Literasi data: Dalam menulis karya ilmiah di perguruan tinggi

Authors

  • Juni Syaputra STKIP Muhammadiyah Manokwari, Indonesia
  • Vismaia S Damayanti Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Dadang S Anshori Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Andoyo Sastromihardjo Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v9i1.23883

Keywords:

Literasi data, Penulisan karya ilmiah di perguruan tinggi

Abstract

Karya tulis ilmiah merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengkomunikasikan pengetahuan, pengalaman, dan informasi yang diperoleh kepada pembaca. Litarasi data merupakan sarana yang dapat membantu mahsiswa menegembangkan, menganalisis dan mengkonklusi data yang diperoleh menjadi konstruksi karya tulis ilmiah yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah ditinjau dari literasi data dalam menulis karya ilmiah di perguruan tinggi. Untuk mendapatkan data penelitian, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data yaitu hambatan menulis karya ilmiah ditinjau dari literasi data. Data diperoleh dari karya ilmiah yang dihasilkan mahasiswa. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan teknik pengamatan dan pembacaan secara teliti terhadap karya ilmiah yang dihasilkan oleh mahasiswa, teknik dokumentasi dengan cara menandai atau mencatat bagian-bagian penting karya. Teknik analisis data dengan melakukan pemetaan tingkat kesalahan yang selalu terjadi, dan perhitungan persentase kesalahan yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa masih rendah terutama pada bagian pengembangan ide dan pembahasan. Berikut perhitungan persentase kemampuan menulis karya ilmiah dan literasi data 14,25% mahasiswa mampu mengembangkan ide ditinjau dari 19% literasi data tahapan menganalisis. Kemampuan menulis karya ilmiah pada bagian hasil dan pembahasan dengan 13,55% ditinjau dari literasi data tahapan membuat konklusi 12,4%. Penulisan karya ilmiah pada bagian kesimpulan diperoleh hasil 72,2% ketepatan mahasiswa dalam membuat bagian simpulan dengan literasi data tahapan membaca sebesar 68,6%. Dari hasil penelitian ini, kemampuan menulis karya ilmiah di perguruan tinggi masih mengalami kendala pada bagian pengembangan ide dan bagian hasil dan pembahasan. Diharapkan untuk penelitian lanjutan untuk menyoroti bagian pengembangan ide dan pembahasan untuk mengatasi kesulitan yang telah ditemukan pada penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, D. N. (2020). Analisis kesalahan berbahasa pada penulisan media luar ruang di wilayah Kota Medan. Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(1), 14-37. http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v2i1.14-37

Agus, P. A. W. (2018). Penulisan karya tulis ilmiah. Lampung: Universitas Negeri Lampung Press.

Alfin, J. (2018). Membangun Budaya literasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia menghadapi era revolusi industri 4.0. Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 60–66.

Alkhuzaee, F. S., Al-Mehmadi, A. A., Al-Sehly, A. A., Nahari, M. H., Al-Muwallad, M. A., & Ali, M. (2019). Identifying the facilitators and barriers for scientific writing among pharmacy students in college of pharmacy, UMM Al-Qura University–A Qualitative Study. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 11(12), 1265–1273. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2019.09.004

Atmaja, H. (2016). Analisis struktur retorika bagian hasil dan pembahasan artikel jurnal bidang berbahasa indonesia bidang ilmu sastra pada jurnal “Bisa” Fkip Universitas Bengkulu. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 150–156. https://doi.org/10.33369/diksa.v2i2.3412

Cahyani, I. (2010). Peningkatan kemampuan menulis makalah melalui model pembelajaran berbasis penelitian pada mata kuliah umum Bahasa Indonesia. Sosiohumanika: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan, 3(2), 175–192. http://mindamas-journals.com/index.php/sosiohumanika/article/view/411

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, qantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

D’Ignazio, C. (2022). Creative data literacy. Information Design Journal, 23(1), 6–18. https://doi.org/10.1075/idj.23.1.03dig

Dai, Y. (2020). How many ways can we teach data literacy? IASSIST Quarterly, 43(4), 1–11. https://doi.org/10.29173/iq963

Darmalaksana, W. (2020). Hasil dan Pembahasan untuk artikel konseptual. Jurnal Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin, 1(2), 1–8.

Elserag, H. B. (2012). Writing and publishing scientific papers. Gastroenterology, 142(2), 197–200. https://doi.org/10.1053/j.gastro.2011.12.021

Fitriani, Y., & Aziz, I. A. (2019). Literasi era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 3, No. 1).

Heriyudananta, M. (2021). Analisis kompetensi menulis karya tulis ilmiah mahasiswa di Indonesia. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(1), 47–55. https://doi.org/10.53754/iscs.v1i1.5

Ibda, H. (2019). Bahasa Indonesia tingkat lanjut untuk mahasiswa: Dilengkapi caturtunggal keterampilan berbahasa. Yogyakarta: CV. Pilar Nusantara.

Ismail, S., Ulliya, S., Anggorowati, Naviati, E., Nurrahima, A., & Rochana, N. (2018). Buku panduan penulisan karya tulis ilmiah. Makassar: LP2M STIBA Makassar.

Klimova, B. F. (2013). Improving students’ scientific writing. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 83, 130-133. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.025

Kotz, D., Cals, J. W. L., Tugwell, P., & Knottnerus, J. A. (2013). Introducing a new series on effective writing and publishing of scientific papers. Journal of Clinical Epidemiology, 66(4), 359–360. https://doi.org/10.1016/j.jclinepi.2013.01.001

Kristyanto, D. (2020). Literasi Data dan Tantangan Industrialisasi 4.0 Bagi Masyarakat Pesisir di Indonesia. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 3(2), 188-205.

