Kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Indonesia

Authors

  • Laili Etika Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Vitria Indriyani Setyaningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.16326

Keywords:

Kemandirian belajar, Pembelajaran daring, Bahasa Indonesia

Abstract

Pembelajaran daring saat ini sangat berpengaruh terhadap tingkat kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispikan tingkat kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan subjek dan objek penelitian berfokus pada siswa kelas VII dan guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 17 Surakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui teknik wawancara, menyebarkan kuesioner melalui google form, dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi data dan sumber data. Hasil penelitian berdasarkan empat indicator kemandirian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan kategori ketidaktergantungan terhadap orang lain menunjukkan hasil sebanyak 82 dari 122 responden masih sering atau kadang meminta bantuan orang tua ketika pembelajaran daring; (2) kategori berperilaku sesuai inisiatif sendiri menunjukkan hasil yang tergolong kesadaran siswa masih rendahl; (3) kategori kemampuan dalam memecahkan permasalahan sendiri juga menunjukan hasil sebanyak 82 siswa meminta bantuan guru ataupun orang tua ketika kesulitan belajarnya dalam mengerjakan soal; dan (4) tingkat kedisiplinan siswa dalam pembelajaran daring sudah tergolong baik. Berdasarkan hasil penelitian berdasarkan empat kategori tersebut maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kemandirian siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Indonesia masih rendah, tetapi termasuk dalam kategori dependen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. 2016. Psikologi remaja perkembangan peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Afero, B., & Adman, A. (2016). Peran kecerdasan emosional sebagai faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 215. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3390

Al Aslamiyah, T., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended learning dan kemandirian belajar mahasiswa teknologi pendidikan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p109

Ambiyar., Aziz, Ishak, Melisa. (2020). Perbedaan kemandirian belajar siswa pada masa pandemi di SMAN 1 Lembah Melintang dan SMAN 1 Lembah Gumanti. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1246–1258. Retrieved from https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/367

Anggreini, R., & Mariyanti, S. (2014). Hubungan antara kontrol diri dan perilaku konsumtif mahasiswi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 12(1), 34-42. Retrieved from https://www.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/2019/07/hubungan-antara-kontrol-diri-dan-perilaku-konsumtif.pdf

Armiati, A., & Yanrizawati, Y. (2020). Analisis pemanfaatan media daring dalam pembelajaran matematika ditinjau dari kemandirian belajar siswa di kelas XI SMAN 1 Koto Balingka. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(2), 197-201. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss2/507

Ashadii, N. R., & Suhaeb, S. (2020). Hubungan pemanfaatan google classroom dan kemandirian terhadap hasil belajar mahasiswa PTIK pada masa pandemi. Media Elektronik, 17(2), 46–51. https://doi.org/10.26858/metrik.v17i2.14036

Broadbent, J., & Lodge, J. (2021). Use of live chat in higher education to support self-regulated help seeking behaviours: a comparison of online and blended learner perspectives. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1), 23-34. https://doi.org/10.1186/s41239-021-00253-2

Chou, C. Y., & Zou, N. B. (2020). An analysis of internal and external feedback in self-regulated learning activities mediated by self-regulated learning tools and open learner models. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1), 1–27. https://doi.org/10.1186/s41239-020-00233-y

Effendi, Mursilah, & Mujiono. (2018). Korelasi tingkat perhatian orang tua dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 17–23. https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.131

Fatihah, M. Al. (2016). Hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar PAI siswa kelas III SDN Panularan Surakarta. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(2), 197. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v1i2.200

Fauzan, F., Fathurrohman, M., & Syamsuri, S. (2020). Perbedaan persepsi dan kemandirian belajar siswa SMA terhadap pembelajaran daring ditinjau dari gender. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 2(2), 136-149. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v2i2.8901

Fitriani, W., Haryanto, H., & Atmojo, S. E. (2020). Motivasi berprestasi dan kemandirian belajar mahasiswa saat pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(6), 828–834. Retrievde from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13639

Geng, S., Law, K. M. Y., & Niu, B. (2019). Investigating self-directed learning and technology readiness in blending learning environment. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 1–22. https://doi.org/10.1186/s41239-019-0147-0

Harahap, A. C. P., & Harahap, S. R. (2020). Covid-19: Self regulated learning mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 10(1), 36–42. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad/article/view/7646

Hartley, K., Bendixen, L. D., Gianoutsos, D., & Shreve, E. (2020). The smartphone in self-regulated learning and student success: clarifying relationships and testing an intervention. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1), 1–14. https://doi.org/10.1186/s41239-020-00230-1

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/PIP.342.9

Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 264-270. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.286

Islamiyah, M., & Widayanti, L. (2016). Efektifitas pemanfaatan e-learning berbasis website terhadap hasil belajar mahasiswa STMIK Asia Malang pada mata kuliah fisika dasar. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 10(1), 41–46. https://doi.org/ISSN: 0852-730X

Kurniawan, A. (2017). Pemanfaatan jb class untuk mendorong kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 1–8.

