Tindak tutur ekspresif dalam video pembelajaran bahasa Indonesia

Authors

  • Rahajeng Shafira Raihanah Wiwaha Universitas Negeri Malang
  • Kusubakti Andajani Universitas Negeri Malang
  • Titik Harsiati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.17702

Keywords:

Tindak tutur ekspresif, Video pembelajaran, YouTube

Abstract

Pandemi Covid-19 menjadi katalisator di berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang pendidikan, khususnya pembelajaran bahasa Indonesia. Kebijakan pembelajaran daring berdampak pada munculnya video-video pembelajaran yang disajikan melalui aplikasi YouTube. Salah satunya akun YouTube Arisa Nur Aini yang menyajikan video pembelajaran bahasa Indonesia secara monolog dalam tuturan ekspresif yang komunikatif dan menarik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tindak tutur ekspresif dalam video pembelajaran bahasa Indonesia pada akun YouTube Arisa Nur Aini. Data dalam penelitian ini berupa tuturan ekspresif dalam video pembelajaran tersebut yang dikumpulkan dengan teknik simak dan catat. Analisis data dilakukan dengan pendekatan pragmatik berdasarkan metode analisis data model Cresswell. Hasil penelitian menemukan fungsi tindak tutur ekspresif yang lebih bervariasi dan ada beberapa fungsi tindak tutur ekspresif yang tidak ditemukan pada penelitian sebelumnya, seperti fungsi tindak tutur ekspresif berharap, mengejek, menggoda, menyombong, berketakutan, dan memotivasi. Tindak tutur ekspresif yang ditemukan disampaikan dengan wujud tindak tutur yang memberikan pemahaman dan melibatkan siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, materi bahasa Indonesia dapat tersampaikan kepada siswa dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhiguna, I. M. P., Susrawan, I. N. A., & Erawan, D. G. B. (2019). Analisis tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI MIPA 7 SMAN 7 Denpasar tahun pelajaran 2018 / 2019. Jurnal Bakti Saraswati, 08(02), 204–211. Retrieved from http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/baktisaraswati/article/view/620

Apriastuti, N. N. A. A. (2017). Bentuk, fungsi, dan jenis tindak tutur dalam komunikasi siswa di kelas IX unggulan SMP PGRI 3 Denpasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1), 38–47. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v1i1.11960

Astuti, M. D. (2017). Tindak tutur ekspresif tokoh dalam film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck [Skripsi, Univeristas Jember]. In Repository UNEJ. Retrieved from http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80850

Audie, N. (2019). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665

Cahyani, H. D. (2020). Tindak tutur ekspresif dalam film “Orang Kaya Baru” Karya Ody C. Harahap sebuah bahan ajar berbicara materi drama di SMA kelas XI. Prosiding Seminar Literasi V, 226–242. Retrieved from http://conference.upgris.ac.id/index.php/snl/article/view/1676

Chasanah, L. N. (2020). Tindak tutur ekspresif bahasa Jawa dalam video bats channel di YouTube (kajian pragmatik). In Digital Library UNS. Skripsi, Univeristas Sebelas Maret.

Chispa, Siregar, K., & Oxianus Sabarua, J. (2020). Analisis tuturan ekspresif guru dalam interaksi pembelajaran di kelas. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 81–89. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i2.298

Creswell, J. W., & Porth, C. N. (2017). Qualitative inquiry and research design. Cambridge: SAGE Publication.

Dwi, L., & Zulaeha, I. (2017). Tindak tutur ekspresif humanis dalam interaksi pembelajaran di SMA Negeri 1 Batang: Analisis wacana kelas. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 111–122. https://doi.org/10.15294/SELOKA.V6I2.17272

Fadiana, R. (2019). Tindak tutur ekspresif dalam acara selebriti on the way sesi Ahmad Dhani. Skripsi tidak Diterbitkan, Jember: Universitas Jember.

Firmansyah, M. B., & Rokhmawan, T. (2016). Representasi bahasa humor dalam acara stand up comedy di Metro TV. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-journal), 2(2), 195–202. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/kembara.v2i2.4004

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Hajija, S., Suryadi, S., & Djunaidi, B. (2017). Tindak tutur ilokusi guru bahasa Indonesia pada proses pembelajaran di kelas XI IPA SMAN 9 kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(2), 210–217. https://doi.org/10.33369/jik.v1i2.4122

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005

Haryoko, S. (2012). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 1–10. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/39899592/972-3008-1-pb-with-cover-page-v2.pdf?expires=1628569632&signature=mz4ud9115rhywago3bfg9oengsw~nrzy0dtpr4~i3wxmcxecnv~o~fstb~uuktl4gpx1wjvhskhh~n2llb6qapcci4rdn4n6~yrm72syxaak3eydm1x0e4ejmmkwlieebkjynh9s7fczw0

