Pengembangan instrument assessment as learning berbasis projek untuk pembelajaran menyimak dan berbicara monologis dialogis bermuatan karakter Bhineka Tunggal Ika

Authors

  • Giati Anisah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Indonesia
  • Midya Yuli Amreta Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v9i1.22701

Keywords:

Bicara monologis, Instrumen assessment as learning, Pembelajaran menyimak dan berbicara

Abstract

Instrumen assessment as learning berbasis projek untuk pembelajaran menyimak dan berbicara dialogis monologis dengan muatan karakter yang mampu mengakomodasi pembelajaran sekaligus menghasilkan informasi mengenai capaian kompetensi siswa menjadi kebutuhan para guru. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk instrument assessment as learning berbasis projek pada pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya elemen menyimak berbicara jenis wacana monologis dialogis bermuatan karakter Bhineka Tunggal Ika yang memenuhi kriteria kelayakan instrumen asesmen. Penelitian ini adalah penelitian R&D yang menggunakan desain ADDIE dimana tahapan penelitiannya meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi serta uji coba lapangan. Validiasi oleh ahli asesmen dan ahli pembelajaran menyimak berbicara memperoleh data mengenai validitas isi, validitas konstruk, validitas perwajahan, dan keterbacaan. Uji coba lapangan dilakukan untuk mendapatkan data dari guru dan siswa mengenai keterterapan, keterbacaan, kemenarikan, dan reliabilitas administrasi. Reliabilitas penyekor diperoleh dengan teknik inter-rater. Merujuk pada hasil analisis data disimpulkan bahwa produk instrumen asesmen yang dihasilkan layak dan siap untuk digunakan. Kelayakan itu dapat ditafsirkan bahwa instrumen asesmen ini mampu meningkatkan kemampuan menyimak berbicara dialogis monologis siswa dan mengembangkan karakter Bhineka Tunggal Ika dalam diri siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditomo, A. (2021). Nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran merdeka belajar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 13. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/merdeka-belajar/Merdeka-Belajar-Profil-Pelajar-Kurikulum-Pancasila.pdf

Agung, A., & Dian, A. (2022). Kesantunan dalam bergosip pedagang di pasar tradisional. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(2), 131–142. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i1.20340

Agustina, M., & Pujiati, R. P. (2022). Pengembangan instrumen penilaian kinerja berbasis model Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu Vol, 6(4).

Anas, M., Muchson, M., Sugiono, S., & Rr. Forijati. (2021). Pengembangan kemampuan guru ekonomi di kediri melalui kegiatan pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 48–57. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i1.28

Anisah, G. (2018). Validitas instrumen asesmen menulis cerpen terintegrasi pendidikan karakter. AL-Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 15–25. https://doi.org/10.36840/ulya.v3i1.148

Anisah, G. (2021). Kerangka konsep assessment of learning, assessment for learning, dan assessment as learning serta penerapannya pada pembelajaran. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, 03(2), 65–76. https://doi.org/10.36840/alaufa.v3i2.508

Anwar, K., & Rizqi, M. A. (2016). Validity and reliability analysis of assessment for customer satisfaction at University of Muhammadiyah Gresik. Didaktika, 22(2), 141–152.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizan, Y. R. (2019). Pembelajaran keterampilan menyimak berbasis website (e-learning) untuk pelajar BIPA tingkat madya. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 1589–1594.

Bender, W. N. (2012). Project-Based Learning differentiating instruction for The 21st Century (1st ed.). Canada: Corwin Press.

Berry, R. (2011). The Assessment as Learning (AaL) framework for teahcing and learning-The AaL Wheel. Assessment and Learning, 4(2), 51–70.

Dann, R. (2017). Assessment as learning: Blurring the boundaries of assessment and learning for theory, policy and practice. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 21(2), 149–166. https://doi.org/10.1080/0969594X.2014.898128

Earl, L. M. (2012). Assessment as learning: Using classroom assessment to maximize student learning. Canada: Corwin Press.

Earl, L. M. (2013). Assessment as learning: Using classroom assessment to maximize student learning. Canada: Corwin Press.

Ghirardini, B. (2011). E-learning methodologies. A guide for designing and developing e-learning courses. FAO.

Himawan, R., & Nurgiyantoro, B. (2022). Analisis butir soal latihan penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 1 Bambanglipuro Bantul menggunakan program ITEMAN. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(1), 160–180. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i1.20530

Iswantari, I. (2021). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Paedagogy, 8(4), 490–496. https://doi.org/10.33394/jp.v8i4.4126

Johnson, E. (2021). Face validity. In encyclopedia of Autism Spectrum Disorders. Springer. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-319-91280-6_308

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2022). Capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka 2022. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. https://doi.org/10.1290/1543-706x(2006)42[39-ab:p]2.0.co;2

Klenowski, V. (2009). Assessment for Learning revisited: an Asia-Pacific perspective. An Asia-Pacific Perspective, 16(3), 263–268. https://doi.org/10.1080/09695940903319646

Kurniawaty, I., & Faiz, A. (2022). Strategi penguatan profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139

