PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA INDAH PUISI UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Authors

  • Marista Dwi Rahmayantis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri maristadwirahmayantis@gmail.com

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v2i1.4043

Keywords:

bahan ajar, siswa SMP, membaca indah puisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar membaca indah puisi untuk siswa kelas VII SMP. Pengembangan bahan ajar membaca indah tersebut memerhatikan isi, tampilan, dan bahasa. Pelaksanaan penelitian pengembangan ini mengadaptasi rancangan penelitian pengembangan yang merupakan dasar untuk mengembangkan produk yang dihasilkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi model R2D2 (Recursive, Reflective, Design, and Development). Prosedur pengembangannya meliputi penetapan, pengembangan, dan pemantapan produk. Hasil validasi bahan ajar diperoleh rata-rata total nilai 82.5%. Kesimpulan utama penelitian pengembangan ini yaitu pengembangan bahan ajar ini dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar membaca indah puisi dan untuk pembelajaran membaca indah puisi yang lebih bermakna dan menarik bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-03-07

How to Cite

Rahmayantis, M. D. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA INDAH PUISI UNTUK SISWA SMP KELAS VII. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 47–56. https://doi.org/10.22219/kembara.v2i1.4043

Issue

Section

Editorial Informations