Tindak tutur ekspresif dalam video pembelajaran bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.17702Keywords:
Tindak tutur ekspresif, Video pembelajaran, YouTubeAbstract
Pandemi Covid-19 menjadi katalisator di berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang pendidikan, khususnya pembelajaran bahasa Indonesia. Kebijakan pembelajaran daring berdampak pada munculnya video-video pembelajaran yang disajikan melalui aplikasi YouTube. Salah satunya akun YouTube Arisa Nur Aini yang menyajikan video pembelajaran bahasa Indonesia secara monolog dalam tuturan ekspresif yang komunikatif dan menarik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tindak tutur ekspresif dalam video pembelajaran bahasa Indonesia pada akun YouTube Arisa Nur Aini. Data dalam penelitian ini berupa tuturan ekspresif dalam video pembelajaran tersebut yang dikumpulkan dengan teknik simak dan catat. Analisis data dilakukan dengan pendekatan pragmatik berdasarkan metode analisis data model Cresswell. Hasil penelitian menemukan fungsi tindak tutur ekspresif yang lebih bervariasi dan ada beberapa fungsi tindak tutur ekspresif yang tidak ditemukan pada penelitian sebelumnya, seperti fungsi tindak tutur ekspresif berharap, mengejek, menggoda, menyombong, berketakutan, dan memotivasi. Tindak tutur ekspresif yang ditemukan disampaikan dengan wujud tindak tutur yang memberikan pemahaman dan melibatkan siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, materi bahasa Indonesia dapat tersampaikan kepada siswa dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Downloads
References
Adhiguna, I. M. P., Susrawan, I. N. A., & Erawan, D. G. B. (2019). Analisis tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI MIPA 7 SMAN 7 Denpasar tahun pelajaran 2018 / 2019. Jurnal Bakti Saraswati, 08(02), 204–211. Retrieved from http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/baktisaraswati/article/view/620
Apriastuti, N. N. A. A. (2017). Bentuk, fungsi, dan jenis tindak tutur dalam komunikasi siswa di kelas IX unggulan SMP PGRI 3 Denpasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1), 38–47. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v1i1.11960
Astuti, M. D. (2017). Tindak tutur ekspresif tokoh dalam film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck [Skripsi, Univeristas Jember]. In Repository UNEJ. Retrieved from http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80850
Audie, N. (2019). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665
Cahyani, H. D. (2020). Tindak tutur ekspresif dalam film “Orang Kaya Baru” Karya Ody C. Harahap sebuah bahan ajar berbicara materi drama di SMA kelas XI. Prosiding Seminar Literasi V, 226–242. Retrieved from http://conference.upgris.ac.id/index.php/snl/article/view/1676
Chasanah, L. N. (2020). Tindak tutur ekspresif bahasa Jawa dalam video bats channel di YouTube (kajian pragmatik). In Digital Library UNS. Skripsi, Univeristas Sebelas Maret.
Chispa, Siregar, K., & Oxianus Sabarua, J. (2020). Analisis tuturan ekspresif guru dalam interaksi pembelajaran di kelas. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 81–89. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i2.298
Creswell, J. W., & Porth, C. N. (2017). Qualitative inquiry and research design. Cambridge: SAGE Publication.
Dwi, L., & Zulaeha, I. (2017). Tindak tutur ekspresif humanis dalam interaksi pembelajaran di SMA Negeri 1 Batang: Analisis wacana kelas. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 111–122. https://doi.org/10.15294/SELOKA.V6I2.17272
Fadiana, R. (2019). Tindak tutur ekspresif dalam acara selebriti on the way sesi Ahmad Dhani. Skripsi tidak Diterbitkan, Jember: Universitas Jember.
Firmansyah, M. B., & Rokhmawan, T. (2016). Representasi bahasa humor dalam acara stand up comedy di Metro TV. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-journal), 2(2), 195–202. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/kembara.v2i2.4004
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973
Hajija, S., Suryadi, S., & Djunaidi, B. (2017). Tindak tutur ilokusi guru bahasa Indonesia pada proses pembelajaran di kelas XI IPA SMAN 9 kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(2), 210–217. https://doi.org/10.33369/jik.v1i2.4122
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005
Haryoko, S. (2012). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 1–10. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/39899592/972-3008-1-pb-with-cover-page-v2.pdf?expires=1628569632&signature=mz4ud9115rhywago3bfg9oengsw~nrzy0dtpr4~i3wxmcxecnv~o~fstb~uuktl4gpx1wjvhskhh~n2llb6qapcci4rdn4n6~yrm72syxaak3eydm1x0e4ejmmkwlieebkjynh9s7fczw0
Kirana, C., Sumarlam, & Sulistyo, E. T. (2018). Tuturan ekspresif dalam humor politik Republik Sentilan Sentilun di Metro TV (tinjauan pragmatik). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-journal), 4(1), 1–11. https://doi.org/10.22219/kembara.v4i1.5324
Kusmanto, H. (2019). Tindak tutur ilokusioner ekspresif plesetan nama kota di Jawa Tengah: kajian pragmatik. JPBSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 4(2), 127. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v4i2.1036
Leech, G. (1993). Prinsip-prinsip pragmatik. Bandung: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).