Kurniadi, F. (2017). Penulisan karya tulis ilmiah mahasiswa dengan media aplikasi pengolah kata. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 267–277. https://doi.org/10.21009/aksis.010208

Mayyas, F., & Alzoubi, K. (2022). Awareness and knowledge of manuscript writing and research integrity: A cross sectional survey among graduate students. Heliyon, 8(11), e11447. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e11447

Muhtadin, M. (2017). Struktur Retorika dan Fitur Linguistik Bagian Pendahuluan Artikel Jurnal Penelitian Berbahasa Indonesia Bidang Ilmu Hukum. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(2), 123-269. https://doi.org/10.22219/kembara.v3i2.4981

Mujianto, G. (2015). Tindak tutur guru dalam pembelajaran menulis dengan komposisi terarah berdasarkan tingkat kognisi siswa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2), 173–197. https://doi.org/10.22219/kembara.v1i2.2614

Mujianto, G. (2017). Piranti kohesi dalam wacana tulis guru sma/smk muhammadiyah kabupaten Malang. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(2), 210–233. https://doi.org/10.22219/kembara.v3i2.5162

Muliastrini, N. K. E. (2019). Penguatan Literasi Baru (Literasi Data, Teknologi, dan SDM/Humanisme) pada Guru-Guru Sekolah Dasar dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(2-1), 88-102. Retrieved from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/354

Nasution, M. K. M. (2017). Cara menulis karya ilmiah. Teknik Penulisan Karya Ilmiah, 2(May), 1–4. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.18269.61922

Nirwana, & Ruspa. A. R. (2020). Kemampuan menulis karya tulis ilmiah mahasiswa prodi informatika Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 6(1), 557–566. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i1.277

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan profesionalisme guru bagi guru profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 97–114.

Persadha, D. A. K. (2016). Studi kompetensi kemampuan menulis di kalangan mahasiswa. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 6(1), 1-20. https://doi.org/10.24269/muaddib.v6n1.2016.1-20

Potter, J., & McDougall, J. (2017). Digital media, culture and education: Theorising third space literacies. New York: Springer.

Rafli, Z., & Attas, S. G. (2019). Peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah melalui model pembelajaran workshop dan kolaborasi (penelitian tindakan di program studi PBSI STKIP Muhammadiyah Bogor). Semnasfip, 32–39.

Rosmiati, A. (2017). Dasar-dasar penulisan karya ilmiah. Yogyakarta: ISI Press.

Sa’diyah, I. (2022). Kesalahan berbahasa Indonesia tulis pada aspek ejaan, morfologi, dan sintaksis oleh peserta pelatihan menulis Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(2), 255-271. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.22282

Sakrim. (2019). Keterampilan Menulis Karya Ilmiah. Bangkalan: STKIP Bangkalan Press.

Salamah, U. (2018). Pembelajaran menulis karya ilmiah berbasis deep dialogue critical-creative thinking (DDCCT). JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 90-101. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.5718

Sudjana, N. (2011). Tuntunan penyusunan karya ilmiah makalah, skripsi, disertasi, tesis. Jakarta: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suyono, M. P., Amaliah, R., Dewi Ariani, S. S., & Luciandika, A. (2015). Cerdas Menulis Karya Ilmiah. Malang: Penerbit Gunung Samudera.

Throgmorton, K. F., Norlander, B., & Palmer, C. L. (2020). Open data in public libraries: Gauging activities and supporting ambitions. Proceedings of the Association for Information Science and Technology, 57(1), 1–7. https://doi.org/10.1002/pra2.321

Torres-Valladares, D., Ballinas-García, E., Villarreal-Reyes, J., Morales-Álvarez, V., & Ortiz-Del-Ánge, C. (2020). Research papers 101: The do’s and don’ts of scientific writing. Materials Today: Proceedings, 48(xxxx), 107–114. https://doi.org/10.1016/j.matpr.2020.12.708

Wasmana. (2011). Penulisan karya ilmiah. Bandung: STKIP Siliwangi Bandung Press.

Widiastuti, Y., Lestari, O. W., & Ambarwati, A. (2022). Preferensi media bacaan sastra siswa SMAN 1 Kraksaan: Cetak atau digital? KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(2), 272-287. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.21345

Yanita, H. (2016). Analisis struktur retorika dan penanda kebahasaan bagian hasil dan pembahasan artikel jurnal penelitian bisa fkip unib untuk bidang pengajaran bahasa. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 165-170. https://doi.org/10.33369/diksa.v2i2.3457

Yanti, N., Suhartono, S., & Hiasa, F. (2018). Keterampilan menulis akademik mahasiswa s-1 program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia fkip universitas Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(1), 1-16. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4

Yu, S., & Liu, C. (2021). Improving student feedback literacy in academic writing: an evidence-based framework. Assessing Writing, 48(December 2020), 100525. https://doi.org/10.1016/j.asw.2021.100525

Zotzmann, K., & Sheldrake, R. (2021). Postgraduate students’ beliefs about and confidence for academic writing in the field of applied linguistics. Journal of Second Language Writing, 52(March), 100810. https://doi.org/10.1016/j.jslw.2021.100810

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Syaputra, J., Damayanti, V. S., Anshori, D. S., & Sastromihardjo, A. (2023). Literasi data: Dalam menulis karya ilmiah di perguruan tinggi. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(1), 204–212. https://doi.org/10.22219/kembara.v9i1.23883

Issue

Section

Articles