Muatan pendidikan karakter dalam wacana humor Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.22219/kembara.v8i1.19932Keywords:
Covid-19, Pendidikan karakter, Wacana humorAbstract
Pendidikan menjadi salah satu bagian terpenting dalam membangun generasi bangsa yang berkarakter. Membangun generasi berkarakter memerlukan media. Salah satu media yang dapat digunakan dalam membangun generasi berkarakter yaitu wacana humor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam wacana humor Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 11 wacana humor Covid-19 yang bersumber dari Twitter, Facebook, dan Google. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik (1) dokumentasi gambar dan kalimat, (2) pencatatan kata atau kalimat, dan klasifikasi kata-kata atau kalimat yang menunjukkan adanya nilai pendidikan karakter dalam wacana humor Covid-19. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan referensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam wacana humor Covid-19 mengandung sembilan nilai pendidikan karakter, yaitu: (1) nilai kepedulian, ditunjukkan dengan sikap peduli terhadap kebersihan; (2) cinta tanah air, ditunjukkan dengan melakukan hal demi kebaikan negara; (3) kedisiplinan, ditunjukkan dengan sikap yang selalu mematuhi peraturan yang ada; (4) religius, ditunjukkan dengan sikap berdoa melalui surat dalam sebuah kitab untuk mencegah virus Covid-19, serta mengambil jalan hidup yang sesuai dengan kepercayaan; (5) sikap menghargai, ditunjukkan dengan menghargai profesi guru; (6) berpikir positif, ditunjukkan dengan sikap yang tidak berburuk sangka pada orang lain; (7) kejujuran, ditunjukkan pada sikap untuk tidak berbuat curang, salah satunya yaitu menimbun masker; (8) empati, ditunjukkan dengan sikap saling memberi atau berbagi kepada orang yang membutuhkan; dan (9) optimis, ditunjukkan melalui sikap optimistis terkait berakhirnya pandemi Covid-19. Maka dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil studi eksplorasi terhadap wacana humor Covid-19 dapat dipetik nilai karakter yang dapat dijadikan sebagai media penanaman karakter peserta didik.
Downloads
References
Aisyah, E. N. (2018). Internalisasi nilai karakter nasionalisme melalui dongeng dan tari (DORI) bagi anak usia dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 26–34. https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4293
Anam, K., Wuryaningrum, R., & Syukron, A. (2020). Wacana humor dalam bajigur tv. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 9(2), 99-117. https://doi.org/10.35194/alinea.v9i2.1001
Andriyani, A. A. A. D., Santika, I. D. A. D. M., & Raharjo, Y. M. (2021). Daya tindak perlokusi pengguna instagram dalam unggahan bertema Covid-19. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-journal), 7(1), 20–33. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.15543
Astuti, H. P., & Wuyandani, W. (2017). Analisis nilai-nilai karakter pada buku teks pegangan guru dan siswa kelas IV semester 1 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 226–239. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.17378
Cardinale, P., Rofi’i, M. S., Samputra, P. L., & Ramadhani, A. (2021). University 2 of Indonesia, Jakarta, Indonesia Independent Researcher, Bogor, Indonesia. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 8(1), 20–43. Retrieved from http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/tarbiya%0ATARBIYA:
Chandra, A. A., Waluyo, H. J., & Wardani, N. E. (2019). Nilai pendidikan karakter religius novel Sawitri dan Tujuh Pohon Kelahiran karya Mashdar Zainal: Perspektif tradisi Islam nusantara. Jurnal Lektur Keagamaan, 17(1), 169–196. https://doi.org/10.31291/jlk.v17i1.681
