Analisis penggunaan gaya bahasa iklan layanan masyarakat bijak bersosial media di radio Kota Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.17893Keywords:
Bijak bersosial media, Gaya bahasa, Iklan layanan masyarakat, RadioAbstract
Penggunaan sosial media dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang cukup signifikan dan menjadikan banyaknya berita hoaks yang beredar. Hal tersebut menjadikan lembaga penyiaran radio berlomba untuk menyajikan pesan berupa iklan layanan masyarakat untuk mengimbau audiensnya agar lebih bijak dalam menggunakan sosial media. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa iklan layanan masyarakat bijak bermedia sosial di radio Kota Surakarta. Radio sebagai media audio nonvisual sebagai penyampai pesan dengan berpedoman pada teori milik Gorys Keraf. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini, yaitu rekaman audio dan transkrip dari audio iklan layanan masyarakat di RRI Pro-2 FM dan Solo Radio dengan data berupa frasa, kalimat dan ungkapan yang terdapat dalam iklan layanan yang ditemukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi teknik rekam, simak, catat, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah melalui pendekatan stilistika dilanjutkan dengan analisis interaktif milik Miles & Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya bahasa iklan layanan masyarakat bijak bermedia sosial di radio Kota Surakarta berdasarkan pilihan kata ditemukan penggunaan kata formal, nonformal, dan juga kata percakapan. Gaya bahasa berdasarkan nada ditemukan penggunaan nada sederhana, menengah, serta mulia dan bertenaga. Gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat ditemukan klimaks dan repetisi. Gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna ditemukan penggunaan gaya bahasa retoris; eufemismus, asindeton, asonansi, dan pertanyaan retoris, serta gaya bahasa kiasan; sarkasme dan personifikasi. Hasil tersebut membuktikan bahwa gaya bahasa yang hadir dalam iklan layanan masyarakat bijak bersosial media di radio Kota Surakarta sangat bervariasi dengan penggunaan kata, nada, struktur kalimat, dan majas-majas, sehingga iklan yang disajikan lebih menarik meskipun hanya disajikan menggunakan audio nonvisual.
Downloads
References
Agusmanto, A., Ermanto, E., & Arief, E. A. E. (2013). Gaya bahasa iklan produk kesehatan dan kosmetik pada harian pagi Posmetro Padang. Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(1), 1-15. https://doi.org/10.24036/822680
Al-Ma’ruf, Ali Imron. (2009). Stilistika: Teori, metode, dan aplikasi pengkajian estetika bahasa. Surakarta: Cakra Books Solo.
Andriyanto, P. (2017). Analisis gaya bahasa dalam kumpulan cerpen Saat Cinta Datang Belum pada Waktunya karya Ari Pusparini. DIKSATRASIA, 1(2), 280-285. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia/article/view/630
Annisa, A. (2018). Hubungan penguasaan gaya bahasa perbandingan terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Dwi Tunggal Tanjung Morawa tahun pembelajaran 2016/2017. SeBaSa, 1(1), 9-18. https://doi.org/10.29408/sbs.v1i1.790
Ariani, I. P. N. W., Rasna, I. W., & Wisudariani, N. M. R. (2016). Implikatur pada iklan layanan masyarakat. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 4(2), 1-10. http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v4i2.7867
Budiyanto, D. (2014). Aspek persuasif dalam bahasa iklan partai politik. LITERA, 13(1), 43–52. https://doi.org/10.21831/ltr.v13i1.1902
Damayanti, R. (2019). Gaya bahasa dalam wacana iklan produk kosmetik di facebook. Sarasvati, 1(1). 100–112. 10.30742/sv.v1i1.659
Efendi, B. (2013). Analisis gaya bahasa pada iklan susu anak majalah ayahbunda (Edisi Juni 2010–Mei 2011). Suluk Indo, 2(1), 358-373. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/sulukindo/article/view/2335
El-Dali, H. M. (2019). The language of consumer advertising: Linguistic and psychological perspectives. Studies in Linguistics and literature, 3(2), 95-126.
Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren penggunaan media sosial selama pandemi di indonesia. Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 7(2), 13-23. Retrieved from https://jurnal.unived.ac.id/index.php/prof/article/view/1273
Hardani, N. H. A., Andriani, H., Fardani, R. A, Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. 2020. Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Hasanah, D. U., Achsani, F., & Al Aziz, I. S. A. (2019). Analisis penggunaan gaya bahasa pada puisi-puisi karya Fadli Zon. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 5(1), 13-26. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.8187
Hermawan, N. F. (2015). Bahasa dalam iklan layanan masyarakat. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 3(1), 71-83.
Inderasari, E., Sikana, A. M., & Hapsari, D. A. (2020). Karakteristik pemakaian register antarpramusaji rumah makan ayam penyet surabaya (Kajian sosiolinguistik). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 6(1), 78-92. https://doi.org/10.22219/kembara.v6i1.11730
Dani, A. J., & Aryo Bayu, W. (2013). Iklan layanan masyarakat tentang cyberbullying untuk membentuk awareness masyarakat. Createvitas: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual, 2(1), 13–19.
Jaiz, M. (2014). Dasar-dasar periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kariska, N., Andayani, A., & Anindyarini, A. (2019). Diksi dan gaya bahasa pada iklan layanan masyarakat di radio sebagai materi ajar di SMP. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(2), 110-118. https://doi.org/10.20961/basastra.v7i2.37785
Keraf, G. (2010). Diksi dan gaya bahasa. Jakarta: PT Ikrar Mandiriabadi.
Lanang, I. G. A., & Meidariani, N. W. (2020). Gaya Bahasa pada iklan website biro perjalanan wisata Jepang di Bali. SPHOTA: Jurnal Linguistik dan Sastra, 12(1), 11-22. https://doi.org/10.36733/sphota.v12i1.678
Lee, M & Johnson, C. (2007). Prinsip-prinsip pokok periklanan dalam perspektif global. Jakarta: Kencana.
Lubis, M. S. (2017). Analisis gaya bahasa retoris dalam pidato Bung Karno. Jurnal Education and Development, 6(3), 16-16. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/621
Lubis, M. S. (2017b). Kemerdekaan gaya bahasa Raditya Dika dalam stand up comedy. Jurnal Education And Development, 4(3), 26-26. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/620
Morissan. 2014. Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta: Kencana.
Munir, S. (2013). Diksi dan majas dalam kumpulan puisi Nyanyian dalam Kelam karya Sutikno WS: Kajian stilistika. Jurnal Sastra Indonesia, 2(1), 1–10.
Musaffak, M. (2015). Analisis wacana iklan makanan dan minuman pada televisi berdasarkan struktur dan fungsi bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 1(2), 224-232. https://doi.org/10.22219/kembara.v1i2.2618
Nederstigt, U., & Hilberink-Schulpen, B. (2018). Advertising in a Foreign Language or the Consumers' Native Language? Journal of international consumer marketing, 30(1), 2-13. https://doi.org/10.1080/08961530.2017.1363008
Normalita, A., & Dian, U. H. (2019). Analisis penggunaan gaya bahasa dan nilai-nilai moral pada iklan layanan masyarakat di sepanjang jalan Solo-Ngawi (Doctoral dissertation, IAIN Surakarta).
Nurullaningsih. (2015). Bentuk dan nilai komunikasi iklan layanan masyarakat kepolisian daerah Sumsel Tahun 2015. Jurnal Didascein Bahasa, 1(1), 26–38.
Palupi, R. (2019). Penyalahgunaan media sosial sebagai alat propaganda. Jurnal Komunikasi, 10(1), 69-76. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i1.5364
Pranawa, E. (2005). Analisis stilistika novel Burung-burung Manyar Karya YB Mangunwijaya (Doctoral dissertation, Tesis). Program Studi Linguistik Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta).
