Pengembangan dan keefektifan model buku teks mata kuliah strategi pembalajaran berbasis pendekatan kontekstual

Authors

  • Agus Darmuki Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Nur Alfin Hidayati Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Analiza B Tanghal Nueva Ecija University of Science and Technology, Philippines
  • Alfredo M Esteban Jr Nueva Ecija University of Science and Technology, Philippines

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v9i1.22635

Keywords:

Buku teks, Model, Pendekatan kontekstual, Strategi pembelajaran

Abstract

Kebutuhan pembelajaran mata kuliah strategi pembelajaran di kelas umumnya mengarah pada kebutuhan akan buku teks yang mengakomodasi materi yang dihubungkan dengan dunia nyata yang kontekstual. Kebutuhan tersebut mendorong peneliti untuk mengembangkan buku teks yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan dosen dalam proses pembelajaran. Mata kuliah strategi pembelajaran merupakan mata kuliah penting yang harus dikuasai oleh mahasiswa keguruan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku teks strategi pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengmbangan atau R&D. Data dalam penelitian ini berupa proses pembelajaran di kelas mata kuliah strategi pembelajaran dan sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang memprogram mata kuliah strategi pembelajaran yang terdiri dari 6 kelas, 3 dosen pengampu mata kuliah strategi pembelajaran di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Bojonegoro. Pada tahap eksplorasi, pendekatan deskriptif-kualitatif diadopsi untuk penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumenter untuk mengetahui kondisi buku teks yang digunakan selama ini, pengamatan untuk mengetahui proses pembelajaran di kelas, kuesioner untuk mengetahui respon mahasiswa dan dosen dan dianalisis melalui model kontekstual. Model ini diuji secara eksperimental, pada tahap ini diperoleh beberapa temuan utama: (1) kegiatan pembelajaran selama ini berpusat pada dosen dan teoritis serta dosen dan mahasiswa membutuhkan buku teks strategi pembelajaran yang kontekstual; (2) buku teks dikembangkan dan di FGD untuk menyempurnakan serta di expert judgment oleh 2 ahli isi dan desain serta ahli media. Prototipe tersebut kemudian diujicobakan secara terbatas dan ekstensif. Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa model buku teks berbasis pendekatan kontekstual sesuai untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah strategi pembelajaran; (3) prototipe model buku teks berbasis pendekatan kontekstual yang telah diterapkan dijadikan sebagai model buku teks, kemudian diujicobakan melalui eksperimen. Berdasarkan analisis statistik dengan menggunakan simpangan baku diperoleh t-hitung hasil posttest yaitu sebesar 2.339, dan karena t-hitung sebesar 2.0086, artinya t-hitung lebih besar dari t-tabel dengan signifikansi 0.030 < 0.05, maka disimpulkan bahwa penggunaan buku teks strategi pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual dapat memberikan pengalaman belajar mahasiswa dengan kehidupan nyata atau kehidupan sehari-hari sehingga proses pembelajaran lebih aktif dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M. (2021). Development of Learning Strategies Textbook Based on Multiple Intelligences: Theoretical Practical Overview in SD/MI. AL Mudarris: journal of education, 4(1), 74-90. http://10.32478/al-mudarris.v4i1.639.

Affandi, Y., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2022). The Evaluation of JIDI (Jigsaw discovery) Learning Model in The Course of Qur’an Tafsir. International Journal of Instruction, 15(1), 799-820. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15146a

Apriana, D. & Dina F. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berkarakter Mata Kuliah Strategi Pembelajaran PGSD Hamzanwadi Selong. Jurnal Educatio, 9(1), 19-34. https://doi.org/10.29408/edc.v9i1.16.

Aprizani, Y. (2016). Improving Reading Comprehension Using Contextual Teaching and Learning (CTL). Studies in English Language and Education, 3(2), 170-187 https://doi.org/10.24815/siele.v3i2.4964.

Arikunto, S. (2019). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asma, N. (2021). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 9(1), 59-66.

Atira, A., Wahyono, U., & Saehana, S. (2017). Pengembangan Modul Berciri Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Tekanan. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 5(3), 41-45. https://doi.org/10.22487/j25805924.2017.v5.i3.8871.

Baron, P. (2016). A Cybernetic Approach to Contextual Teaching and Learning. Constructivist Foundations, 12(1), 91–100.

Baroody, A. J., Feil, Y., & Johnson, A. R. (2007). An Alternative Reconceptualization of Procedural and Conceptual Knowledge. Journal for research in mathematics education, 38(2), 115-131. https://doi.org/10.2307/30034952.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison K. (2020). Research Methods in Education (5th Edition). London: Routledge Falmer.

Crawford, M. L. (2011). Teaching contextually. Research, Rationale, and Techniques for Improving Student Motivation and Achievement in Mathematics And Science. Waco: CCI Publishing.

Cunningsworth. (2015). Choosing your coursebook. Great Britain: The bath Press.