Kusmanto, H. (2020). Nilai-nilai pendidikan karakter pada wacana humor kiai. SALINGKA: Majalah Ilmiah Bahasa dan Sastra, 17(1), 29–41. https://doi.org/10.26499/salingka.v17i1.234

Leonardsen, J. K., Karin, B., Utvær, S., & Fjørtoft, H. (2022). The five faces of an assessor: Conceptualizing the enactment of teacher assessment identity in vocational education and training. Educational Assessment, 27(4), 339–355. https://doi.org/10.1080/10627197.2022.2106967

Martin, A. J., Burns, E. C., Collie, R. J., Bostwick, K. C. P., Flesken, A., & Mccarthy, I. (2022). Growth goal setting in high school: A large-scale study of perceived instructional support, personal background attributes, and engagement outcomes. Journal of Educational Psychology, 114(4), 752–771. https://doi.org/10.1037/edu0000682

Massitoh, E. I. (2021). Analisis faktor yang mempengaruhi rendahnya keterampilan menyimak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3(1), 330–333.

Miles, Matthew B., Huberman, A. Michael. dan Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis a methods sourcebook (3rd ed.). New York: SAGE.

Momang, H. D. (2021). Pengembangan model buku ajar digital keterampilan menyimak berdasarkan pendekatan autentik. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(1), 71–93. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.16202

Muchtar, D. (2019). Pendidikan karakter menurut kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142Muhtar, T.

Pangesti, C. R. N., Markhamah, & Rahmawati, L. E. (2022). Muatan pendidikan karakter dalam wacana humor covid-19. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(1), 97–110. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i1.19932

Perea, M. (2013). Why does the apa recommend the use of serif fonts? Psicothema, 25(1), 13–17. https://doi.org/10.7334/psicothema2012.141.

Pursika, I. N. (2009). Kajian analitik terhadap semboyan ”Bhinneka Tunggal Ika”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 42(1), 15–20.

Putriadi, D. N. (2020). Pengembangan Asesmen kinerja pada praktikum IPA berbasis pendekatan Saintifik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 14(2), 125–143. https://doi.org/10.23887/wms.v14i2.16120

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil Pelajar Pancasila dalam impelementasi Kurikulum Prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I3.2714

Rahmayanti, R. D., Yarno, Y., & Hermoyo, R. P. (2021). Pendidikan karakter dalam film animasi riko the series produksi garis sepuluh. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(1), 157–172. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.15139

Raini, A., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis kebijakan tentang pedagogie dan penilaian pendidikan (AKM=Asesmen Kompetensi Minimum, survey karakter dan survey lingkungan belajar). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), 131–142. https://doi.org/10.36835/modeling.v9i1.1136

Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., Sutomo, S., & Widarti, H. R. (2021). Analisis kesiapan peserta didik dan guru pada asesmen nasional (asesmen kompetensi minimum, survey karakter, dan survey lingkungan belajar. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61–71. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p61

Schellekens, L. H., Bok, H. G. J., de Jong, L. H., van der Schaaf, M. F., Kremer, W. D. J., & van der Vleuten, C. P. M. (2021). A Scoping review on the notions of Assessment as Learning (AaL), Assessment for Learning (AfL), and Assessment of Learning (AoL). Studies in Educational Evaluation, 71(October), 1–15. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101094

Sharon, T. (2016). Validating product ideas: Through lean user research. In Foreign Affairs (Vol. 91, Issue 5, pp. 1689–1699).

Shrotryia, V. K., & Dhanda, U. (2019). Content validity of assessment instrument for employee engagement. SAGE Open, 9(1), 234–245. https://doi.org/10.1177/2158244018821751

Tunagür, M., Kardaş, N., & Kardaş, M. N. (2021). The effect of student centered listening/speaking activities on Turkish listening speaking skills of bilingual students. International Journal of Education and Literacy Studies, 9(1), 136–149. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.9n.1p.136

Wahyuni, L. D., Gumela, G., & Maulana, H. (2020). Interrater reliability: Comparison of essay’s tests and scoring rubrics. Journal of Physics: Conference Series, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1933/1/012081

Widiyarti, G. (2022). Pengembangan model asesmen autentik keterampilan berbicara peserta didik sekolah dasar di Kota Medan. Medan: UNIMED Press.

Wineburg, S., Breakstone, J., Mcgrew, S., Smith, M. D., & Ortega, T. (2022). Lateral reading on the open internet: A district-wide field study in high school government classes. Journal of Educational Psychology, 114(5), 893–909. https://doi.org/10.1037/edu0000740

Yan, Zi., & Yang, L. (2021). Assessment as learning maximising opportunities for student learning and achievement. In Assessment as Learning Maximising Opportunities for Student Learning and Achievement (1st ed.). Routledge.

Yan, Z., & Boud, D. (2022). Conceptualising assessment as learning. In Assessment as Learning: Maximising Opportunities for Student Learning and Achievement (Issue July, pp. 11–24). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003052081-2

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Anisah, G., & Amreta, M. Y. (2023). Pengembangan instrument assessment as learning berbasis projek untuk pembelajaran menyimak dan berbicara monologis dialogis bermuatan karakter Bhineka Tunggal Ika. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(1), 76–88. https://doi.org/10.22219/kembara.v9i1.22701

Issue

Section

Articles