BENTUK TUTURAN DIREKTIF PADA GURU DALAM SITUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X MAN MALANG 1

Authors

  • Ratih Indah Sari Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v3i1.4380

Abstract

 

Penelitian ini mendeskripsikan bentuk tuturan direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X MAN Malang 1. Jenis penelitian ini adalah kualitatif (qualitative research). Dalam penelitian ini bentuk datanya berupa kata, frasa, klausa dan kalimat. Sumber data pada penelitian ini adalah ujaran tindak tutur direktif yang diujarkan oleh guru dalam interaksi kelas sebagai bahan kajian untuk mengetahui penggunaan tindak tutur direktif guru dalam situasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa rekam dan catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk tindak tutur direktif yang digunakan oleh guru meliputi (1) tindak tutur direktif requestives (meminta, mengemis, memohon, menekan, mengundang, mendoa, mengajak, mendorong), (2) tindak tutur direktif questions (bertanya, berinkuiri, menginterogasi), (3) tindak tutur direktif  requirments (memerintah, menghendaki, mengomando, menuntut, mendikte, mengarahkan, menginstruksikan, mengantar, menyaratkan), (4) tindak tutur direktif prohibitives (melarang, membatasi), (5) tindak tutur direktif permissives (menyetujui, membolehkan, memberi wewenang, menganugerahi, mengabulkan, membiarkan, mengijinkan, melepaskan, memaafkan, memperkenankan), dan (6) tindak tutur direktif advisories (menasehatkan, memperingatkan, mengkonseling, mengusulkan, menyarankan, mendorong).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-04-29

How to Cite

Sari, R. I. (2018). BENTUK TUTURAN DIREKTIF PADA GURU DALAM SITUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X MAN MALANG 1. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 79–97. https://doi.org/10.22219/kembara.v3i1.4380

Issue

Section

Articles