Darmuki, A., Andayani, Joko N., & Kundharu S. (2017). Cooperative, Syntetic, and CTL Learning Models Toward Speaking Ability Viewd from Students Motivation. Proceeding International Conference on Intellectuals’ Global Responsibility (ASSEHR). Vol. 125, 75-79. https://dx.doi.org/10.2991/icigr-17.2018.18.

Darmuki, A., Andayani, Joko N., & Kundharu S. (2017). Evaluating Information Processing-Based Learning Cooperative Model on Speaking Skill Course. Journal of Language Teaching and Reasearch 8(1), 44-51. http://dx.doi.org/10.17507/jltr.0801.06.

Darmuki, A., Andayani, Nurkamto, J., & Saddhono, K. (2018). The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction, 11(2), 115-128. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1129a

Darmuki, A., Hidayati, N. A., & Ningsih, A. A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Menggunakan Media Buku Teks Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1806-1811. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1655

Darmuki A., Hidayati, NA. & Ningsih AA. (2022). Analisis Kebutuhan Buku Teks Strategi Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2). 235-243. https://doi.org/10.24176/re.v12i2.6892.

Darmuki, A., Nugrahani, F., Fathurohman, I., Kanzunnudin, M., & Hidayati, N. A. (2023). The impact of inquiry collaboration project based learning model of Indonesian language course achievement. International Journal of Instruction, 16(2), 247-266.

Dewi, Y., & Mikaresti, P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Pikir Bareng dan Berbagi. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1), 116-128. https://doi.org/10.22437/pena.v9i1.6914.

Fauzan, Setiawan, A., Musaffak, & Rosita, F. Y. (2022). Pola penelitian membaca cepat dan implikasinya terhadap keterampilan membaca cepat bagi calon guru Bahasa Indonesia: Tinjauan pustaka sistematis. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(2), 436-457. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.22719

Flowers, N., Begum, S., Carpenter, D. M. H., & Mulhall, P. F. (2017). Turnaround Success: An Exploratory Study of Three Middle Grades Schools That Achieved Positive Contextual and Achievement Outcomes Using The Schools to Watch I3 Project. RMLE: Research in Middle Level Education, 40(8), 1-14. doi.org/10.1080/19404476.2017.1361295.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2013). Educational research: An introduction (7th ed.). Boston: Allyn & Bacon.

Gayatri, T., Soegiyanto, H., & Rintayati, P. (2018). Development of contextual teaching learning-based audio-visual adobe flash media to improve critical thinking ability of geography learning at senior high school. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 145, No. 1, p. 012004). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1755-1315/145/1/012004.

Gita, S. D., Annisa, M., & Nanna, W. I. (2018). Pengembangan Modul IPA Materi Hubungan Makhluk Hidup dan Lingkungannya Berbasis Pendekatan Kontekstual. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(1), 28-37. https://doi.org/10.24929/lensa.v8i1.28

Glynn, Shawn M. W., & Linda K. (2004). Contextual teaching and learning of science in elementary schools. Journal of elementary science education, 16(2), 51-63.

Gumrowi, A. (2016). Strategi Pembelajaran Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gelombang Siswa Kelas XII MAN 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al- BiRuNi, 5(2), 108-123. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.118

Hidayati, N. A., Herman J. W., Retno W., & Suyitno. (2019). Meanings and Values of Local Wisdom in Sura Salvation Ceremony of Samin Jepang Community, Indonesia for Audio Visual Technology-Based Learning (Turnitin). In Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things, 20 October 2019, Yogyakarta, Indonesia (pp. 1-8). EAI. https://doi.org/10.4108/eai.19-10-2018.2282549

Hidayati, N. A., Herman J.W., Retno W., & Suyitno. (2019). Islamic Values of Sura Ceremony Done by Samin People in Jepang, Margomulyo, Bojonegoro as Character Education for Undergraduates. Proceedings of the 1st Seminar and Workshop on Research Design, for Education, Social Science, Arts, and Humanities, eudl. https://eudl.eu/pdf/10.4108/eai.27-4-2019.2286892.

Hidayati, N. A. (2020). Penerapan Metode Mind Map Berbasis Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 462-468. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.578.

Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Mahasiswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 252-259. https://orcid.org/0000-0002-8019-775X.

Hidayati N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Keterampilan Berbicara. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(1), 322-335. http://dx.doi.org/10.24176/kredo.v5i1.6870.

Hidayati, N. A. (2020). Penerapan Metode Mind Map Berbasis Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 462–468. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.578

Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Pidato Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Unggah Tugas Video di Youtube. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1738–1744. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1566.

Hidayati N. A., & Darmuki A. (2022). Penggunaan E-LKPD Berbasis Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis. Media Penelitian Pendidikan, 16(1), 39-48. https://doi.org/10.26877/mpp.v16i1.12078.

Hoogland, K., Pepin, B., Bakker, A., de Koning, J., & Gravemeijer, K. (2016). Representing Contextual Mathematical Problems in Descriptive or Depictive form: Design of an Instrument and Validation of Its Uses. Studies in Educational Evaluation, 50(2), 22-32. https://doi.org/ 10.1016/j.stueduc.2016.06.005.

