Struktur kepribadian tokoh Lilian dalam novel Pink Cupcake karya Ramya Hayasrestha Sukardi (Sastra anak dalam perspektif psikoanalisis Sigmund Freud)
DOI:
https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.17625Keywords:
Psikoanalisis Sigmund Freud, Sastra anak, Struktur kepribadianAbstract
Sastra anak tidak hanya ditulis oleh orang dewasa tetapi juga ditulis oleh anak-anak. Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK) merupakan salah satu sastra anak yang ditulis oleh anak. Penelitian ini menggunakan novel Pink Cupcake Karya Ramya Hayasrestha Sukardi. Novel ini dipilih karena tokoh Lilian merupakan anak yang manja dan sulit bersosialisasi. Tujuan penelitian ini, untuk mendeskripsikan keadaan psikologis tokoh Lilian yang terdapat dalam novel anak Pink Cupcake Karya Ramya Hayasrestha Sukardi pada aspek struktur kepribadian tokoh yang meliputi id, ego, dan superego. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka dengan pendekatan psikoanalisis Sigmund Freud. Data penelitian berupa teks yang terdiri atas monolog, dialog, dan narasi yang mengambarkan sifat, tingkah laku, perbuatan, dan perkataan dalam bentuk paparan bahasa yang mendeskripsikan kepribadian tokoh Lilian dalam novel anak Pink Cupcake Karya Ramya Hayasrestha Sukardi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membaca, mengidentifikasi, dan mengklasifikasikan data yang mengandung aspek struktur kepribadian, meliputi id, ego, dan superego tokoh Lilian. Instrumen dalam penelitian ini, yaitu peneliti sebagai instrumen utama dan kodifikasi data sebagai instrumen pendukung. Analisis data dilakukan dengan mengklasifikasi data, mendeskripsikan hasil klasifikasi data, menganalisis data, dan menginterpretasikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur kepribadian yang meliputi id, ego, dan superego tokoh Lilian berkembang dengan baik sesuai dengan perkembangan tokoh Lilian. Perkembangan ini membuat tokoh Lilian mampu beradaptasi dengan kondisi di sekitarnya serta mampu menumbuhkan sikap positif.
Downloads
References
Abraham, Ihsan. (2017). Struktur kepribadian tokoh dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 3(1), 55-63. https://doi.org/10.22219/kembara.v3i1.4378
Alwisol. (2011). Psikologi kepribadian. Malang: UMM Press.
Anggraini, Purwati. (2016). Citra tokoh perempuan dalam cerita anak Indonesia (Sebuah pendekatan kritik feminisme). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 2(1), 67-76. https://doi.org/10.22219/kembara.v2i1.4045
Dani, Agustine Tryas dan Adji, Peni. (2021). Struktur kepribadian tokoh utama dalam novel Anak Bungsu karya Soesilo Toer. Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS, 15(1), 57—66. https://doi.org/10.24071/sin.v15i1.3212
Darmiah. (2019). Perkembangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi emosi anak usia MI. Jurnal Pioner: Jurnal Pendidikan, 8(2), 1-10.
Dewi, M. P., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Perkembangan bahasa, emosi, dan sosial anak usia sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1-11. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.7.1.1-11
Efendi, M. F., Hudiyono, Y., & Murtadlo, A. (2019). Analisis cerita rakyat Miaduka ditinjau dari kajian sastra anak. Jurnal Ilmu Budaya 3(3). 246-257.
Faidah, Citra Nur. (2018). Dekonstruksi sastra anak: Mengubah paradigma kekerasan dan seksualitas pada karya sastra anak Indonesia. Jurnal Kredo, 2(1), 126-139. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2458
Gunawan, A. R., & Putro, S. S. (2020). Analisis Semiotika pada bacaan sastra anak raden legowo: Pahlawan dari hutan perewangan karya Sulistiati dengan perspektif religiusitas. Jurnal Salaka: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia, 2(1). 3-15. 10.33751/jurnal salaka.v2i1.1833
Husin. (2017). Id, ego dan superego dalam pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Al-QALAM, 11(23), 47-64. http://dx.doi.org/10.35931/aq.v0i0.3
Ikhwan, W. K. (2013). Upaya menumbuhkan karakter anak dalam pembelajaran sastra anak dengan model play-learning dan performance-art learning di SDN Banyuajuh 4. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 70-84. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v1i1.6
Ilham. (2020). Perkembangan emosi dan sosial pada anak usia sekolah dasar. EL-Muhbib Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(1), 162-180.