Mujianto, G. (2015). Tindak tutur guru dalam pembelajaran menulis dengan komposisi terarah berdasarkan tingkat kognisi siswa. KEMBARA : Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 173–197. https://doi.org/10.22219/kembara.v1i2.2614
Mujianto, G., & Sudjalil, S. (2021). Tipe modifikasi fonem kata serapan asing ke dalam bahasa Indonesia pada surat kabar online berbahasa Indonesia. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 7(1), 1-19. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.16206
Mukhlis, A. (2016). Humor dalam pembelajaran tinjauan penelitian humor di kelas. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 28–41. http://repository.uin-malang.ac.id/6172/
Nurmasari, E. (2019). Tindak tutur ekspresif pada caption akun Instagram @Ridwankamil [Skripsi tidak Diterbitkan, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. In UMS ETD-db. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/73848/1/naskah publikasi.pdf
Pangesti, N. I., & Rosita, F. Y. (2019). Tindak tutur ekspresif di akun Instagram @kampuszone. Hasta Wiyata, 2(2), 33–40. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2019.002.02.04
Pradipta, D. R., Suyitno, & Rohmadi, M. (2019). Tindak tutur ekspresif dalam video stand up comedy Sadana Agung: Tinjauan pragmatik. Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0, 145–148. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pbi/article/view/12753
Prihatini, A. (2019). Semantic Network of The Word Association in The Field of Law. Litera, 18(3), 430-446. 10.21831/ltr.v18i3.26513
Putrinita, C. P. (2020). Prinsip kerja sama dalam tindak tutur ekspresif penderita autisme di kanal YouTube Special Books by Special Kids: kajian pragmatis. In Unpad Repository. Skripsi tidak Diterbitkan, Universitas Padjadjaran.
Rahman, E. L. (2016). Analisis tindak tutur ekspresif guru bahasa Indonesia dalam interaksi belajar-mengajar kelas VIII SMPN 2 Malang. Skripsi tidak Diterbitkan, Universitas Negeri Malang.
Rohman, A. (2014). Tuturan guru dan siswa dalam pembelajaran di SMK Al-Basthi Plakpak Pegantenan Pamekasan. Jurnal Nosi, 2(6), 700–709. Retrieved from https://pbindoppsunisma.com/wp-content/uploads/2014/09/1.-Abdur-Rohman-485-494.pdf
Saputri, W. D., Triana, L., & Khotimah, K. (2020). Tindak tutur ekspresif percakapan anak usia 4-5 tahun di TK Raudatul Athfal Baitul Iman Tegal dan implikasinya. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 5(2), 1–12. Retrieved from http://www.i-rpp.com/index.php/jipk/article/view/1128
Sari, F. D. P. (2012). Tindak tutur dan fungsi tuturan ekspresif dalam acara Galau Nite di Metro TV: suatu kajian pragmatik. Skriptorium, 1(2), 1–14. Retrieved from http://journal.unair.ac.id/filerPDF/skriptorium882d24b95efull.pdf
Sinaga, M. A. (2018). Pelaksanaan hidden curriculum dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam di MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa. In Repository UIN Sumatera Utara. Skripsi tidak Diterbitkan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Sudjalil. (2018). Tipologi abreviasi dalam surat kabar berbahasa Indonesia. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-journal), 4(1), 71–84. https://doi.org/10.22219/kembara.v4i1.5719
Suryawardhani, L. H. (2018). Tindak tutur terima kasih: perbandingan metabahasa makna dalam korpus web Indonesia dan Malaysia. Etnolingual, 3(2), 177–186. Retrieved from http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=
Susmiati, S. (2013). Tindak tutur ekspresif guru terhadap siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 7 Jember. In Repository UNEJ (Vol. 2). Skripsi tidak Diterbitkan, Universitas Jember.
Yule, G. (1996). Pragmatics. Oxford: Oxford University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with The KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) agree to the following terms:
Articles are published under the Creative Commons Attribution 3.0 Unported License (CC-BY 3.0).
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya are required to cite the original source, including the author's names, KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) as the initial source of publication, year of publication, volume number and DOI (if available).
Authors may publish the manuscript in any other journal or medium but any such subsequent publication must include a notice that the manuscript was initially published by KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal).
Authors grant KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) the right of first publication. Although authors remain the copyright owner, they grant the journal the irrevocable, nonexclusive rights to publish, reproduce, publicly distribute and display, and transmit their article or portions thereof in any manner.