Evaluasi CIPP pembelajaran keterampilan membaca di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Analisis proses dan produk

Authors

  • Melati Beauty Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Laili Etika Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Markhamah Markhamah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Ku-Ares Tawandorloh Fathony University, Thailand

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v9i1.23516

Keywords:

CIPP, Keterampilan membaca, Penelitian evaluasi

Abstract

Keterampilan membaca sangat membantu mahasiswa untuk menemukan informasi yang dapat diolah menjadi ide atau temuan baru, gagasan, dan referensi dalam mengembangkan produk tulisan. Penelitian ini didasari oleh adanya mata kuliah keterampilan membaca yang diselenggarakan secara daring (dalam jaringan). Pembelajaran keterampilan membaca perlu dilakukan evaluasi untuk memperoleh konsep yang menyeluruh terkait daya guna pembelajaran dan konsep rencana pembelajaran yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi pembelajaran keterampilan membaca menggunakan model evaluasi CIPP yang berfokus pada aspek proses dan produk. Penelitian ini menggunakan teknik studi dokumen untuk mengumpulkan data yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan analisis proses dan produk, pembelajaran keterampilan membaca telah sejalan dengan karakteristik pembelajaran meliputi interaktif, holistik, terintegrasi, ilmiah, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa. Namun, disisi lain terdapat komponen perencanaan pembelajaran yang perlu ditambahkan yakni berkaitan dengan panduan atau pedoman sistematis dalam penulisan makalah atau tugas karya ilmiah serta perlu adanya kriteria atau produk dalam penyusunan tugas akhir pembelajaran keterampilan membaca. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa evaluasi pembelajaran keterampilan membaca dari aspek proses dan produk masuk dalam kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andreani, S., Muniroh, S., Suharyadi, Astuti, U. P., & Yulizar. (2021). The contribution of genre awareness and reading habits towards students’ reading comprehension. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 11(2), 463–476. https://doi.org/10.17509/ijal.v11i2.35260

Andriani, L., Syahrul, R., Ermanto., & Asril, Y. (2019). Development of the CIPP evaluation model for computer-based Indonesian language learning. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 10540–10544. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/2715

Arnumasari, R. E., & Etika, L. (2022). Evaluasi input pembelajaran membaca di sekolah dasar. Taman Cendekia:Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.30738/tc.v6i1.12076 This

Aryana, S., Burhanudin, M., Fauziya, D. S., & Wagiran, W. (2022). Evaluasi pembelajaran daring mata kuliah Bahasa Indonesia menggunakan model Context, Input, Process, Product (CIPP) (Evaluation of Indonesian Language Course Online Learning Using the Context, Input, Process, Product (CIPP) Model). Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 425. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.10284

Aryanika, S. (2015). Evaluasi pembelajaran bahasa indonesia di perguruan tinggi. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(3), 287–301. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/alidarah.v5i1.757

Aziz, S., Mahmood, M., & Rehman, Z. (2018). Implementation of CIPP model for quality evaluation at school level: A case study. Journal of Education and Educational Development, 5(1), 189. https://doi.org/10.22555/joeed.v5i1.1553

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. 4(4), 1429–1437. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Rajawali Pers.

Darmuki, A., Andayani, Nurkamto, J., & Saddhono, K. (2017). Evaluating information-processing-based learning cooperative model on speaking skill course. Journal of Language Teaching and Research, 8(1), 44–51. https://doi.org/10.17507/jltr.0801.06

Doyok, R. (2021). Model Evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program tahfiz selama daring di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 73. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.429

Ekasari, E. R. R., & Trisnawati, N. (2020). Pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa kelas X OTKP di SMKN 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 236–245. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p236-245

Fauzan, F., Setiawan, A., Musaffak, & Yufarlina Rosita, F. (2022). Pola penelitian membaca cepat dan implikasinya terhadap keterampilan membaca cepat bagi calon guru Bahasa Indonesia: Tinjauan pustaka sistematis. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(2), 436–457. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.22719

Fauzan, F., Eriyanti, R. W., & Asih, R. A. (2023). Misconception of reading literacy and its impacts on literacy acculturation in school. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan, 42(1), 208-219. https://doi.org/10.21831/cp.v42i1.53041

Finney, T. L. (2019). Special section on quantitative program evaluation: Confirmative evaluation: New CIPP evaluation model. Journal of Modern Applied Statistical Methods, 18(2), 2–24. https://doi.org/10.22237/jmasm/1598889893

Fitria, S., & Suparno, S. (2016). Evaluasi pembelajaran keterampilan membaca permulaan di TK Fastrack Funschool kelas A program nusantara Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 85. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.6481

Gumono. (2016). Profil minat baca mahasiswa FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Wacana, 14(1), 65–78. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jwacana.v14i1.871

Halidjah, S. (2012). Evaluasi keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2(1), 259–268. https://doi.org/10.26418/jvip.v2i1.367

Hasanudin, C., Wagiran, W., & Subyantoro, S. (2021). Evaluasi perkuliahan daring keterampilan menulis selama masa pandemi Covid-19 dengan model evaluasi CIPP. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2), 27. https://doi.org/10.30734/jpe.v8i2.1784

