Respon mahasiswa dan dosen terhadap modul sintaksis bahasa Indonesia berbasis STEAM

Authors

  • Reni Kusmiarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Yanti Paulina Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Eli Rustinar Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Jelita Zakaria Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Yuentie Sova Puspidalia Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
  • Ahmad Hasbullah Srinakharinwirot University, Thailand

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v9i1.24172

Keywords:

Respon, Modul, Sintaksis bahasa Indonesia, STEAM

Abstract

Pembelajaran dengan pendekatan STEAM dapat membangun pemahaman siswa, mengomunikasikan kemampuannya secara logis, sistematis, dan menarik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan respon mahasiswa dan dosen terhadap modul sintaksis bahasa Indonesia berbasis STEAM. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa dan dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kota Bengkulu. Data penelitian berupa respon mahasiswa dan dosen, sedangkan sumber datanya adalah modul sintaksis berbasis STEAM. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Angket respon mahasiswa dan dosen dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan respon mahasiswa pada pengujian lapangan uji terbatas pada aspek tampilan sebesar 89,50%; aspek bahasa 88,00%; aspek penyajian materi 88,75% dan aspek manfaat modul sintaksis berbasis STEAM 89,75% dengan rata-rata 89% yaitu sangat baik. Hasil respon mahasiswa pada pengujian uji luas pada pada aspek tampilan sebesar 86,68%; aspek bahasa 90.50%; aspek penyajian materi 91,19% dan aspek manfaat modul sintaksis berbasis STEAM 85.95% dengan rata-rata 88,58% sangat baik. Hasil respon dosen pada aspek penilaian grafika 80%; bahasa 87,5%; kelayakan isi 90,75%; kelayakan penyajian 88,5%; aktivitas STEAM 93,75 dengan rata-rata sebesar 88.1% sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, respon mahasiswa dan dosen tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul sintaksis berbasis STEAM sangat baik dan layak digunakan oleh mahasiswa sebagai media penunjang dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, S., Panjaitan, R. G. P., & Wahyuni, E. S. (2022). Student responses to the electronic module of the circulatory system. Jurnal Mangifera Edu, 7(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v7i1.136

Amin, A. M., Corebima, A. D., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2020). The correlation between metacognitive skills and critical thinking skills at the implementation of four different learning strategies in animal physiology lectures. European Journal of Educational Research, 9(1), 143–163. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.143

Anastasiia A. Tytarenko, Viktoriia V. Revenko, Ludmila L. Matsepura, Y. V. P. (2021). Steam approach to the development of future teachers’ English language skills. AJournal for Educators, Teachers and Trainers, 12(3), 34–36. https://doi.org/10.5958/2249-7137.2022.00169.0

Apriliana, M. R., Ridwan, A., Hadinugrahaningsih, T., & Rahmawati, Y. (2018). Pengembangan soft skills peserta didik melalui integrasi pendekatan science, technology, engineering, arts, and mathematics (STEAM) dalam pembelajaran asam basa. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(2), 42–51. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jrpk.082.05

Arsy, I., & Syamsulrizal, S. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM (science, technology, engineering, arts, and mathematics) terhadap kreativitas peserta didik. Biolearning Journal, 8(1), 24–26. https://doi.org/https://doi.org/10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.1019

Conradty, C., & Bogner, F. X. (2019). From STEM to STEAM: Cracking the code? how creativity & motivation interacts with inquiry-based learning. Creativity Research Journal, 31(3), 284–295. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/10400419.2019.1641678

Fadilah, L. N., & Sulistyowati, H. (2022). Keefektifan dan respon peserta didik terhadap bahan ajar e-modul berbasis aplikasi flip pdf corporate. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4014–4024. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3491

Fikri Nurhidayat, M., & Asikin, M. (2021). Modul matematika inovatif berbasis STEAM untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 5(2), 151–165. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v5i2.3335

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran steam berbasis PJBL (Project-Based Learning ) terhadap keterampilan. Journal of Chemistry And Education (JCAE), 10(1), 209–226. https://doi.org/10.24252/ip.v10i1.17642

Herpindo, Wijayanti, A, Shalima, I., & Ngestrini, R. (2022). Kategori, fungsi, dan peran sintaksis bahasa Indonesia dengan PoS Tagging berbasis rule dan probability. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(1), 51-65. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i1.18602

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad-21 dalam perkembangan era society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/ 10.31004/edukatif.v4i2.2589

Ismayani, R. M., Latifah, L., & Ahmadi, Y. (2019). Peningkatan mutu pembelajaran sintaksis melalui lesson study for learning community (LSLC). Indonesian Language Education and Literature, 4(2), 158-170. https://doi.org/https://doi.org/10.24235/ileal.v4i2.2450

Jayanti, R., & Rosita, Y. D. (2019). Jayanti, R., & Rosita, Y. D. (2019). Pengembangan Kompetensi Kebahasaan dalam Menulis Teks Cerpen Sejarah di MAN 7 Jombang. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(2), 245-253. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no2.245-253