Darmayenti, Besral, & Yustina, L. S. (2021). Developing efl religious characters and local wisdom based efl textbook for islamic higher education. Studies in English Language and Education, 8(1), 157–180. https://doi.org/10.24815/siele.v8i1.18263
Falah, R. Z. (2016). Menumbuhkan sikap berpikir positif dalam organisasi dakwah. TADBIR: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(1), 185–209. Retrieved from https://doi.org/https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/tadbir/article/view/2389/1912
Fithriyana, E. (2019). Menumbuhkan Sikap empati melalui pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada sekolah berasrama. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 42–54. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.210
Ghozali, A. L., Sumardjoko, B., Fathoni, A., & Rahmawati, L. E. (2021). Program pembentukan karakter disiplin peserta didik selama pembelajaran daring di sekolah dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 216-231. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a8.2021
Haryati, S., Sukarno, S., & Purwanto, S. (2021). Implementation of online education during the global covid-19 pandemic: Prospects and challenges. Cakrawala Pendidikan, 40(3), 604–612. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.42646
Hashim, S., Masek, A., Abdullah, N. S., Paimin, A. N., & Muda, W. H. N. W. (2020). Students’ intention to share information via social media: A case study of covid-19 pandemic. Indonesian Journal of Science and Technology, 5(2), 236–245. https://doi.org/10.17509/ijost.v5i2.24586
Hidayat, N., & Bujuri, D. A. (2020). The Implementation of character education in Islamic boarding school. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 23(1), 127-140. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n1i11
Khoiryasdien, A. D. (2020). Pelatihan berpikir positif untuk meningkatkan penerimaan diri survivor bipolar di Yogyakarta. Jurnal Insight Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember, 16(2), 317–335. https://doi.org/DOI: 10.32528/ins.v%vi%i.2655
Kusmanto, H., Sabardila, A., & Al-Ma’Ruf, A. I. (2020). Values of character education in humor discourse on facebook social media. Jurnal Kata, 4(1), 91-109. https://doi.org/10.22216/kata.v4i1.5047
Kuswandi, M., Rohman, A., & Hediansah, D. (2021). Teaching Religious Character Education in Pre-School in the Era of Pandemic. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 19–34. https://doi.org/10.21580/nw.2021.15.2.8575
Latif, Yudi Tarigan, A. (2020). Pendidikan yang Berkebudayaan: Histori, Konsepsi dan Aktualisasi Pendidikan Transformatif (Cetakan 2). Gramedia Pustaka Utama.
Lestari, W. D., & Sabardila, A. (2021). Menguak nilai pendidikan karakter buku bacaan gerakan literasi nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kelas rendah sekolah dasar. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 197-212. https://doi.org/10.29300/disastra.v3i2.4760
Madjid, A., Sutoyo, D. A., & Shodiq, S. F. (2021). Academic procrastination among students: The influence of social support and resilience mediated by religious character. Cakrawala Pendidikan, 40(1), 56–69. https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.34641
Mahsun. (2014). Metode penelitian bahasa: Tahapan strategi, metode, dan tekniknya. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada.
Marsudi, S. (2020). Bimbingan dan konseling di sekolah. Yogyakarta: Muhamadiyah University press.
