Evaluasi CIPP pembelajaran keterampilan membaca di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Analisis proses dan produk
DOI:
https://doi.org/10.22219/kembara.v9i1.23516Keywords:
CIPP, Keterampilan membaca, Penelitian evaluasiAbstract
Keterampilan membaca sangat membantu mahasiswa untuk menemukan informasi yang dapat diolah menjadi ide atau temuan baru, gagasan, dan referensi dalam mengembangkan produk tulisan. Penelitian ini didasari oleh adanya mata kuliah keterampilan membaca yang diselenggarakan secara daring (dalam jaringan). Pembelajaran keterampilan membaca perlu dilakukan evaluasi untuk memperoleh konsep yang menyeluruh terkait daya guna pembelajaran dan konsep rencana pembelajaran yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi pembelajaran keterampilan membaca menggunakan model evaluasi CIPP yang berfokus pada aspek proses dan produk. Penelitian ini menggunakan teknik studi dokumen untuk mengumpulkan data yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan analisis proses dan produk, pembelajaran keterampilan membaca telah sejalan dengan karakteristik pembelajaran meliputi interaktif, holistik, terintegrasi, ilmiah, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa. Namun, disisi lain terdapat komponen perencanaan pembelajaran yang perlu ditambahkan yakni berkaitan dengan panduan atau pedoman sistematis dalam penulisan makalah atau tugas karya ilmiah serta perlu adanya kriteria atau produk dalam penyusunan tugas akhir pembelajaran keterampilan membaca. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa evaluasi pembelajaran keterampilan membaca dari aspek proses dan produk masuk dalam kategori baik.
Downloads
References
Andreani, S., Muniroh, S., Suharyadi, Astuti, U. P., & Yulizar. (2021). The contribution of genre awareness and reading habits towards students’ reading comprehension. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 11(2), 463–476. https://doi.org/10.17509/ijal.v11i2.35260
Andriani, L., Syahrul, R., Ermanto., & Asril, Y. (2019). Development of the CIPP evaluation model for computer-based Indonesian language learning. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 10540–10544. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/2715
Arnumasari, R. E., & Etika, L. (2022). Evaluasi input pembelajaran membaca di sekolah dasar. Taman Cendekia:Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.30738/tc.v6i1.12076 This
Aryana, S., Burhanudin, M., Fauziya, D. S., & Wagiran, W. (2022). Evaluasi pembelajaran daring mata kuliah Bahasa Indonesia menggunakan model Context, Input, Process, Product (CIPP) (Evaluation of Indonesian Language Course Online Learning Using the Context, Input, Process, Product (CIPP) Model). Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 425. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.10284
Aryanika, S. (2015). Evaluasi pembelajaran bahasa indonesia di perguruan tinggi. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(3), 287–301. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/alidarah.v5i1.757
Aziz, S., Mahmood, M., & Rehman, Z. (2018). Implementation of CIPP model for quality evaluation at school level: A case study. Journal of Education and Educational Development, 5(1), 189. https://doi.org/10.22555/joeed.v5i1.1553
Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. 4(4), 1429–1437. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Rajawali Pers.
Darmuki, A., Andayani, Nurkamto, J., & Saddhono, K. (2017). Evaluating information-processing-based learning cooperative model on speaking skill course. Journal of Language Teaching and Research, 8(1), 44–51. https://doi.org/10.17507/jltr.0801.06
Doyok, R. (2021). Model Evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program tahfiz selama daring di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 73. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.429
Ekasari, E. R. R., & Trisnawati, N. (2020). Pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa kelas X OTKP di SMKN 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 236–245. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p236-245
Fauzan, F., Setiawan, A., Musaffak, & Yufarlina Rosita, F. (2022). Pola penelitian membaca cepat dan implikasinya terhadap keterampilan membaca cepat bagi calon guru Bahasa Indonesia: Tinjauan pustaka sistematis. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(2), 436–457. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.22719
Fauzan, F., Eriyanti, R. W., & Asih, R. A. (2023). Misconception of reading literacy and its impacts on literacy acculturation in school. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan, 42(1), 208-219. https://doi.org/10.21831/cp.v42i1.53041
Finney, T. L. (2019). Special section on quantitative program evaluation: Confirmative evaluation: New CIPP evaluation model. Journal of Modern Applied Statistical Methods, 18(2), 2–24. https://doi.org/10.22237/jmasm/1598889893
Fitria, S., & Suparno, S. (2016). Evaluasi pembelajaran keterampilan membaca permulaan di TK Fastrack Funschool kelas A program nusantara Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 85. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.6481
Gumono. (2016). Profil minat baca mahasiswa FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Wacana, 14(1), 65–78. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jwacana.v14i1.871
Halidjah, S. (2012). Evaluasi keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2(1), 259–268. https://doi.org/10.26418/jvip.v2i1.367
Hasanudin, C., Wagiran, W., & Subyantoro, S. (2021). Evaluasi perkuliahan daring keterampilan menulis selama masa pandemi Covid-19 dengan model evaluasi CIPP. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2), 27. https://doi.org/10.30734/jpe.v8i2.1784
Hidayah, L. (2017). Implementasi budaya literasi di sekolah dasar melalui optimalisasi perpustakaan: Studi kasus di Sekolah Dasar Negeri di Surabaya. JU-Ke (Jurnal Ketahanan Pangan), 1(2), 48–58. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/791