Kurtanto, E. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 150-163. Retrieved from http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/%0apembelajaran

Kusuma, D. A. (2020). Dampak penerapan pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar (self-regulated learning) mahasiswa pada mata kuliah geometri selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 169. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504

Martinis, Y. (2008). Paradigma baru pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Miles, M. B., Huberman, A.M., & Saldana, J. 2014. Qualitative data analysis, a methods sourcebook, edition 3. USA: Sage Publications, Terjemahan Tjejep Rohindi, UI-Press

Munir. 2009. Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Novilita, H., & Suharnan. (2015). Konsep diri AQ dan kemandirian belajar siswa. Jurnal Psikologi, 8(1), 619–632. Retrieved from https://yanihsani.wordpress.com/2015/01/06/konsep-diri/

Numri, M. (2015). Meningkatkan kemandirian belajar melalui layanan penguasaan konten dengan teknik latihan saya bertanggungjawab. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(1), 48–53. Retrieved from http://i-rpp.com/index.php/jptbk/article/view/215

Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan video pembelajaran berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48–64. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430

Purwanto, Agus., Pramono, Rudy., Asbari, Masduki., Santoso. P. B., Mayesti, Laksmi., Wijayanti., Hyun, C. C., Putri, R. S. (2020). Study eksploratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. Edupsycouns, 2(1), 1–12. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Rahmayantis, M. D. (2016). Pengembangan bahan ajar membaca indah puisi untuk siswa SMP kelas VII. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-journal), 2(1), 47–56. https://doi.org/10.22219/kembara.v2i1.4043

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-27. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149

Riyana, C. (2019). Produksi bahan pelajaran berbasis online. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rozi, F., & Lana, I. F. (2021). Implementasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa. Fondatia Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 109–124. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1108

Sangsawang, T. (2015). Instructional design framework for educational media. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 176(2), 65–80. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.445

Sobri, M., Nursaptini, & Setiani Novitasari. (2020). Melalui pembelajaran berbasis daring di perguruan tinggi pada era industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64–71. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.373

Soji, A. (2020). Evaluasi pengelolaan e-learning dengan model CIPP di SMA Negeri 5 Bengkulu Selatan. Jurnal Manajer Pendidikan, 14(1), 12–15. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/viewFile/12867/8229

Sulistyani, D., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Hubungan kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1-12. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9638

Suryani, Findi Tias. Sunismi. Faradiba, S. S. (2020). Kemampuan penalaran dan self regulated learning melalui model pembelajaran e-learning berbasis schoology dan google classroom pada materi statistika kelas VIII MTS Negeri Batu. JP3, 15(33), 160–170. Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/8380

Tahmidatien, L., & Krismanto, W. (2019). Menumbuhkan motivasi belajar dari aspek value, expectancy dan self regulated learning. Publikasi Pendidikan, 9(1), 87–97. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.8509

Triluqman, H. dan S. (2009). Pengembangan sistem pembelajaran online berbasis moodle di jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan Universitas Negeri Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan, 38(1), 27–34. https://doi.org/10.15294/lik.v38i1.493

Yazdi, M. (2012). E-Learning sebagai media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi. Jurnal Ilmiah Foristek, 2(1), 143–152. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/295363952.pdf

Yot-Domínguez, C., & Marcelo, C. (2017). University students’ self-regulated learning using digital technologies. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 14(1), 1–18. https://doi.org/10.1186/s41239-017-0076-8

Yu, Z. (2021). The effects of gender, educational level, and personality on online learning outcomes during the covid-19 pandemic. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1), 1–17. https://doi.org/10.1186/s41239-021-00252-3

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan daring sebagai sarana pembelajaran selama masa karantina covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37–45. https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1981

Downloads

Published

2021-10-28

How to Cite

Laili Etika Rahmawati, & Vitria Indriyani Setyaningsih. (2021). Kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Indonesia. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 353–365. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.16326

Issue

Section

Articles