Pujiyanto. (2013). Iklan layanan masyarakat. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Riwayati, S. (2017). Pengaruh iklan layanan masyarakat memakai helm pada saat mengendarai roda dua terhadap perubahan sikap pendengar Sriwijaya Radio (Studi Pada kecamatan kertapati kelurahan kemas rindo RT.10 RW.03).” Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Rohmah, N. N. M. (2020). Media sosial sebagai media alternatif manfaat dan pemuas kebutuhan informasi masa pandemik global covid-19 (Kajian analisis teori uses and gratification). Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 4(1), 1-16. https://doi.org/10.31764/jail.v4i1.2957
Runtiko, A. G. (2013). Desain iklan layanan masyarakat pemerintah. Jurnal Penelitian Komunikasi, 16(1), 21-38. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/229633592.pdf
Sari, M. K. (2015). Peranan pemilihan strategi dan stilistika dalam iklan di televisi. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 11(1), 19-30. https://doi.org/10.24821/rekam.v11i1.1290
Setianingrum, V. M. (2017). Programming radio berdasarkan karakter pendengar pedesaan dan perkotaan (Studi kasus di radio Pandowo Tulungagung dan She Radio Surabaya Jawa Timur). The Journal of Society and Media, 1(1), 84-101. https://doi.org/10.26740/jsm.v1n1.p84-101
Setyawati, N. (2018). Struktur kebahasaan teks iklan layanan masyarakat. In Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) 2018. Retrieved from https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/pibsi40/article/view/119
Sherlyanita, A. K., & Rakhmawati, N. A. (2016). Pengaruh dan pola aktivitas penggunaan internet serta media sosial pada siswa SMPN 52 Surabaya. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 2(1), 17-22. http://dx.doi.org/10.20473/jisebi.2.1.17-22
Shirindoyevna, M. D. (2020). Basic features of advertising language. JournalINX- A Multidisciplinary Peer Reviewed Journal, 6(10), 325–30. https://media.neliti.com/media/publications/335796-basic-features-of-advertising-language-f0bbf9c3.pdf
Sintia, R. D., Widodo, M., & Suyanto, E. (2017). Bahasa iklan layanan masyarakat dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 5(2), 1–10. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/12858
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sulvinajayanti. (2018). Manajemen dan konvergensi media penyiaran. Makassar: Penerbit Aksara Timur.
Tarigan, H. G. (2013). Pengajaran gaya bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Tinarbuko, S. (2017). Semiotika tanda verbal dan tanda visual iklan layanan masyarakat. Panggung, 26(2), 181–94. http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v26i2.175
Widyatama, R. 2005. Pengantar periklanan. Jakarta: Buana Pustaka Indonesia.
Windayanto, R. N. A. (2021). Komparasi muatan gaya bahasa dalam iklan minuman kemasan siap minum: Kajian stilistika. Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(3), 230-249. https://doi.org/10.24036//jbs.v9i3.112901
Wirasari, I., & Karo, T. E. B. (2018). Kajian gaya bahasa iklan antangin fit pada media sosial. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), 3(2), 145-159. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1545
Yurnianti, S., Ermanto, E., & Zulfadhli, Z. (2012). Gaya bahasa iklan produk PT. Unilever Indonesia: Suatu tinjauan semantik dan pragmatik. Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(1), 42-50. https://doi.org/10.24036/84780
Zaim, M. (2014). Metode penelitian bahasa: Pendekatan struktural. Padang: FBS UNP Press Padang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with The KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) agree to the following terms:
Articles are published under the Creative Commons Attribution 3.0 Unported License (CC-BY 3.0).
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya are required to cite the original source, including the author's names, KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) as the initial source of publication, year of publication, volume number and DOI (if available).
Authors may publish the manuscript in any other journal or medium but any such subsequent publication must include a notice that the manuscript was initially published by KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal).
Authors grant KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) the right of first publication. Although authors remain the copyright owner, they grant the journal the irrevocable, nonexclusive rights to publish, reproduce, publicly distribute and display, and transmit their article or portions thereof in any manner.