Intan, A. J. M., & Sugiarto, Y. (2022). Pengaruh pembelajaran daring terhadap kompetensi mahasiswa vokasi perhotelan pada masa pandemi Covid-19. Cakrawala Repositori IMWI, 5(2), 168–178. https://doi.org/https://doi.org/10.52851/cakrawala.v5i2.126
Junanto, S., & Kusna, N. A. A. (2018). Evaluasi program pembelajaran di PAUD inklusi dengan model context. INKLUSI: Journal of Disability Studies, V(2), 179–194. https://doi.org/10.14421/ijds.050202
Kafi, Z., Motallebzadeh, K., Khodabakhshzadeh, H., & Zeraatpisheh, M. (2019). Developing, glocalizing & validating a quality indices rubric in English language teaching: A case of CIPP model. Cogent Education, 6(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2019.1666643
Khotimah, K., Akbar, S., & Sa’dijah, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (Gls) di tingkat Sekolah Dasar. Visipena Journal, 9(2), 261–273. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.458
Nurhayani, Yaswinda, & Movitaria, M. A. (2022). Model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program pendidikan karakter sebagai fungsi pendidikan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2353–2362. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1116
Nurhayati, N. (2020). Meningkatkan kebiasaan membaca mahasiswa melalui penugasan membuat pertanyaan. Jupendik: Jurnal Pendidikan, 4(1), 36–41. http://jupendik.or.id/index.php/jupendik/article/view/29
Pramesti, S. L. D. (2020). Evaluasi pembelajaran matematika pada boarding school berdasarkan model CIPP. Jurnal Int∑gral, 11(1), 17–32. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JNR/article/view/1139/750
Rahanu, H., Georgiadou, E., Khan, N., Colson, R., Hill, V., & Edwards, J. A. (2016). The development of student learning and information literacy: A case study. Education for Information, 32(3), 211–224. https://doi.org/10.3233/EFI-150959
Rahmawati, L. E., Prayitno, H. J., Utami, D. A. F., & Beauty, M. (2019). Optimalisasi kompetensi menulis ilmiah mahasiswa dengan metode metaanalisis. Paedagogie, 14(2), 53–58. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v14i2.3014
Rahmawati, L. E., Wahyudi, A. B., Purnanto, A. W., Latifa, R., & Purnomo, E. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiah Menggunakan Model CIPP. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 92–102. https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i2.8763
Romadhon, A. C. (2020). Pentingnya membaca dan menulis serta kaitannya dengan kemajuan peradaban bangsa. Jurnal Edukasi, 1(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.35542/osf.io/ju3c5
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran guru dalam pembelajaran membaca dan menulis melalui gerakan literasi di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/938
Sahmini, M., & Rostikawati, Y. (2015). Pengembangan evaluasi keterampilan menulis karya ilmiah dengan pendekatan sistem. P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 182. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p182-191.177
Salam, M. (2020). Whatsaap: Kehadiran, aktivitas belajar, dan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–76. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm
Sankaran, S., & Saad, N. (2022). Evaluating the bachelor of education program based on the context, input, process, and product model. Frontiers in Education, 7(June), 1–8. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.924374
Sari, R. (2021). Program gerakan literasi di Sekolah Alam Lampung: Model evaluasi menggunakan CIPP. Journal of Interdisciplinary Science…, 1(1), 1–12. https://journal.sties-alifa.ac.id/index.php/jise/article/view/5%0Ahttps://journal.sties-alifa.ac.id/index.php/jise/article/download/5/11
Setiawan, A., & Musaffak, M. (2021). Profil penelitian keterampilan membaca cepat pada jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam PPJB-SIP. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 7(2), 463–475. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.17889
Stufflebeam, D. L., & Coryn, C. L. . (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications (2nd ed.) (2nd ed.). Jossey-Bass.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syazali, M., Widiade, I. K., Nursaptini, N., Putu Nina S, N. L., & Hasnawati, H. (2020). Evaluasi keterampilan menulis makalah pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 546. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2775
Uswati, T. S., Nesi, A., & Wagiran. (2022). Implementasi evaluasi CIPP untuk pembelajaran daring teknik kepewaraan : Studi kasus di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. KEMBARA:Jurnal Keilmuan Bahasa, Sasstra, dan Pengajarannya, 8(2), 288–302. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.21314
Yuliarti, Riansi, E. S., Sultoni, A., Sohnui, S., & Sumarwati. (2017). Evaluasi program model CIPP pada proses pembelajaran MKU Bahasa Indonesia. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 1(2), 75–82. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.109
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with The KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) agree to the following terms:
Articles are published under the Creative Commons Attribution 3.0 Unported License (CC-BY 3.0).
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya are required to cite the original source, including the author's names, KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) as the initial source of publication, year of publication, volume number and DOI (if available).
Authors may publish the manuscript in any other journal or medium but any such subsequent publication must include a notice that the manuscript was initially published by KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal).
Authors grant KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) the right of first publication. Although authors remain the copyright owner, they grant the journal the irrevocable, nonexclusive rights to publish, reproduce, publicly distribute and display, and transmit their article or portions thereof in any manner.