. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti terdiri dari observasi, studi dokumen, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pembelajaran Keterampilan Menyimak membutuhkan buku ajar yang mengakomodasi tujuan pembelajaran, materi ajar, tugas, penilaian dan media yang dapat digunakan secara mandiri; (2) desain produk yang dikembangkan mengacu anatomi buku ajar, dan pendekatan autentik serta menggunakan bantuan aplikasi flipbook maker; (3) hasil penilaian ahli isi dan ahli media terhadap produk yang dikembangkan masuk dalam kategori “sangat baik” dengan rerata 3,62 dari penilaian ahli isi, dan rerata 3,83 dari penilaian ahli media (4) revisi produk dari penilaian ahli isi mengarah pada kesalahan penggunaan ejaan, sedangkan revisi produk dari penilaian ahli media mengarah pada pengaturan kontrol audio; (5) hasil uji coba lapangan pada mahasiswa berada dalam kategori “sangat baik”, dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 3,4; (6) revisi produk berdasarkan uji coba lapangan mengarah pada penggunaan gambar sampul dan variasi warna dalam buku ajar. Berdasarkan hasil yang diperoleh, peneliti menyimpulkan bahwa produk penelitian ini layak dan dapat digunakan sebagai alternatif buku ajar dalam pembelajaran keterampilan menyimak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulrahman, T., Basalama, N., & Widodo, M. R. (2018). The impact of podcasts on efl students’ listening comprehension. International Journal of Language Education, 2(2), 23-33. https://doi.org/10.26858/ijole.v2i2.5878

Anderson, L. W., Krathwohl, D. R. D. R., & Bloom, B. S. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing. New York: Longman.

Arifin, S., & Kusrianto, A. (2009). Sukses menulis buku ajar dan referensi. Jakarta: Grasindo.

Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, Unissula. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 71-90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Berardo, S. A. (2006). The use of authentic materials in the teaching of reading. The Reading Matrix: An International Online Journal, 6(2), 60-69. Retrived from https://readingmatrix.com/archives/archives_vol6_no2.html

Bloom, B. S., Krathwohl, D. R., & Masia, B. B. (1956). Taxonomy of educational objectives. The classification of educational goals: Hanbook I. In Handbook 1 : Cognitive domain / by a committee of college anduniversity examiners: Benjamin S. Bloom, ed. ... et al.. - 1956. - 207 s.

Borg, W., & Gall, M. (1983). Educational research: An introduction 4th edition. New York: Longman.

Breidbach, S., & Viebrock, B. (2012). CLIL in Germany – Results from Recent Research in a Contested Field of Education. International CLIL Research Journal, 1(4), 5-16 Retrived from http://www.icrj.eu/14/article1.html

Cinganotto, L. (2016). CLIL in Italy: A general overview. Latin American Journal of Content & Language Integrated Learning, 9(2), 374-400. https://doi.org/10.5294/laclil.2016.9.2.6

Coyle, D., Hood, P., & Marsh, D. (2010). Content and Language Integrated Learning. Cambridge: Cambridge University Press.

Dick, W., & Carey, L. (1996). The systematic design of instruction. In Instructional Design: International Perspectives: Theory, Research, and Models (4th ed.). Harper Collins College Publishers.

Dirgeyasa, I. W. (2016). Genre-based approach: What and how to teach and to learn writing. English Language Teaching, 9(9), 45-51. https://doi.org/10.5539/elt.v9n9p45

Doludea, A., & Nuraeni, L. (2018). Meningkatkan keteterampilan menyimak pada anak usia dini 5-6 tahun dengan metode bercerita melalui wayang kertas di TK Makedonia. Jurnal CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(1), 1-5. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i1

Dyer, J. H., Gregersen, H. B., & Christensen, C. M. (2011). The innovator’s DNA Mastering the five Skills of Disruptive Inovator. Boston: Harvard Business Press

Ellison, M. (2019). (Net)Working CLIL in Portugal. E-TEALS, 9(s1), 4-22. https://doi.org/10.2478/eteals-2018-0010

