Penggunaan bahasa resmi pada struktur percakapan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MAN 2 Ngawi
DOI:
https://doi.org/10.22219/kembara.v9i1.22275Keywords:
Bahasa resmi, Proses percakapan, Struktur percakapanAbstract
Pada kegiatan pembelajaran guru dan siswa saling berinteraksi melalui komunikasi. Guru diharapkan memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik agar siswa lebih mudah menerima pengetahuan dari guru. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi penggunaan bahasa resmi; menganalisis struktur percakapan; mengetahui proses percakapan guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskripstif kualitatif. Data penelitian yaitu tuturan siswa dan guru. Sumber data yang digunakan adalah rekaman video kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XII MAN 2 Ngawi yang dapat dilihat melalui YouTube. Teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data dokumentasi dan simak-catat. Menurut temuan penelitian ditemukan enam karakteristik bahasa resmi yaitu (1) penggunaan afiks secara eksplisit dan konsisten, (2) lafal yang digunakan bersifat baku, (3) penggunaan bentuk lengkap dan tidak disingkat pada tataran kalimat maupun kata, (4) penggunaan fungsi-fungsi gramatikal secara eksplisit dan konsisten, (5) menggunakan kata ganti resmi, dan (6) kata atau istilah yang digunakan bersifat baku atau sudah dibakukan. Terdapat lima struktur percakapan yaitu (1) gilir bicara, (2) tumpang tindih, (3) jeda, (4) backchannel, dan (5) pasangan ajesensi. Ditemukan pula aturan proses percakapan dalam kegiatan pembelajaran yaitu siswa mampu mengambil alih gilir bicara dari guru dan guru dapat menyelesaikan tuturannya tanpa adanya interupsi dari siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa menyimak dan memahami apa yang disampaikan guru saat kegiatan pembelajaran.
Downloads
References
Affandi, A. (2013). Pola alih tutur anak remaja di Desa Sabang Kecamatan Dampelas. Bahasa dan Sastra, 2(4), 1–15.
Ambarsari, T. A. B., & Mujianto, G. (2022). Analisis variasi konsultatif pada gilir bicara dalam pembelajaran daring Bahasa Indonesia di SMK PGRI 1 Giri Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 12(1), 21. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i1.43557
Arfianti, I. (2020). Teori dan Analisis (Buku Ajar). Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Arifah, D. N. (2012). Variasi Bahasa Guru dalam Interaksi Pembelajaran pada Siswa Tunagrahita di Slb Negeri Pembina Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Arum, D. P. (2015). Struktur Konversi Wacana Debat dalam Indonesia Lawyers Club. Jurnal Pena Indonesia, 1(2), 188-215. https://doi.org/10.26740/jpi.v1n2.p196-224
Chaer, A., & Leonie, A. (2010). Sosiolinguistik Perkembangan Awal. Jakarta: Rinek Cipta.
Darmanita, S. T. Z., & Yusri. M. (2020). Pengoperasian Penelitian Naratif dan Etnografi: Pengertian, Prinsip-Prinsip, Prosedur, Analisis, Interpretasi dan Pelaporan Temuan. As-Shaff: Jurnal Manajemen dan Dakwah, 1(1), 24–34.
Eriyanti, R. W. (2016). Koherensi pertanyaan guru pada pembelajaran. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), 77-89. https://doi.org/10.22219/kembara.v2i1.4046
Fadilah, N. (2019). Analisis Tindak Tutur dalam Ceramah KH Anwar Zahid. Sarasvati, 1(1), 43-53. https://doi.org/10.30742/sv.v1i2.739
Farida, N., & Mujianto, G. (2021). Fenomena Bahasa Resmi dalam Domain Pendidikan. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 17(1), 14-24. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v17i1.2790
Handika, K. D., Sudarma, I. K., & Murda, I. N. (2019). Analisis Penggunaan Ragam Bahasa Indonesia Siswa dalam Komunikasi Verbal. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(3), 358-368.
Hasanah, N. (2020). Variasi Keformalan Bahasa Model Martin Joos pada Grup Whatsapp “Ipi Garut.” CARAKA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah, 9(2), 72–83. https://doi.org/10.31980/caraka.v9i2.800
Hasanah, U., Rusminto, N. E., & Widodo, M. (2017). Implikatur Percakapan Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII dan Implikasinya terhadap Pembelajaran. J-SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 5(2), 1–11.
Herisetyanti, T., Suharyati, H., & Rejeki, S. (2019). Ragam Bahasa dalam Komponen Tutur. Media Bahasa, Sastra, dan Budaya Wahana, 25(2), 1–15. https://doi.org/10.33751/wahana.v25i2.1602
Juanda, & Aziz. (2018). Penanda “Turn-Taking” Etnis Bugis dan Betawi dalam Percakapan Bahasa Indonesia di Indonesia. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(2), 179–191. https://doi.org/10.22219/kembara.v4i2.6069
Kayati, A. N. (2020). Struktur Tuturan Adu Mulut Farhat Abas dengan Dewi Persik dalam Acara Hitam Putih. Metalingua: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 23–30. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7046
Kridalaksana, H. (2008). Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Liusti, S. A. (2016). Analisis Kalimat berdasarkan Pola Kalimat Dasar dan Kalkulus Predikat 1. Adabiyyat: Jurnal Bahasa dan Sastra, 15(2), 157–175.
