KETERAMPILAN MENULIS IKHTISAR BUKU DALAM KAITANNYA DENGAN PENGUASAAN PIRANTI KOHESI KOHERENSI
DOI:
https://doi.org/10.22219/kembara.v3i1.4373Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara penguasaan piranti kohesi koherensi dan keterampilan menulis ikhtisar buku. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan studi korelasional. Populasi penelitian ini meliputi 8 SMA di Surakarta. Sampel terdiri atas 170 siswa di Kota Surakarta yang diambil dari tiga sekolah, yaitu: SMAN 1, SMAN 5, dan SMAN 7 Surakarta. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji persyaratan dan uji instrumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: (1) pengumpulan data keterampilan menulis ikhtisar buku menggunakan teknik tes dengan praktik menulis ikhtisar buku; dan (2) pengumpulan data penguasaan piranti kohesi koherensi menggunakan teknik tes objektif. Variabel tes menulis ikhtisar buku divalidasi dengan validitas isi dan konstruk, sedangkan reliabilitasnya menggunakan reliabilitas rating atau interater reliability; validitas tes penguasaan piranti kohesi menggunakan rumus koefisien korelasi point biserial dan reliabilitas menggunakan rumus KR-20. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: deskripsi data, uji persyaratan analisis, uji hipotesis, dan prosedur analisis pembuktian hipotesis. Hasil penelitian disimpulkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara penguasaan piranti kohesi koherensi dan keterampilan menulis ikhtisar buku dengan hasil uji signifikansi sebesar 4,17, hasil korelasi sebesar 0,31, dan hasil kontribusi sebesar 9,38%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin baik penguasaan piranti kohesi koherensi siswa maka semakin baik pula keterampilan menulis ikhtisar buku.Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with The KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) agree to the following terms:
Articles are published under the Creative Commons Attribution 3.0 Unported License (CC-BY 3.0).
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya are required to cite the original source, including the author's names, KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) as the initial source of publication, year of publication, volume number and DOI (if available).
Authors may publish the manuscript in any other journal or medium but any such subsequent publication must include a notice that the manuscript was initially published by KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal).
Authors grant KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) the right of first publication. Although authors remain the copyright owner, they grant the journal the irrevocable, nonexclusive rights to publish, reproduce, publicly distribute and display, and transmit their article or portions thereof in any manner.