Erika, C. N. (2019). Pengembangan buku ajar bahasa Indonesia terintegrasi pendidikan karakter berdasarkan pendekatan komunikatif. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 19(2), 267-279. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v19i2.24832

Eriyanti, R. W. (2018). Pengembangan bahan ajar keterampilan berbicara interaktif bagi mahasiswa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 3(1), 98-106. https://doi.org/10.22219/kembara.vol3.no1

Ernalis, -, Syahruddin, D., & Abidin, Y. (2016). Pengembangan model bahan ajar bahasa Indonesia berbasis model pembelajaran yang berorientasi pada pendidikan karakter. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(1). 1-11. https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.2832

Friston, K. J., Sajid, N., Quiroga-Martinez, D. R., Parr, T., Price, C. J., & Holmes, E. (2020). Active listening. Hearing Research Journal. 399(1), 1-28. https://doi.org/10.1016/j.heares.2020.107998

Gay, E., Djibat, B., & Umahuk, S. (2018). Genre-based approach: Its integration to teach english grammar in constructing sentences. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(12), 262-266. Retrived from https://www.ijstr.org/research-paper-publishing.php?month=dec2018

Hamouda, A. (2011). Listening comprehension problems-voices from the classroom. Ejournal.Narotama.Ac.Id. 11 (june), 92-101 Retrived from http://www.languageinindia.com/aug2012/arafatlisteningproblemsfinal.html

Itaristanti, I. (2016). Portofolio sebagai salah satu model penilaian otentik di SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2). 212-226. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.904

Jacobson, E., Degener, S., & Purcell-Gates, V. (2003). Creating authentic materials and activities for the adult literacy classroom: A handbook for practitioners. NCSALL.

Listiyaningsih, T. (2017). The Influence of listening english song to improve listening skill in listening class. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 1(1), 35-49. Retrived from http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/academica/article/view/601

Lombardi, B. M. M., & Oblinger, D. G. (2007). Authentic learning for the 21st century: An overview. Educause Learning Initiative, 1(1), 1-12. Retrived from https://library.educause.edu/resources/2007/1/authentic-learning-for-the-21st-century-an-overview

Made Darmayanti, I. ayu. (2018). Pemanfaatan media youtube berita pendidikan dalam pembelajaran keterampilan menyimak. Prosiding Seminar Nasional V: Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. undiksa, Denpasar, 2018, 134-139

Mana, L. H. A., Yusandra, T. F., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2020). Pengembangan buku ajar keterampilan menyimak berbasis contextual teaching and learning. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 152-164. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.13594

Mishan, F. (2004). Designing authenticity into language learning materials. In Designing Authenticity into Language Learning Materials. Bristol: Intelect Ltd.

Mulyaningtyas, R. (2020). Pengembangan buku ajar mata kuliah media pembelajaran bahasa Indonesia untuk mahasiswa. Belajar bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 151-160. https://doi.org/10.32528/bb.v5i1.3070

Mursyid, M., & Amaliah, Y. (2019). Pengembangan buku ajar mata kuliah bahasa Indonesia berbasis pembelajaran kooperatif untuk penguatan karakter mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 19(1), 94-102. https://doi.org/10.30651/didaktis.v19i1.2515

Niarti, N., Ruminto, N. E., & Haenilah, E. Y. (2017). Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif pada materi menyimak untuk siswa Kelas VI SD. Jurnal Pedagogi, 5(1), 1-17. Retrived from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/11736

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Sidik, G. S. (2018). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menyimak dongeng di era digital. EduHumaniora|Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 78-84. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10867

Nurgiyantoro, B. (2013). Model penilaian otentik dalam pembelajaran bahasa. Litera, 10(2), 114-124. https://doi.org/10.21831/ltr.v10i2.1157

Ornellas, A., Falkner, K., & Edman Stålbrandt, E. (2019). Enhancing graduates’ employability skills through authentic learning approaches. Higher Education, Skills and Work-Based Learning, 9(1), 107-120. https://doi.org/10.1108/HESWBL-04-2018-0049