Ja'far, S. (2015). Struktur kepribadian manusia perspektif psikologi dan filsafat. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 209-221. https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.461
Khasanah, N., Hamzani, A. I., & Aravik, H. (2021). Dinamika kepribadian dalam perspektif psikologi Islam; Telaah konsep amarah, lawwamah, dan muthmainnah serta korelasinya dengan iman, Islam, dan ihsan. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 8(2), 601-614. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i2.20031
Kurniawan, Heru. (2013). Sastra anak dalam kajian strukturalisme, sosiolohi, semiotika, hingga penulisan artikel kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Maftuhah, M. (2019). Kepribadian tokoh utama dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye (Kajian psikoanalisis Sigmund Freud). EDU-KATA, 5(2), 121-128. https://doi.org/10.52166/kata.v4i2.1013
Marsari, H., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Perkembangan emosi anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1816-1822. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1182
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage: Sage Publications.
Minderop, Albertime. (2010). Psikologi Sastra: Karya sastra, metode, teori, dan contoh kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Munaris. (2020). Sastra anak sebagai sarana pendidikan karakter di sekolah. Jurnal KATA (Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya), 4(2), 1-10.
Nawawi, M., & AS, C. A. (2021). Struktur kepribadian tokoh utama dalam cerpen “Ash-Shabiyul A’raj” karya Taufiq Yusuf Awwad (Kajian psikoanalisis Sigmund Freud). An-Nahdah al-'Arabiyah, 1(1), 130-147. Retrieved from https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/nahdah/article/view/726
Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Sastra anak pengantar pemahaman dunia anak. Yogyakarta: University Press.
Prahasita, Naratungga Indit. (2014). Kepribadian tokoh utama dalam novel Nyanyian Batanghari karya Harry B. Kori’un. Jurnal Gramatika, 2(2), 110-123.
Piaget, Jean. (2010). Psikologi anak. Terjemahan Miftahul Jannah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rosid, Abdul. (2021). Nilai-nilai dalam sastra anak sebagai sarana pembentukan karakter. Metalingua Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 1-10. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10508
Rosmila, A., Sulistyowati, E. D., & Sari, N. A. (2020). Kepribadian tokoh utama dalam novel Kanvas karya Bintang Purwanda: Kajian psikologi sastra. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Seni, dan Budaya, 4(2), 330-340. http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v4i2.2739
Rumaf, N., Jumroh, A., & Fatihaturrahmah, S. (2018). Representasi kebebasan tokoh utama dalam novel Trilogi Soekram karya Sapardi Djoko Damono (Tinjauan eksistensialisme). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 4(2), 192-199. https://doi.org/10.22219/kembara.v4i2.5983
Rumidjan. (2013). Dasar keilmuan dan pembelajaran sastra anak SD. Malang: FIP UM.
Sarumpaet, Riris K. Toha. (2010). Pedoman penelitian sastra anak. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 157-170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206
Sembiring, R. H., Herlina, H., & Attas, S. G. (2018). Kepribadian tokoh utama dalam novel Negeri Para Bedebah karya Tere Liye kajian psikoanalisis Carl Gustav Jung. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2), 157-172. 10.31002/transformatika.v2i2.788
Sartika. (2017). Struktur kepribadian tokoh utama Tania dalam novel “Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin” karya Tere Liye. Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(1), 45-52. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/289713731.pdf
Setyorini, R. (2017). Analisis kepribadian tokoh marni kajian psikologi Sigmund Freud dalam novel Entrok karya Okky Madasari. Kajian Linguistik dan Sastra, 2(1), 12-24. https://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/5348
Sorraya, A., & Rachman, A. K. (2021). Struktur kepribadian pada aspek ID tokoh utama dalam novel Di Balik Kabut Amnesia karya Mira W. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 27(1), 47-56. https://doi.org/10.33503/paradigma.v27i1.1287
Suprapto, S. (2019). Kepribadian tokoh dalam novel Jalan Tak Ada Ujung karya Muchtar Lubis kajian psikoanalisis Sigmund Freud. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 5(1), 54-69. 10.30595/mtf.v5i1.5028
Syam, E., & Rosaliza, M. (2020). Kajian struktur kepribadian Freud dalam kisah 1001 malam: Studi psikoanalisis. Jurnal Ilmu Budaya, 17(1), 1-16. https://doi.org/10.31849/jib.v17i1.4708
Yarta, A. H., Nurizzati, N., & Nst, B. (2012). Kepribadian Tokoh utama dalam novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata: Kajian psikoanalisis. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 254-262. https://doi.org/10.24036/315-019883
Zubaidah, E. (2001). Pemanfaatan sastra anak-anak dalam evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 5(2). 1-7. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/5356
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with The KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) agree to the following terms:
Articles are published under the Creative Commons Attribution 3.0 Unported License (CC-BY 3.0).
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya are required to cite the original source, including the author's names, KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) as the initial source of publication, year of publication, volume number and DOI (if available).
Authors may publish the manuscript in any other journal or medium but any such subsequent publication must include a notice that the manuscript was initially published by KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal).
Authors grant KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) the right of first publication. Although authors remain the copyright owner, they grant the journal the irrevocable, nonexclusive rights to publish, reproduce, publicly distribute and display, and transmit their article or portions thereof in any manner.