Analisis butir soal latihan penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 1 Bambanglipuro Bantul menggunakan program ITEMAN

Authors

  • Riswanda Himawan Universitas Negeri Yogyakarta
  • Burhan Nurgiyantoro Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v8i1.20530

Keywords:

Analisis Butir Soal, IDB, ITK, Pengecoh

Abstract

Tes merupakan instrumen yang digunakan untuk melakukan evaluasi pembelajaran kepada peserta didik sesuai dengan materi yang diajarkan. Instrumen tes yang digunakan pun harus diuji kualitasnya. Selaras dengan pernyataan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas instrumen soal latihan Penilaian Akhir Semster Ganjil (Latihan PAS Ganjil) kelas VIII SMPN 1 Bambanglipuro Bantul tahun 2020/2021 serta mendeskripsikan hasil analisis butir soal berkaitan dengan validitas, reliabilitas, IDB, ITK dan keberfungsian pengecoh. Validitas isi dilakukan dengan memberikan angket kepada sejawat berkaitan dengan kesesuaian soal dengan ksis-kisi soal. Reliabilitas dilakukan dengan melihat skor Alpha yang diperoleh dari program ITEMAN. Analisis Indeks Daya Beda (IDB), Indeks Tingkat Kesulitan (ITK) dan keberfungsian pengecoh dihitung berdasarkan skor yang diperoleh dari program ITEMAN. Terdapat tiga tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini. Tahap pertama yaitu memeroleh gambaran umum berkaitan dengan soal yang diujikan kepada peserta didik. Tahap kedua adalah pengumpulan data. Dalam tahapan ini dilakukan pengumpulan data dengan mendokumentasikan soal-soal yang diujikan oleh Guru kepada peserta didik. Tahap ketiga adalah pemeriksaan keabsahan data. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan terhadap butir-butir soal Latihan Penilaian Akhir Semester Ganjil (Latihan Akhir Semester Ganjil) dengan menganalisis validitas berdasarkan komentar teman sejawat dilanjutkan dengan menganalisis tingkat kesukaran, indeks daya beda, dan keberfungsian pengecoh. Masing-masing kriteria tersebut dihitung dengan menggunakan bantuan komputer melalui program Item and Test Analysis (ITEMAN). Hasil penelitian menunjukkan terdapat 40 soal yang dianalisis validitas dan reliabilitasnya. Hasil validitas menujukkan seluruh soal yang dianalisis valid. Berkaitan dengan uji reliabilitas diperoleh skor Alpha 0.820 dengan kategori sangat tinggi. Analisis butir soal berkaitan dengan ITK, IDB dan distraktor dilihat dari skor yang diperoleh berdasarkan hasil analisis ITEMAN. Berdasarkan hasil analisis ITEMAN dapat diketahui bahwa analisis IDB menunjukkan 20 soal yang layak untuk diujikan, 4 butir soal dengan kategori sedang, 8 soal dengan kategori cukup, dan 8 soal dengan kategori gugur atau tidak layak untuk diujikan. Hasil analisis soal berkaitan dengan ITK, dapat disimpulkan bahwa terdapat 6 butir soal dengan kategori ITK sangat mudah, 17 butir soal dengan ITK mudah, 8 butir soal dengan Indeks tingkat kesulitan sedang, 9 soal dengan Indeks tingkat kesulitan sukar atau tinggi. Dari hasil analisis keberfungsian pengecoh, dapat disimpulkan bahwa terdapat 31 butir soal dengan keberfungsian pengecoh baik, 9 butir soal dengan memiliki pengecoh yang tidak berfungsi. Berdasarkan hasil analisis butir soal tersebut, soal-soal yang dianggap tidak layak, kemudian direvisi dan diperbaiki. Sehingga memeroleh soal yang berkualitas dan dapat mengukur tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, D., & Suyata, P. (2014). Karakteristik soal UASBN mata pelajaran Bahasa Indonesia di Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun pelajaran 2008/2009. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 57-65. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2644

Arifin, Zaenal, & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur higher order thinking skills matematika siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98-108. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (2nd ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Arvianto, I. R. (2016). Pemanfaatan program Iteman 3.0 untuk analisis butir soal lomba cerdas cermat teknologi informasi dan komunikasi tingkat SMA sederajat. Jurnal Teknologi Informasi, XI(33), 1–13. https://doi.org/10.35842/jtir.v11i33.106

Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bond, T. G., & Fox, C. M. (2007). Applying the rasch model: Fundamental measurement in the human sciences, Second Edition. Journal of Educational Measurement, 2(2nd), 360. https://doi.org/10.1111/j.1745- 3984.2003.tb01103.x

Crombach, Lee J. 2004. Essential of psychologycal testing. New York: Harper & Row.