Polio, C. (2014). Using authentic materials in the beginning language classroom. Clear News, Michigan State University, 18(1), 1-7. Retrived from http://clear.msu.edu/spring-2014-using-authentic-materials-in-the-beginning-language-classroom/

Prihatin, Y. (2017). Problematika keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sastranesia, 5(3), 45-52. Retrived from https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/sastra/article/view/757/544

Pujiatna, T., Rosmaya, E., & Wahyuningsih, N. (2020). Pengembangan bahan ajar simak berorientas kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan literasi mahasiswa pada mata kuliah menyimak. Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 91-97. https://doi.org/10.33603/deiksis.v7i1.2804

Puspitoningrum, E. (2015). Pengembangan bahan ajar menulis kembali dongeng untuk siswa SMP kelas VII. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-journal), 1(2), 152–162. https://doi.org/10.22219/kembara.v1i2.2612

Rahmayantis, M. D. (2016). Pengembangan bahan ajar membaca indah puisi untuk siswa SMP kelas VII. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 2(1), 47–56. https://doi.org/10.22219/kembara.v2i1.4043

Roach, K., Tilley, E., & Mitchell, J. (2018). How authentic does authentic learning have to be? Higher Education Pedagogies, 3(1), 495-509. https://doi.org/10.1080/23752696.2018.1462099

Rost, M. (2016). Teaching and researching listening: Third edition. Pearson Education Limited: United Kingdom.

Soerraya, A., & Sriwulandari, Y. A. (2019). Media JMix untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada pembelajaran matakuliah menyimak apresiatif-kreatif di IKIP Budi Utomo Malang. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 25(2), 39-47. https://doi.org/10.33503/paradigma.v25i2.570

Sudjana. (2005). Metode statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, E. I. (2014). Pengembangan bahan ajar menyimak berbasis multimedia interaktif dalam model belajar mandiri untuk sekolah menengah pertama. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 83-89. Retrived from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/6619

Suryanto, E. (2016). Pengembangan materi ajar mata kuliah apresiasi drama melalui penggalian nilai-nilai pendidikan karakter naskah drama panembahan reso karya W.S. Rendra. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Pengajarannya, 44 (2), 207-223. https://doi.org/10.17977/um015v44i22016p207

Tangkakarn, B., & Gampper, C. (2020). The effects of reading-while-listening and listening-before-reading-while-listening on listening and vocabulary. International Journal of Instruction, 13(3), 789-804. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13353a

Tanrikulu, F. (2020). The effect of L2 listening texts adapted to the digital story on the listening lesson. Turkish Online Journal of Distance Education, 21(1), 1-18. https://doi.org/10.17718/TOJDE.674382

Tuan, L. T. (2011). Teaching writing through genre-based approach. Theory and Practice in Language Studies, 1(11), 121-36. https://doi.org/10.4304/tpls.1.11.1471-1478

Vaughan, T. (2006). Multimedia: Making it work eighth edition. Terjemahan Theresia Arie Prabawati & Agnes Heni Triyuliana. Yogyakarta: Andi.

Widharyanto, B. (2016). Autentisitas di dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, 1 (Mengenang Kiprah J.S Badudu), 100–109. https://www.researchgate.net/publication/323915678

Wiranty, W. (2019). Peningkatan keterampilan menyimak komprehensif dan kritis dengan metode resitasi pada mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(1), 112-120. https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1082

Worthington, D. L., & Bodie, G. D. (2018). Defining listening: A historical, theoretical, and pragmatic assessment. In The Sourcebook of Listening Research: Methodology and Measures.

Yusantika, F. D., Suyitno, I., & Furaidah, F. (2018). Pengaruh media audio dan audio visual terhadap kemampuan menyimak siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 251-258. Retrived from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10544

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Momang, H. D. (2021). Pengembangan model buku ajar digital keterampilan menyimak berdasarkan pendekatan autentik. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(1), 71–93. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.16202

Issue

Section

Articles