Hidayah, L. (2017). Implementasi budaya literasi di sekolah dasar melalui optimalisasi perpustakaan: Studi kasus di Sekolah Dasar Negeri di Surabaya. JU-Ke (Jurnal Ketahanan Pangan), 1(2), 48–58. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/791

Intan, A. J. M., & Sugiarto, Y. (2022). Pengaruh pembelajaran daring terhadap kompetensi mahasiswa vokasi perhotelan pada masa pandemi Covid-19. Cakrawala Repositori IMWI, 5(2), 168–178. https://doi.org/https://doi.org/10.52851/cakrawala.v5i2.126

Junanto, S., & Kusna, N. A. A. (2018). Evaluasi program pembelajaran di PAUD inklusi dengan model context. INKLUSI: Journal of Disability Studies, V(2), 179–194. https://doi.org/10.14421/ijds.050202

Kafi, Z., Motallebzadeh, K., Khodabakhshzadeh, H., & Zeraatpisheh, M. (2019). Developing, glocalizing & validating a quality indices rubric in English language teaching: A case of CIPP model. Cogent Education, 6(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2019.1666643

Khotimah, K., Akbar, S., & Sa’dijah, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (Gls) di tingkat Sekolah Dasar. Visipena Journal, 9(2), 261–273. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.458

Nurhayani, Yaswinda, & Movitaria, M. A. (2022). Model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program pendidikan karakter sebagai fungsi pendidikan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2353–2362. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1116

Nurhayati, N. (2020). Meningkatkan kebiasaan membaca mahasiswa melalui penugasan membuat pertanyaan. Jupendik: Jurnal Pendidikan, 4(1), 36–41. http://jupendik.or.id/index.php/jupendik/article/view/29

Pramesti, S. L. D. (2020). Evaluasi pembelajaran matematika pada boarding school berdasarkan model CIPP. Jurnal Int∑gral, 11(1), 17–32. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JNR/article/view/1139/750

Rahanu, H., Georgiadou, E., Khan, N., Colson, R., Hill, V., & Edwards, J. A. (2016). The development of student learning and information literacy: A case study. Education for Information, 32(3), 211–224. https://doi.org/10.3233/EFI-150959

Rahmawati, L. E., Prayitno, H. J., Utami, D. A. F., & Beauty, M. (2019). Optimalisasi kompetensi menulis ilmiah mahasiswa dengan metode metaanalisis. Paedagogie, 14(2), 53–58. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v14i2.3014

Rahmawati, L. E., Wahyudi, A. B., Purnanto, A. W., Latifa, R., & Purnomo, E. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiah Menggunakan Model CIPP. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 92–102. https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i2.8763

Romadhon, A. C. (2020). Pentingnya membaca dan menulis serta kaitannya dengan kemajuan peradaban bangsa. Jurnal Edukasi, 1(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.35542/osf.io/ju3c5

Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran guru dalam pembelajaran membaca dan menulis melalui gerakan literasi di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/938

Sahmini, M., & Rostikawati, Y. (2015). Pengembangan evaluasi keterampilan menulis karya ilmiah dengan pendekatan sistem. P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 182. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p182-191.177

Salam, M. (2020). Whatsaap: Kehadiran, aktivitas belajar, dan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–76. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm

Sankaran, S., & Saad, N. (2022). Evaluating the bachelor of education program based on the context, input, process, and product model. Frontiers in Education, 7(June), 1–8. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.924374

Sari, R. (2021). Program gerakan literasi di Sekolah Alam Lampung: Model evaluasi menggunakan CIPP. Journal of Interdisciplinary Science…, 1(1), 1–12. https://journal.sties-alifa.ac.id/index.php/jise/article/view/5%0Ahttps://journal.sties-alifa.ac.id/index.php/jise/article/download/5/11

Setiawan, A., & Musaffak, M. (2021). Profil penelitian keterampilan membaca cepat pada jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam PPJB-SIP. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 7(2), 463–475. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.17889

Stufflebeam, D. L., & Coryn, C. L. . (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications (2nd ed.) (2nd ed.). Jossey-Bass.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syazali, M., Widiade, I. K., Nursaptini, N., Putu Nina S, N. L., & Hasnawati, H. (2020). Evaluasi keterampilan menulis makalah pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 546. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2775

Uswati, T. S., Nesi, A., & Wagiran. (2022). Implementasi evaluasi CIPP untuk pembelajaran daring teknik kepewaraan : Studi kasus di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. KEMBARA:Jurnal Keilmuan Bahasa, Sasstra, dan Pengajarannya, 8(2), 288–302. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.21314

Yuliarti, Riansi, E. S., Sultoni, A., Sohnui, S., & Sumarwati. (2017). Evaluasi program model CIPP pada proses pembelajaran MKU Bahasa Indonesia. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 1(2), 75–82. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.109

Downloads

Published

2023-04-09

How to Cite

Beauty, M., Rahmawati, L. E., Markhamah, M., & Tawandorloh, K.-A. (2023). Evaluasi CIPP pembelajaran keterampilan membaca di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Analisis proses dan produk. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.22219/kembara.v9i1.23516

Issue

Section

Articles