Melati, I. K., & Mujianto, G. (2021). Pemakaian Variasi Resmi berdasarkan Model Speaking dalam Tayangan Mata Najwa Episode Gaduh Tiga Periode. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan dan Kesusastraan Indonesia, 5(2), 575–591.
Mujianto, G. (2016). Karakteristik Tuturan Performatif Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan Pendekatan Saintifik. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2), 172–186. https://doi.org/10.22219/kembara.v2i2.4002
Musaffak. (2015). Analisis Wacana Iklan Makanan dan Minuman pada Televisi berdasarkan Struktur dan Fungsi Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2), 224–232. https://doi.org/10.22219/kembara.v1i2.2618
Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen dalam Penelitian Kualitatif. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2), 177-181.
Niriza, R., Iing, S., & Agustina, E. S. (2018). Variasi Bahasa dalam Whatsapp Mahasiswa kepada Dosen dan Implikasinya terhadap Pembelajaran. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 6(4), 1–7.
Prayogo, P., Mulyani, R., & Setia, E. (2021). Turn Taking Patterns in Merisik Tradition of Malays Batubara Society. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa, 15(2), 177-193. https://doi.org/10.24036/ld.v15i2.109199
Priyastuti, M. T. (2017). Interupsi pada Percakapan Proses Pembelajaran Bahasa Inggris di Stikes ST. Elisabeth Semarang. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1). 315–326.
Purwaningrum, C. A. E. (2018). Jenis Ragam dan Karakteristik Ragam Tuturan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII A SMP Pangudi Luhur I Kalibawang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.
Puspitasari, F. D. A. (2017). Faktor Kesulitan Belajar Bahasa Jawa Ragam Krama Siswa SMP Negeri 40 Semarang. Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 5(1), 28–33.
Rosita, F. Y. (2016). Ekspresi Penerimaan dalam Dialog Antarpenghuni Kos (Kajian Pragmatik). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), 23-30. https://doi.org/10.22219/kembara.v2i1.4040
Santoso, I., Syihabuddin, & Lukmana, I. (2019). Tumpang Tindih (Overlaps) dalam Interaksi Percakapan di Perkuliahan Keterampilan Berbahasa Jerman sebagai Bahasa Asing. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 6(2), 39-55. https://doi.org/10.26740/parama.v6n2.p%p
Setiawati, R. D. (2019). Variasi Bahasa dalam Situasi Tidak Formal pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Tadulako. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(1), 1–11.
Shofiyah, D. I. N. H., & Mujianto, G. (2022). Analisis Gilir Bicara dalam Tuturan Lisan Pada PembelajaranTeks Editorial di SMK Muhammadiyah 2 Genteng. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 21(2), 146–161. https://doi.org/10.21009/bahtera.212.02
Susanto, H. (2017). Alih Tutur dalam Wacana Interaksi Kelas di SMP. Lingua: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 14(1), 27-38. https://doi.org/10.30957/lingua.v14i1.257
Syafitri, E., & Rusminto, N. E. (2017). Alih Tutur Film 99 Cahaya di Langit Eropa Sutradara Guntur Soeharjanto. J-Simbol (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 5(1), 1–11.
Syawal, R. (2022). Penggunaan Variasi Bahasa Guru dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 7(1), 71-76. https://doi.org/10.32696/jp2bs.v7i1.787
Talan, M. R. (2019). Struktur Percakapan Guru dengan Siswa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 77–84. https://doi.org/10.32938/jbi.v4i2.134
Teluma, A. R. (2019). Analisis Percakapan Online sebagai Metode Penelitian Teks Media Sosial: Teori, Langkah dan Contoh. JCOMMSCI - Journal of Media and Communication Science, 2(1), 59–70.
Trahutami, I. S. (2012). Struktur Pola Alih Tutur pada Percakapan Anak-Anak. Humanika, 15(9), 1-12. https://doi.org/10.14710/humanika.15.9.
Unsiah, F., & Yuliati, R. (2018). Pengantar Ilmu Linguistik. Malang: UB Press.
Wahyuni, W., Hamsa, A., & Ramly, R. (2021). Analisis Wacana Kritis pada Berita Pemilihan Walikota Makassar Sebagai Bentuk Pendidikan Politik dan Perannya dalam Pembelajaran Membaca Kritis bagi Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(4), 1014. https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.4108
Wicaksono, L. (2016). Bahasa dalam Komunikasi Pembelajaran. J P P Journal of Prospective Learning, 1(2), 9–19. http://dx.doi.org/10.26418/jpp.v1i2.19211
Yule, G. (2006). Pragmatik. Jakarta: Pustaka Belajar.
Yusandra, T. F. (2017). Struktur Percakapan dalam Teks Drama Anggun Nan Tongga Karya Wisran Hadi. Jurnal KATA: Penelitian Tentang Ilmu Bahasa dan Sastra, 1(2), 117–130.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with The KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) agree to the following terms:
Articles are published under the Creative Commons Attribution 3.0 Unported License (CC-BY 3.0).
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya are required to cite the original source, including the author's names, KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) as the initial source of publication, year of publication, volume number and DOI (if available).
Authors may publish the manuscript in any other journal or medium but any such subsequent publication must include a notice that the manuscript was initially published by KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal).
Authors grant KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) the right of first publication. Although authors remain the copyright owner, they grant the journal the irrevocable, nonexclusive rights to publish, reproduce, publicly distribute and display, and transmit their article or portions thereof in any manner.