Hwang, G. J., Chiu, Li-Yu., Chen, & Ching-Hung. (2015). A Contextual Game Based Learning Approach to Improving Student Inquiry Based Learning Performance. Social Studies Courses, Computer & Education, 81(1), 113-120. doi.org/10.1016/j.compedu.2014.09.006.

Ismatunsarrah, Ridha, I., & Hadiya, I. (2020). Penerapan Model Contextual teaching and Learning pada Pembelajaran Materi Elastisitas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 4(1), 70-80. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.14567.

Johnson, E. B. (2022). Contextual Teaching and Learning: What it is and why it's here to stay. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Kosassy, S. O., Gistituati, N., Jama, J., & Montessori, M. (2018). The Implementation of Contextual Learning Approach in E-learning Based on Weblog Toward Students Learning Achievements. Journal of Counseling and Educational Technology, 1(2), 59-64. https://doi.org/10.32698/0151.

Kurniati, A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Ilmu Keislaman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 43-58. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i1.251.

Lotuling, C. F., Ibrahim, N., & Tumurung, H. (2018). Effectiveness of Learning Method Contextual Teaching Learning (CTL) for increasing learning outcomes of entrepreneurship education. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(3), 37-46. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1184198.pdf.

Miles dan Huberman. (2022). Analisis data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Momang, H. D. (2021). Pengembangan model buku ajar digital keterampilan menyimak berdasarkan pendekatan autentik. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(1), 71-93. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.16202.

Muchlis, M. (2020). Textbook Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Muliana, M., & Sumarsono, D. (2020). Contextual Teaching Learning (CTL) Approach in Speaking Materials for Students’ 21St Century Skill: Does It Have Any Effect? Jo-ELT (Journal of English Language Teaching) Fakultas Pendidikan Bahasa & Seni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP, 6(2), 99. https://doi.org/10.33394/jo-elt.v6i2.2362.

Pengemanan, A. (2020). Application of Contextual Teaching and Learning Approach on Statistics Material Against Student Results. International Education Studies, 13(4), 239-252. https://doi.org/10.5539/ies.v13n4p1.

Perin, D. (2011). Facilitating student learning through contextualization: A review of evidence. Community College Review, 39(3), 268-295.

Rahmawati, L., Supardi, K. I., & Sulistyaningsih, T. (2019). Contextual Teaching and Learning Integrated with Character Education to Improve Student’s Motivation and Character in Concentration of Solutions Topic at Pharmacy Vocational School. JISE: Journal of Innovative Science Education, 8(3), 239-247.

Rahmayantis, M. D., & Nurlailiyah, N. (2021). Pengembangan Materi Bahan Ajar Menulis Puisi dengan Menggunakan Teknik Pemodelan di SMPN 1 Tulungagung. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 243-254. https://doi.org/10.22219/kembara.v6i2.14025.

Ramansyah, W. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Strategi Pembelajaran untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Widyagogik, 1(1), 17-27.

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2021). Approaches and methods in language teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Rohmawati, E., Widodo, W., & Agustini, R. (2018). Membangun Kemampuan Literasi Sains Siswa melalui Pembelajaran Berkonteks Socio-Scientific Issues Berbantuan Media Weblog. JPPIPA: Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 8-14. doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p8-14.

Saragih, E. ., Sinulingga, S., Bukit, B., & Wiranata, V. (2022). Reconstructing Cognitive Levels of Test Items in Indonesian Textbook for Vocational School . KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(1), 15-24. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i1.19759

Selvianiresa, D., & Prabawanto, S. (2017). Contextual teaching and learning approach of mathematics in primary schools. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 895, No. 1, p. 012171). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012171.

Shrum, JL. (2020). Contextualized Language Instruction. Boston: Heinle and Heinle Publishers.

Siti, E., Nurlela, F., & Sujana, A. (2016). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Energi Panas. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 501-510. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2979.

Suciati, Kartowagiran, B., Munadi, S., & Sugiman. (2019). The Single-Case Research of Coastal Contextual Learning Media on the Understanding of Numbers Counting Operation Concept. International Journal of Instruction, 12(3), 681-698. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12341a

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021). The Influence of 4C (Constructive, Critical, Creativity, Collaborative) Learning Model on Students’ Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 873-892. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351a

Teles, S., & Tomimatsu, K. (2014). Contextual Teaching and Learning Using a Card Game Interface. International Journal of Asia Digital Art and Design Association, 18(2), 18-23. https://doi.org/10.20668/adada.18.2_18

Tomlinson, B., & Mashuhara, H. (2018). Developing Language Course Materials. Singapore: SEAMEO Regional Language Centre.

Wahyuningtyas, R. S., & Wuryadi. (2018). The influence of contextual teaching and learning (CTL) towards chritical thinking and problem-solving ability on skeletal system materials. 5th ICRIEMS Proceedings, 5(1), 117-123.

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Darmuki, A., Hidayati, N. A., Tanghal, A. B., & Esteban Jr, A. M. (2023). Pengembangan dan keefektifan model buku teks mata kuliah strategi pembalajaran berbasis pendekatan kontekstual. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(1), 223–238. https://doi.org/10.22219/kembara.v9i1.22635

Issue

Section

Articles