Kirana, C., Sumarlam, & Sulistyo, E. T. (2018). Tuturan ekspresif dalam humor politik Republik Sentilan Sentilun di Metro TV (tinjauan pragmatik). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-journal), 4(1), 1–11. https://doi.org/10.22219/kembara.v4i1.5324

Kusmanto, H. (2019). Tindak tutur ilokusioner ekspresif plesetan nama kota di Jawa Tengah: kajian pragmatik. JPBSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 4(2), 127. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v4i2.1036

Leech, G. (1993). Prinsip-prinsip pragmatik. Bandung: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Mujianto, G. (2015). Tindak tutur guru dalam pembelajaran menulis dengan komposisi terarah berdasarkan tingkat kognisi siswa. KEMBARA : Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 173–197. https://doi.org/10.22219/kembara.v1i2.2614

Mujianto, G., & Sudjalil, S. (2021). Tipe modifikasi fonem kata serapan asing ke dalam bahasa Indonesia pada surat kabar online berbahasa Indonesia. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 7(1), 1-19. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.16206

Mukhlis, A. (2016). Humor dalam pembelajaran tinjauan penelitian humor di kelas. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 28–41. http://repository.uin-malang.ac.id/6172/

Nurmasari, E. (2019). Tindak tutur ekspresif pada caption akun Instagram @Ridwankamil [Skripsi tidak Diterbitkan, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. In UMS ETD-db. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/73848/1/naskah publikasi.pdf

Pangesti, N. I., & Rosita, F. Y. (2019). Tindak tutur ekspresif di akun Instagram @kampuszone. Hasta Wiyata, 2(2), 33–40. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2019.002.02.04

Pradipta, D. R., Suyitno, & Rohmadi, M. (2019). Tindak tutur ekspresif dalam video stand up comedy Sadana Agung: Tinjauan pragmatik. Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0, 145–148. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pbi/article/view/12753

Prihatini, A. (2019). Semantic Network of The Word Association in The Field of Law. Litera, 18(3), 430-446. 10.21831/ltr.v18i3.26513

Putrinita, C. P. (2020). Prinsip kerja sama dalam tindak tutur ekspresif penderita autisme di kanal YouTube Special Books by Special Kids: kajian pragmatis. In Unpad Repository. Skripsi tidak Diterbitkan, Universitas Padjadjaran.

Rahman, E. L. (2016). Analisis tindak tutur ekspresif guru bahasa Indonesia dalam interaksi belajar-mengajar kelas VIII SMPN 2 Malang. Skripsi tidak Diterbitkan, Universitas Negeri Malang.

Rohman, A. (2014). Tuturan guru dan siswa dalam pembelajaran di SMK Al-Basthi Plakpak Pegantenan Pamekasan. Jurnal Nosi, 2(6), 700–709. Retrieved from https://pbindoppsunisma.com/wp-content/uploads/2014/09/1.-Abdur-Rohman-485-494.pdf

Saputri, W. D., Triana, L., & Khotimah, K. (2020). Tindak tutur ekspresif percakapan anak usia 4-5 tahun di TK Raudatul Athfal Baitul Iman Tegal dan implikasinya. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 5(2), 1–12. Retrieved from http://www.i-rpp.com/index.php/jipk/article/view/1128

Sari, F. D. P. (2012). Tindak tutur dan fungsi tuturan ekspresif dalam acara Galau Nite di Metro TV: suatu kajian pragmatik. Skriptorium, 1(2), 1–14. Retrieved from http://journal.unair.ac.id/filerPDF/skriptorium882d24b95efull.pdf

Sinaga, M. A. (2018). Pelaksanaan hidden curriculum dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam di MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa. In Repository UIN Sumatera Utara. Skripsi tidak Diterbitkan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sudjalil. (2018). Tipologi abreviasi dalam surat kabar berbahasa Indonesia. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-journal), 4(1), 71–84. https://doi.org/10.22219/kembara.v4i1.5719

Suryawardhani, L. H. (2018). Tindak tutur terima kasih: perbandingan metabahasa makna dalam korpus web Indonesia dan Malaysia. Etnolingual, 3(2), 177–186. Retrieved from http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=

Susmiati, S. (2013). Tindak tutur ekspresif guru terhadap siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 7 Jember. In Repository UNEJ (Vol. 2). Skripsi tidak Diterbitkan, Universitas Jember.

Yule, G. (1996). Pragmatics. Oxford: Oxford University Press.

Downloads

Published

2021-10-28

How to Cite

Wiwaha, R. S. R., Andajani, K., & Harsiati, T. . (2021). Tindak tutur ekspresif dalam video pembelajaran bahasa Indonesia. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 335–352. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.17702

Issue

Section

Articles