Kardoyo, Nurkhin, A., Muhsin, & Pramusinto, H. (2020). Problem-based learning strategy: Its impact on students’ critical and creative thinking skills. European Journal of Educational Research, 9(3), 1141–1150. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.3.1141

Kusmiarti, R., Sapri, J., & Ariesta, R. (2021). The need for the development of Indonesian language syntax teaching materials based on STEAM approach. Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2020), 532(532), 385–390. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.210227.065

Kusmiarti, R., Sapri, J., Ariesta, R., Eka, D., & Wardana, C. (2020). Eligibility Test for science, technology, engineering, arts, mathematics (STEAM). 2020, 1, 221–229. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-19-0

Mason, K. (2020). Picking Up STEAM: The role of languages and linguistics. Steam, 4(2), 1–11. https://doi.org/10.5642/steam.20200402.02

Munawar, M. dkk. (2019). Implementasi of STEAM (science technology engineering art mathematics) based early childhood education learning in Sematarang city. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 276–285. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p276-285

Nazara, A. W., Halang, B., & Rezeki, A. (2022). Respon siswa terhadap modul elektronik subkonsep sistem peredaran darah manusia berbasis problem based learning. JISIP (Jurnal Ilmu), 6(2), 3804–3811. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v6i2.2978

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM dalam pembelajaran matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 41-50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1508

Piila, E., Salmi, H., & Thuneberg, H. (2021). Steam-learning to mars: Students’ ideas of space research. Education Sciences, 11(3), 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/educsci11030122

Plotnikova, N. F., & Strukov, E. N. (2019). Integration of teamwork and critical thinking skills in the process of teaching students. Cypriot Journal of Educational Sciences, 14(1), 1–10. https://doi.org/10.18844/cjes.v14i1.4031

Putri, A. N., & Muhartati, E. (2018). Respon mahasiswa terhadap penggunaan modul berbasis guided inquiry pada matakuliah teknik dan manajemen laboratorium biologi. Pedagogi Hayati, 2(1), 38–41. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/ph.v2i1.270

Quigley, C. F., & Herro, D. (2016). “Finding the joy in the unknown”: Implementation of STEAM teaching practices in middle school science and math classrooms. Journal of Science Education and Technology, 25, 410–426.

Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi pendidikan menyongsong masa depan Indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.55115/edukasi.v2i1.1395

Rahmatina, C. A., Jannah, M., & Annisa, F. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis stem (science, technology, engineering, and mathematics) di SMA/MA. Jurnal Phi; Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 1(1), 20-32. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v1i1.6531

Runisah, R. R. (2021). Pembelajaran matematika untuk menghadapi era society 5.0. Euclid, 8(2), 159-173. https://doi.org/10.33603/e.v8i2.4498

Sa’diyah Ilmatus. (2022). Kesalahan berbahasa Indonesia tulis pada aspek ejaan, morfologi, dan sintaksis oleh peserta pelatihan menulis Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(2), 255-271. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.22282

Sajidan, Suranto, Atmojo, I. R. W., Saputri, D. Y., & Etviana, R. (2022). Problem-Based Learning-Collaboration (PBL-C) model in elementary school science learning in the industrial revolution era 4.0 and indonesia society 5.0. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(3), 477–488. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i3.30631

Susetyo, Reni Kusmiarti, M. (2021). Sintaksis bahasa Indonesia. Banyumas: Amerta Media.

Sutopo, & Setiadi, B. R. (2020). Metal casting engineering courses assisted by digital smart modules: An assessment of experts and users. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 9(5), 56–66. https://doi.org/https://doi.org/10.36941/ajis-2020-0085

Tarmini, Wini & Sulistyawati, R. (2019). Sintaksis bahasa Indonesia. Jakarta: UHAMKA Press.

Teknowijoyo, F. (2021). Relevansi industri 4.0 dan society 5.0 terhadap pendidikan di Indonesia. Educatio, 16(2), 173–184. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/edc.v16i2.4492

Ulimaz, A. (2021). Respon mahasiswa terhadap modul praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran daring mata kuliah teknologi pengolahan limbah. Jurnal Humaniora Teknologi, 7(1), 21–26. https://doi.org/https://doi.org/10.34128/jht.v7i1.98

Umro, J. (2020). Tantangan guru pendidikan agama islam dalam menghadapi era society 5.0. Jurnal Al-Makrifat, 5(1), 79–95. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/3675

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Kusmiarti, R., Paulina, Y., Rustinar, E., Zakaria, J., Puspidalia, Y. S., & Hasbullah, A. (2023). Respon mahasiswa dan dosen terhadap modul sintaksis bahasa Indonesia berbasis STEAM. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(1), 176–188. https://doi.org/10.22219/kembara.v9i1.24172

Issue

Section

Articles