EXPERIENTIAL LEARNING DALAM KEMAMPUAN APRESIASI PUISI MAHASISWA TADRIS BAHASA INDONESIA FITK IAIN SURAKARTA

Authors

  • Elen Inderasari Tadris Bahasa Indonesia IAIN Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v3i1.4374

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan apresiasi puisi serta kualitas proses dan hasil belajar dalam kegiatan apresiasi puisi mahasiswa semester 2 Tadris Bahasa Indonesia (TBI) FITK IAIN Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Jenis instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan non tes. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik 3 E (Experiencing, Enquiring, dan Examining). Analisis data dalam penelitian ini dilaksanakan secara deskriptif kualitatif yang terdiri dari (1) mengumpulkan data verbal dan nonverbal dari hasil kegiatan pembelajaran; (2) mencatat, menghimpun, dan menyeleksi data yang telah dikumpulkan; (3) mentranskrip data-data yang telah dikumpulkan; (4) menerjemahkan data temuan baik dari instrumen tes dan non tes; (5) melakukan deskripsi analisis data; dan (6) menyimpulkan hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eksperimental learning lebih mendasarkan dalam mengaktifkan pengalaman yang dimiliki mahasiswa sebagai dasar mengapresiasi puisi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-04-29

How to Cite

Inderasari, E. (2018). EXPERIENTIAL LEARNING DALAM KEMAMPUAN APRESIASI PUISI MAHASISWA TADRIS BAHASA INDONESIA FITK IAIN SURAKARTA. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 23–32. https://doi.org/10.22219/kembara.v3i1.4374

Issue

Section

Articles