Dhini, M. S., Sunarti, I., & Riadi, B. (2020). Pengembangan instrumen penilaian berbasis HOTS (higher order thinking skill) teks deskripsi. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 8(2), 1-6. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/20138/14221

Fernanda, J. W., & Hidayah, N. (2020). Analisis kualitas soal ujian statistika menggunakan classical test theory dan rasch model. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2(1), 49-60. https://doi.org/10.21580/square.2020.2.1.5363

Guntur, R. (2017). Analisis uji validitas dan reliabilitas tes buatan guru Bahasa Makassar kelas VIII SMPN 2 Binamu Kabupaten Jeneponto (Doctoral dissertation, FBS).

Hanifah, N. (2014). Perbandingan tingkat kesukaran, daya pembeda butir soal dan reliabilitas tes bentuk pilihan ganda biasa dan pilihan ganda asosiasi mata pelajaran Ekonomi. SOSIO E-KONS, 6(1), 41–55. http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v6i1.1715

Hopkins, Charles D dan Antes, Richard L. (2009). Classroom Measurement and Evaluation. Illionis: Peacock.

Hardiana, Suyata (2018). The effectiveness of VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) model in learning of summary writing. International Journal of Research and Review, 5(8), 43-49

Himawan, R, & Suyata, P. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan soal HOTS dalam pembelajaran teks pidato persuasif di MGMP SMP Wilayah Kabupaten Bantul. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 117–128. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.5399

Himawan, R, Suyata. P (2022). Developing HOTS questions: Evaluating persuasive speech text learning in grade IX of junior high school. Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 8(1), 50–64.

Hyman, R. (1982). Quasi-experimentation: Design and analysis issues for field settings (Book). Journal of Personality Assessment, 46(1), 96–97. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa4601_16

Joni, T. Raka. (2006) Pengukuran dan penilaian pendidikan. Surabaya: Karya Anda.

Kurniawan, T. (2015). Analisis butir soal ulangan akhir semester gasal mata pelajaran IPS sekolah dasar (Analysis of odd semester final test items in elementary school of social studies subjects). Journal of Elementary Education, 4(1), 1–6. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/7488

Mania, S., Fitriani, F., Majid, A. F., Ichiana, N. N., & Abrar, A. I. P. (2020). Analisis butir soal ujian akhir sekolah. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(2), 274-284. https://doi.org/10.24252/asma.v2i2.16569

Mardapi, D., & Kartowagiran, B. (2011). Instruments for student achievements. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 2(4), 326–341.

Mardiana, M., & Suyata, P. (2017). Evaluating the philosophical foundation of 2013 Curriculum. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 175–188. https://doi.org/10.21831/pep.v21i2.13336

Monica, S., & Sudarman, Y. (2019). Analisis butir soal ujian tengah semester ganjil seni budaya kelas VII di SMPN 29 Sijunjung. Jurnal Sendratasik, 8(3), 1-8. https://doi.org/10.24036/jsu.v7i3.103276

Nayla Amalia, A., & Widayati, A. (2012). Analisis butir soal tes kendali mutu kelas XII SMA mata pelajaran ekonomi akuntansi di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 1–26. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.919

Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi (Edisi Kedua). Yogyakarta: BPFE.

Nuryanti, S., Masykuri, M., & Susilowati, E. (2018). Analisis iteman dan model rasch pada pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah menengah kejuruan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 224–233. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21442

Oktanin, W. S., & Sukirno, S. (2015). Analisis butir soal ujian akhir mata pelajaran ekonomi akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(1), 35-44. https://doi.org/10.21831/jpai.v13i1.5183

Pangesti, F., Fauzan, F., & Risnawati, R. (2020). Kualitas butir soal try out uji pengetahuan dalam memprediksi tingkat kelulusan mahasiswa PPG. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 91-98. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i2.13503

