EKSPERIMENTASI STRATEGI BELAJAR PQ4R DENGAN MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK PADA SISWA KELAS VII SMP

Authors

  • Cahyo Hasanudin Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v2i2.3998

Keywords:

strategi PQ4R dengan media komik, strategi ekspositori, keterampilan membaca pemahaman cerita anak.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang menghasilkan keterampilan membaca pemahaman cerita anak lebih baik diantara siswa yang diajar menggunakan strategi PQ4R dengan media komik atau strategi ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (Quasi Eksperimental Design) dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP MBS AL-Amin Bojonegoro yang berjumlah 38 siswa dan sampel diperoleh dengan menggunakan teknik SimpleRandom Sampling. Hasil sampling diperoleh bahwa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Data diuji hipotesisnya dengan menggunakan uji t. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajar menggunakan strategi PQ4R dengan media komik mempunyai keterampilan m

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-02-22

How to Cite

Hasanudin, C. (2017). EKSPERIMENTASI STRATEGI BELAJAR PQ4R DENGAN MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK PADA SISWA KELAS VII SMP. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 136–142. https://doi.org/10.22219/kembara.v2i2.3998

Issue

Section

Editorial Informations