PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KETERAMPILAN BERBICARA INTERAKTIF BAGI MAHASISWA

Authors

  • Ribut Wahyu Eriyanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v3i1.4381

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar keterampilan berbicara interaktif bagi mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMM. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Recursive, Reflective Design and Development (R2D2) menurut Willis yang dipadukan dengan model Research and Development (R and D) menurut Brog and Gall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi bahan ajar keterampilan berbicara yang dibutuhkan dikategorikan ke dalam dua jenis, yakni materi yang bersifat konsep teoritis sebagai bekal pemahaman konsep dasar keterampilan berbicara dan materi yang bersifat keterampilan yang dikategorikan berdasarkan pada konteks situasi komunikasi mulai dari bahan pembelajaran keterampilan berbicara pada situasi informal, interpretatif, formal, dan dramatik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-04-29

How to Cite

Eriyanti, R. W. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KETERAMPILAN BERBICARA INTERAKTIF BAGI MAHASISWA. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 98–106. https://doi.org/10.22219/kembara.v3i1.4381

Issue

Section

Articles