Pasi, S. N., & Yusrizal, Y. (2018). Analisis butir soal ujian bahasa Indonesia buatan guru MTsN di Kabupaten Aceh Besar. Master Bahasa, 6(2), 195-202. https://doi.org/10.24173/mb.v6i2.11666

Pujiastuti, R., & Kulup, L. I. (2021). Penyusunan Instrumen penilaian kognitif berbasis HOTS melalui problem based learning dan peer assessment. Indonesian Language Education and Literature, 7(1), 88-105. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i1.9058

Purniasari, L., Masykuri, M., & Ariani, S. R. D. (2021). Analisis butir soal ujian sekolah mata pelajaran Kimia SMA N 1 Kutowinangun tahun pelajaran 2019/2022 menggunakan model iteman dan rasch. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2), 205–214. https://doi.org/10.20961/jpkim.v10i2.48244

Rahmawati, L. E., & Setyaningsih, V. I. (2021). Kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Indonesia. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-journal), 7(2), 353-365. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.16326

Ramadhanti, D. (2019). Development of explanatory text writing evaluation tools based on a process approach (Pengembangan alat evaluasi menulis teks eksplanasi berbasis pendekatan proses). Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 194–210. https://doi.org/10.22202/jg.2019.v5i2.3445

Retnawati, H., Hadi, S., Nugraha, A. C., Arlinwibowo, J., Sulistyaningsih, E., Djidu, H., Apino, E., & Iryanti, H. D. (2017). Implementing the computer-based national examination in Indonesian schools: The challenges and strategies. Problems of Education in the 21st Century, 75(6), 612–633. https://doi.org/10.33225/pec/17.75.612

Rotama, A. D., Budiutomo, T. W., & Bowo, A. N. A. (2020). Analisis butir soal penilaian tengah semester mata pelajaran PPKN kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Academy of Education Journal, 11(1), 24–35. https://doi.org/10.47200/Aoej.V11i01.314

Safi’i, I., Tarmini, W., & Wahdini, L. (2021). Critical thinking in evaluation instruments at BSE Indonesian language. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-journal), 7(2), 11–19. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.17300

Setiawan, M. A., Susongko, P., & Hayati, M. N. (2020). Pendeteksian DIF pada Perangkat tes objektif penilaian akhir semester IPA dengan mengunakan permodelan rasch. Pancasakti Science Education Journal, 5(2), 23–29. Retrieved from https://scienceedujournal.org/index.php/PSEJ/article/view/25

Setiawati, G. A. D., & Arsana, A. A. P. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan gender terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas bilingual SMP (Slub) Saraswati 1 Denpasar. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, And Learning, 15(1), 173–179.

Sulistiawan, C. H. (2016). Kualitas soal ujian sekolah Matematika program IPA dan kontribusinya terhadap hasil ujian nasional. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/pep.v20i1.751

Susanto, H., Rinalidi, A., & Novalia, N. (2015). Analisis validitas reliabilitas tingkat kesukaran dan daya beda pada butir soal ujian akhir semester ganjil mata pelajaran Matematika kelas XII IPS di SMA Negeri 12 Bandar Lampung tahun ajaran 2014/2015. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 203-218. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.50

Suyata, P., Mardapi, D., Kartowagiran, B., & Retnawati, H. (2011). Model pengembangan bank soal berbasis guru dan mutu pendidikan model of developing test item bank. Jurnal Kependidikan, 41(2), 120–128. https://doi.org/10.21831/jk.v41i2.2218

Syaifudin, S. (2020). Validitas dan reliabilitas instrumen penilaian pada mata pelajaran Bahasa Arab. Jurnal Kajian Perbatasa Antarnegara, 3(2), 106–118. Retrieved from http://www.journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/553

Utomo, B. (2019). Analisis validitas isi butir soal sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas pembelajaran di madrasah berbasis nilai-nilai Islam. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2), 155-175. https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4883

Yot-Domínguez, C., & Marcelo, C. (2017). University students’ self-regulated learning using digital technologies. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 14(1), 1– 18. https://doi.org/10.1186/s41239-017-0076-8

Downloads

Published

2022-04-16

How to Cite

Himawan, R., & Nurgiyantoro, B. . (2022). Analisis butir soal latihan penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 1 Bambanglipuro Bantul menggunakan program ITEMAN. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(1), 160–180. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i1.20530

Issue

Section

Articles