CERITA BERGAMBAR UNTUK ANAK USIA 0-3 TAHUN DALAM TINJAUAN LINGUISTIK FUNGSIONAL HALLIDAY

Authors

  • Ari Ambarwati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v2i2.3997

Keywords:

cerita bergambar, batita, linguistik fungsional Halliday

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan cerita bergambar untuk anak usia 0-3 tahun dalam tinjauan linguistik fungsional Halliday. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, sedangkan jenis penelitian adalah analisis teks. Sumber data penelitian ini adalah buku cerita bergambar berjudul Buenas Noches Gorilla. Data penelitian ini berupa unit teks, unit teks berupa kalimat Buenas Noches, Gorilla. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis linguistik fungsional Halligay. Hasil penelitian adalah panduan teoretik penulisan cerita bergambar untuk anak batita Indonesia. Panduan teoretik penulisan cerita bergambar untuk anak batita berupa tujuh langkah yaitu tahap penentuan tema cerita, tahap penentuan judul cerita, tahap penentuan teks atau nonteks cerita, penentuan ilustrasi, tahap konfirmasi teks-nonteks cerita dengan ilustrasi cerita, tahap konfirmasi akuisisi bahasa anak Indonesia dengan teks-nonteks dan ilustrasi cerita, dan tahap konfirmasi linguistik fungsional terhadap teks-nonteks dan ilustrasi cerita.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-02-22

How to Cite

Ambarwati, A. (2017). CERITA BERGAMBAR UNTUK ANAK USIA 0-3 TAHUN DALAM TINJAUAN LINGUISTIK FUNGSIONAL HALLIDAY. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 126–135. https://doi.org/10.22219/kembara.v2i2.3997

Issue

Section

Editorial Informations