Mitang, M. P. (2020). Wacana humor kritik sosial dalam stand up comedy Indonesia season 4 di Kompas TV: Tinjauan pragmatik. Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS, 14(1), 78–93. https://doi.org/https://doi.org/10.24071/sin.v14i1.2283
Muhtar, T., & Dallyono, R. (2020). Character education from the perspectives of elementary school physical education teachers. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 395–408. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.30647
Nursalam, Sulaeman, & Mustafa, I. (2021). Analisis istilah wacana kebijakan pembatasan sosial covid-19 di Indonesia (Discourse analysis of the covid-19 social restrictions policy in Indonesia). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(2), 166–183. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.16500
Pambayun, K. G. (2021). Digital libraries during covid-19 pandemic: A bibliometric analysis and Information mapping. Indonesian Journal of Librarianship, 45363, 17–30. https://doi.org/10.33701/ijolib.v2i1.1416
Prayitno, H. J., Kusmanto, H., Nasucha, Y., Rahmawati, L. E., Jamaluddin, N., Samsuddin, S., & Ilma, A. A. (2019). The politeness comments on the indonesian president jokowi instagram official account viewed from politico pragmatics and the character education orientation in the disruption era. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1(2), 52–71. https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i2.8785
Purwanti, D. (2017). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622
Rahmayanti, R. D., Yarno, Y., & Hermoyo, R. P. (2021). Pendidikan karakter dalam film animasi Riko The Series produksi garis sepuluh. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-journal), 7(1), 157–172. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.15139
Risnawati. (2021). Implikatur pada wacana vaksinasi covid-19 di akun instagram @ kemenkes _ ri ( The implicatures of the covid-19 vaccination discourse on the instagram account. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-journal), 7(2), 529–547. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.17193
Sabakti, S. (2018). Konsep pendidikan karakter dalam buku pandangan orang Melayu terhadap anak karya Tenas Effendy. Widyaparwa, 46(2), 189–204. https://doi.org/https://doi.org/10.26499/wdprw.v46i2.193
Sabardila, A., Markhamah, M., Arifin, Z., Kusmanto, H., Hidayah, L. N., Kurniasari, A. D., & Saputro, D. (2021). Menakar nilai pendidikan karakter acara televisi pada anak usia 6-8 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 150–162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.875
Salasiah, S., Diana, D., Fatah, M. A., & Adriansyah, M. A. (2020). Membangun kepedulian pada sesama di masa covid-19. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(2), 160-166. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i2.4973
Saraswati, E. (2016). Karakter kepemimpinan dalam novel silat nagabumi sebagai bahan ajar sastra di sekolah menengah. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-journal), 2(2), 157–165. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/kembara.v2i2.4000
Setyorini. (2020). Pandemi covid-19 dan online learning : Apakah berpengaruh terhadap proses pembelajaran pada kurukulum 13? Jiemar, 1(1), 95–102. https://doi.org/https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i1.31
Sidabalok, R. N., Marpaung, W., & Manurung, Y. S. (2019). Optimisme dan self esteem pada pelajar sekolah menengah atas. Philanthropy: Journal of Psychology, 3(1), 48-58. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v3i1.1319
Sudaryanto. (2015). Metode dan aneka teknik analisis bahasa: Pengantar penelitian wahana kebudayaan secara linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Sukardi, M. I., Sumarlam, S., & Marmanto, S. (2018). Penyimpangan makna dengan homonimi dalam wacana meme (Kajian semantik). Lingua: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 13(1), 23-34. https://doi.org/10.18860/ling.v13i1.4513
Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan sikap peduli pada anak melalui interaksi kegiatan sosial. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1), 39-59. https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3100
Triaristina, A., & Mukhlis, H. (2019). Implemetasi pendidikan karakter melalui media dongeng berbasis visual pada anak usia 4-6 Tahun. Journal of Psychological Perspective, 1(1), 35–40. Retrieved from https://ukinstitute.org/journals/jopp/article/view/joppv1i105
Wael, A., Tinggapy, H., Rumata, A. R., Tenriawali, A. Y., Hajar, I., & Umanailo, M. C. B. (2021). Representasi pendidikan karakter dalam dakwah Islam di media sosial. AoEJ: Academy of Education Journal, 12(1), 98–113. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/aoej.v12i1.428
Yolcu, E., & Sari, M. (2018). Teachers’ qualities and self-efficacy perceptions. Acta Didactica Napocensia, 11(3), 35–48. https://doi.org/10.24193/adn.11.3-4.3.36
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with The KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) agree to the following terms:
Articles are published under the Creative Commons Attribution 3.0 Unported License (CC-BY 3.0).
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya are required to cite the original source, including the author's names, KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) as the initial source of publication, year of publication, volume number and DOI (if available).
Authors may publish the manuscript in any other journal or medium but any such subsequent publication must include a notice that the manuscript was initially published by KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal).
Authors grant KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) the right of first publication. Although authors remain the copyright owner, they grant the journal the irrevocable, nonexclusive rights to publish, reproduce, publicly distribute and display, and transmit their article or portions thereof in any manner.